fikathiana December 16, 2016 @ 9:00PM

Kabar gembira kali ini datang dari jejaring sosial terkemuka Twitter. Bagi anda pemilik account twitter, kini dapat menikmati fitur layanan terbaru twitter. Kini dengan Twitter, bukan saja hanya dapat mengirim foto, tetapi kini bisa juga mengirim video. Hal ini merupakan kelanjutan pengembangan jejaring sosial Twitter. Dan kini Twitter sediakan layanan bagi dan kirim video untuk membuat para penggunanya semakin puas dan betah menggunakan Twitter.

Twitter semakin populer. Sebagian besar penggunanya kini sudah mahir dan menguasai layanan Twitter. Mulai dari tweet, retweet, melampirkan foto, sampai membuat hashtag (#).

Jika Anda pengguna aktif Twitter, ada kabar baik. Kini, situs mikroblog itu tidak sekadar melayani pengiriman foto, tetapi juga video. Twitpic baru saja meluncurkannya kemarin. Layanan itu memungkinkan pengguna Twitter untuk berbagi klip melalui tweet-nya. Durasi video yang diunggah dibatasi sampai 1,5 menit.

Kehadiran layanan video di ranah jejaring sosial begitu penting. Seperti diketahui, keberadaan Twitter saat ini dinilai sangat penting sebagai alat jurnalisme warga. Fitur untuk mengunggah dan membagi file-file multimedia di dalam Twitter terasa perlu.

Layanan serupa Twitpic, selain untuk tujuan mendapatkan kesenangan, kehadirannya cukup berjasa ketika menyebarkan berita gambar sebuah peristiwa penting oleh saksi mata. Harus diakui, layanan ini sukses mengubah gaya jurnalisme warga dan dunia.



Sebut saja sejumlah peristiwa seperti evakuasi Times Square, gempa bumi di Haiti, hingga huru-hara di Mesir yang masih terjadi saat ini. Kabarnya, tidak lagi muncul dengan pesan teks biasa, tetapi lengkap dengan gambar dan menyebar dalam waktu singkat melalui Twitpic.

Akhir-akhir ini, pengguna Twitter seringkali melampirkan tautan (link) video YouTube. Untuk itu, pengguna perlu mengunggah video ke YouTube terlebih dulu, baru kemudian memposting tautannya di Twitter. Jika video itu mempunyai nilai penting bagi masyarakat luas dan perlu disebarkan segera, tentu saja merepotkan.

Kebutuhan ini yang lantas menjadi dasar inisiatif Twitpic untuk meluncurkan fitur video-sharing. “Sekarang, pengguna dapat mengunggah video langsung dari situs Twitpic, e-mail, dan lainnya yang mungkin bisa dilakukan di atas platform yang sama,” kata Noah Everett, pendiri Twitpic.

“Kami coba untuk menjadi layanan multimedia satu pintu guna membagi berbagai file multimedia di Twitter secara real-time,” tuturnya seperti dikutip VIVAnews.com dari Mashable, Rabu 9 Februari 2011.

Twitpic saat ini memiliki 17 juta pengguna dengan 30.000 registrasi baru setiap harinya.

Dengan adanya fitur layanan baru video dari twitter, tentu akan semakin menarik. Anda bisa mulai kirim video lewat twitter kepada seluruh teman, keluarga atau relasi anda. Maka dari itulah, kini Twitter pun telah sediakan layanan bagi dan kirim video dengan mudah. Untuk menjaring anggota Twitter terus melakukan peningkatan mutu layanan jaringan sosial mereka. Tentu saja akan banyak inovasi baru lainnya yang akan hadir di kemudian hari. Kita tunggu saja, fasilitas apalagi yang dikembangkan Twitter berikutnya.