Tips untuk Mengecilkan Perut Buncit

Banyak orang yang bermasalah dengan perut buncit dan kemudian mencari cara mengecilkan perut buncit. Tak hanya wanita, pria pun terkadang merasa terganggu dengan perut buncitnya. Faktor makanan dan gaya hidup juga mempengaruhi terjadinya penimbunan lemak berlebih di bagian perut dan pinggang. Lalu bagaimana caranya mengatasi perut buncit dan membuat perut anda rata? Berikut ada sedikit tips untuk mengecilkan perut anda yang sudah terlanjur memiliki lemak berlebih.

Sekarang mari kita lihat pendapat ahli tentang perut buncit:

“Penyebab utama perut buncit bukan besar kecilnya porsi makanan. Yang harus diperhatikan adalah jenis makanan yang diasup. Mengonsumsi bahan makanan tertentu yang sulit dicerna oleh lambung dan usus bisa membuat perut jadi penuh gas hingga membengkak,” kata Christine Gerbstadt, M.D, R.D., ahli diet dari Sarasota, Florida, yang juga juru bicara the American Dietetic Association. “Bahan-bahan tertentu yang sulit dicerna tersebut saat melewati usus besar akan bersentuhan dengan bakteri usus yang kemudian menyebabkannya memproduksi gas dan bisa membuat perut jadi terasa tak nyaman.” Sebuah penelitian dari University of Utah di Salt Lake City menyimpulkan bahwa kira-kira 20 persen orang dewasa mengalami sensasi perut kembung ini. “Dan angka itu bisa saja menjadi makin besar. Pengalaman saya, pasien perempuan mengeluhkan pernah mengalami perut kembung paling tidak sekali dalam jangka waktu tertentu,” tutur dr. Gerbstadt. “Berita baiknya, dengan pola makan sederhana dan sedikit perubahan gaya hidup, perut buncit bisa dihindari.

TIPS MENGECILKAN PERUT BUNCIT YANG AMPUH

1. Merubah gaya hidup.

  • Jangan sering bermalas-malasan.

Kegiatan yang paling praktis untuk membakar lemak di bagian tubuh adalah dengan berjalan. Kok bisa? Dr. Gerbstadt mengatakan, “Aktivitas fisik menolong organ perut mengeluarkan gas dari pencernaan dengan lebih cepat.” Jangan pernah menjauh dari kegiatan olah raga. Akan lebih baik untuk anda yang punya hobby bersepeda. Kegiatan bersepeda ernyata bisa membuat perut terasa nyaman dan mempermudah proses pembuangan.

  •  Menghindari kebiasaan mengemil tengah malam.

Mengkonsumsi makanan sebelum beristirahat tidur, akan memberikan kesempatan untuk perut anda membuncit. Ini sering terjadi bagi mereka yang susah tidur, atau sering begadang. Kenapa begitu? Hal itu disebabkan karena kalori yang belum sempat terbakar saat anda makan sebelum tidur. Maka dari itu, para ahli kesehatan menyarankan, agar kita mengkonsumsi makanan minimal 2 jam sebelum tidur.

  • Hindari minuman alkohol berlebih.

Alkohol adalah minuman yang sama sekali tidak bernutrisi meskipun alkohol mengandung banyak kalori. Jika memang anda suka dengan minuman alkoho, anda bisa memilih anggur merah, penelitian menunjukkan jika anggur merah justru dapat membantu melawan lemak di perut Anda.

  • Ganti alat kontrasepsi.

Bermacam-macam alat kontrasepsi dengan macam-macam metode bisa dipilih. Namun kadang-kadang alat kontrasepsi bisa menyebabkan besarnya perut anda. reaksi tubuh kembali lagi pada tiap-tiap individu, karena pengguna metode kontrasepsi mengalami hal berbeda. Sebagian perempuan tak masalah mengonsumsi pil, sementara yang lain tiba-tiba merasa kembung saat mulai minum pil KB. Coba konsultasikan alat kontrasepsi yang paling cocok untuk anda dengan dokter.

2. Merubah pemikiran yang salah

  • Memusuhi makanan berlemak.

Tahukah anda bahwa namun makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal membantu Anda membakar lemak perut dan menuntun Anda untuk makan lebih sedikit. Apa sajakah itu? Ahli gizi merekomendasikan alpukat, ikan, minyak zaitun ataupun minyak canola sebagai sumber lemak baik. “Makanan yang mengandung ‘lemak baik’, seperti avokad, minyak zaitun dan beberapa jenis kacang tak memicu produksi gas,” kata Dr. Gerbstadt. “Jadi, selalu konsumsi lemak baik ini dengan produk hewani tinggi protein semacam ikan atau ayam yang akan membantu pencernaan.’ Bukan harus menghindari dan menghentikan makanan berlemak, tapi atur porsinya.

  • Berpikir Semua Roti Itu Tidak Baik

Kata siapa semua roti itu bikin perut buncit? Meski banyak yang mengatakan kebanyakan konsumsi roti putih bisa bikin perut buncit, tetapi anda punya pilihan lain seperti roti gandum dan dan sereal untuk dikonsumsi. Roti gandum dan sereal dapat memungkinkan tingkat insulin naik secara bertahap, sehingga mengurangi kemungkinan bertambahnya lemak pada perut Anda. Beras merah, oatmeal atau tortilla gandum untuk mengganti beras putih atau mie akan bisa mengurangi kemungkinan perut anda membesar dan buncit.

  • Hanya Makan Sayur dan Menghindari Makan Daging untuk diet.

Empat sehat lima sempurna memang menjadikan susu sebagai kesempurnaan gizi. Banyak orang, terutama kaum perempuan menganggap bahwa daging, ikan dan kelompok susu itu hanya berisi kalori dan lemak.Tapi ingat, makanan ini adalah makanan super sumber protein yang membantu meningkatkan metabolisme Anda, sehingga Anda dapat mengusir lemak di perut Anda. Pilih yang rendah kalori dan rendah lemak, seperti keju atau tuna (6 ons dari salah satunya dapat memenuhi tiga perempat kebutuhan protein harian Anda).

  • Stress buat seseorang jadi makan banyak.

Ada kebiasaan beberapa orang yang jika sedang stress, maka ia akan menjadi lebih lahap makan, atau menjadikan makan sebagai pelampiasan stress mereka. Jika anda ingin perut anda tidak buncit, maka jangan lakukan ini. Coba cari cara untuk mengatasi stress yang lain, yang bisa membantu anda mengurangi kemungkinan anda memiliki perut buncit.

3. Membuat pola makan yang baik.

  • Konsumsi Produk Diet.

Anda biasanya lebih memilih yogurt bebas gula, diet soda, atau produk makanan atau minuman lain yang mengatakan bahwa produk-produk tersebut rendah kalori atau rendah lemak. Tapi perlu diketahui, bahwa justru produk-produk itu sering menggunakan pemanis buatan yang berlebihan. Padahal itulah yang bisa menjadi pemicu perut buncit anda.

  • Melewatkan Waktu Makan.

Melewatkan waktu makan akan membuat perut anda lapar bukan pada jam makan. Dan begitu anda merasa lapar, anda bisa saja makan berlebihan. Tahukah anda bahwa Makan dengan porsi dibagi setiap tiga sampai empat jam sekali akan membuat tetap kenyang tanpa menambah lemak tambahan pada perut.

  • Makan Terburu-buru.

Cara makan yang terburu-buru berarti memangkas atau memotong waktu untuk kesempatan tubuh anda mencerna makanan. Cara mengunyah yang terlalu cepat juga tidak baik. Cobalah untuk makan secara tenang, agar tanda kenyang bisa dirasakan. Makan terburu-buru terkadang membuat perut anda sulit menandakan kenyang.

  • Jangan lupa serat.

Banyak produk yang kaya akan serat, terkadang menambahkan kandungan serat dari olahan akar chicory, atau inulis, yang justru malah mempersulit pencernaan di usus. Jadi sebaiknya anda mendapatkan serat dari makanan alami seperti langsung dari sayuran dan buah. Konsumsi roti gandum atau pasta gandum lebih sehat dibanding produk tinggi serat hasil olahan pabrik. Mulai sekarang, selalu baca teliti label makanan di kemasan sereal favorit Anda, jika mengandung serat chicory, kemungkinan besar produk itu mengandung inulin.

  • Menggunakan probiotik.

Fungsi utama probiotik dalam perut adalah bahwa probiotik bisa menjaga keseimbangan bakteri usus. Perut yang sering kembung bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri di dalam usus. Menurut penelitian di Nortwestern University, bifidobacterium infantis adalah jenis probiotik yang sudah terbukti bisa meredakan kembung. Dr. Chokhavatia menyarankan mengonsumsi probiotik selama dua minggu sebelum membuktikan keampuhannya.

  • Teliti memilih suplemen.

Teliti kandungan suplemen yang anda konsumsi. Suplemen yang yang mengandung calsium carbonate kemungkinan besar memicu produksi gas karena lebih sulit dicerna usus dibandingkan suplemen yang mengandung calcium citrate. Ternyata, mengonsumsi suplemen dengan minuman yang mengandung asam seperti jus jeruk atau jus anggur bisa membantu penyerapan kalsium lebih baik.

  • Kurangi manis

Pemanis buatan bisa jadi pemicu perut buncit. Lain halnya jika manis itu didapatkan dari buah-buahan atau sayuran. Dan jangan salah, ternyata jus buah dalam kemasan kadang-kadang bisa menjadi pemicu perut buncit, itu disebabkan karena konsentratnya lebih pekat.

  • Pilih-pilih fast food.

Bijaklah dalam memilih jenis sayuran atau makanan yang bisa meningkatkan produksi gas dalam perut anda dan membuat perut anda lebih cepat buncit. Tapi bukan berarti harus dihindari sepenuhnya, hanya konsumsi makanan fast food sesuai dengan takaran dan porsi yang wajar.

  • Hindari garam yang berlebihan.

Jika anda terbiasa atau senang dengan saus salad yang ada di restoran-restoran, menurut Keller itu adalah sumber terbesar garam. Garam membuat tubuh anda menyimpan air. Jadi hindari penggunaan garam dan konsumsi garam yang berlebih. Menghindari garam ini juga berguna untuk anda yang menderita darah tinggi.

4. Jangan memaksakan diri.

Memaksakan diri dengan olah raga dan diet yang berlebihan juga tidak baik. Tanpa disadari, hal itu justru menyebabkan terjadinya perut buncit. Jadi lakukanlah latihan aeorbik atau olah raga lainnya secara intensif dan teratur. Kegiatan-kegiatan seperti hiking, bersepeda akan memerlukan energi ekstra, itulah yang bisa membantu anda untuk membakar lemak di tubuh anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: