Tips tentang Bagaimana Cara Masak Kepiting

Untuk anda yang suka makan kepiting, dan ingin mengolahnya sendiri di rumah, maka infodari.com akan memberikan anda bagaimana  cara masak kepiting. Disini kita tidak akan membicarakan tentang resep masak kepiting, tapi kita akan membahas bagaimana cara mengolah kepitingnya terlebih dahulu. Anda akan diberikan langkah-langkah bagaimana cara membersihkan kepiting, agar kepiting yang dimakan benar-benar sehat.

Infodari mengambil sumber dari tribunnews.com, akan mengupas tentang teknik bagaimana cara masak kepiting agar tetap sehat untuk anda santap.

Tips cara masak kepiting :

  • Pilih yang Segar

Pilih yang masih hidup karena lebih enak. Jika matanya bergerak keluar-masuk tandanya kepiting masih hidup.

  • Ambil yang kaki-kakinya masih lengkap dan capit yang belum putus. Dalam keadaan terikat, angkat badannya. Jika ringan, berarti dagingnya kurang padat, karenanya pilih yang berat.
  • Jangan pilih yang muda dan tidak banyak berdaging, karena akan sulit mengeluarkan dagingnya.
  • Balik Lalu Bersihkan. Balikkan kepiting lalu tusuk bagian tengah sampai ujung pantat menggunakan pisau yang tajam dan runcing. Pastikan kepiting sudah mati dan ikatan dapat dilepas.
  • Cuci kepiting di bawah air mengalir, dan sikat dengan sikat gigi untuk membuang kotoran. Jangan lupa, sikat bagian sela-sela jarinya karena biasanya terkena banyak lumpur.
  • Buang bagian ujung pantat kepiting yang berbentuk segitiga. Dan, pisahkan tempurung kepiting dengan badannya. Potong kepiting menjadi 2 bagian. Cuci kembali, sambil membuang isi perutnya yang tampak kehijauan.
  • Remukkan sedikit bagian capit agar bumbu dapat meresap ke dalam daging dan mudah disantap.

Saatnya Memasak!

Nah, tiba saatnya memasak. Jika ingin memasaknya jadi sup: rebus kepiting dalam air mendidih selama 15 menit dan warnanya berubah menjadi merah. Angkat, tiriskan, dan dinginkan, kuliti dan kumpulkan dagingnya.

Kalau hanya ingin merebus, beri sedikit arang pada air rebusan untuk menghilangkan racun yang mungkin termakan oleh kepiting.

Ingin makan kepiting goreng? Gunakan minyak goreng yang banyak dengan panas sedang, dan bagi kepiting menjadi 3 bagian (tempurung, badan dibagi 2).

Waktu terlama mengolah kepiting adalah 15-20 menit. Jangan terlalu lama mengolahnya, karena semakin lama dimasak, dagingnya semakin keras.

Nah, jika anda sudah mengetahui cara memasak kepiting ini, maka anda akan lebih mudah untuk mengolah kepiting ke dalam berbagai bentuk masakan yang anda inginkan. Kalau saya terus terang, masih takut mengolah kepiting, hehehe… takut dengan capitnya.

Berbagai ide resep masak kepiting juga bisa anda terapkan. Saya akan memberikan sedikit ide tentang masakan kepiting yang bisa anda ambil:

1. Kepiting goreng tepung / Kepiting goreng tepung saus madu
2. Kepiting asam manis / asam pedas
3. Kepiting saus tiram
4. Kepiting saus padang
5. Sup Kepiting
6. Kepiting asap
7. Kepiting Kuah Jamur
8. Omelet Kepiting Sayur
9. Kepiting saus mayonaise
11. Kepiting Balut Kulit Tahu
12. Kue Lumpia Kepiting Asparagus
13. Farfalle Kare Kepiting
14. Kepiting Goreng Bumbu Pedas
15. Kepiting Bakar Bumbu Kari
16. Sayur Kepiting Goreng Saus Mangga
17. Kepiting Kukus Isi Sayuran
18. Kepiting Masak Lada Hitam
19. Kepiting Dadar Saus Wijen
20. Spaghetti Siram Kepiting

Dan masih banyak lagi aneka ide masak kepiting. Anda boleh menambahkan dengan mengisi kolom komentar dibawah. Anda bisa memasak kepiting dengan berbagai variasi dan kombinasi, sesuai dengan keinginan anda. Namun yang terpenting, anda harus tau terlebih dahulu, bagaimana cara memasak kepiting sehat dengan cara mengolahnya. Setelah itu, anda bisa mulai memasak kepiting, dan mempraktekkan berbagai resep masakan kepiting. Selamat memasak!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: