Tips Praktis Cara Membersihkan Noda di Pakaian

Tak perlu khawatir jika pakaian kesayangan anda terkena noda tanpa sengaja. Bagaimana cara membersihkan noda di pakaian agar  bisa benar-benar hilang?

Pakaian berwarna putih itu sebenarnya membuat kita terlihat bersih. Namun saat memakai pakaian warna putih, kita harus ekstra hati-hati. Jika tanpa sengaja pakaian putih kita terkena kotoran atau noda, maka usaha menghilangkan noda tersebut juga akan semakin sulit, tergantung noda tersebut disebabkan dari apa. Tapi tak perlu terlalu khawatir, sebelum anda membuang atau menyisihkan pakaian yang terkena noda membandel, cobalah tips membersihkan noda di pakaian atau bahan kain lainnya yang akan dikupas berikut ini.

Cara Praktis Membersihkan Noda di Pakaian Tidak Membandel

cara membersihkan noda di pakaian
Image courtesy by Keerati | freedigitalphotos.net

Membersihkan Noda Bekas Keringat

Bagian tubuh daerah ketiak, leher, punggung merupakan sumber keringat yang seringkali menyebabkan pakaian kita terkena noda, bahkan menyebabkan pakaian berubah warna di bagian-bagian tersebut.

Jika anda punya persedian bumbu pengempuk daging di dapur, maka ambilah bebera tetes ke dalam piring kecil. Di daerah sekitar ketiak, leher atau kerah, basahi dengan sedikit air agar menjadi sedikit lembab. Percikkan bumbu pengempuk daging tersebut di bagian yang sudah dibasahi tadi. Setelah itu, cuci dan bilas seperti biasa.

Atau jika anda menyimpan aspirin, cobalah gunakan untuk membersihkan noda. Campuran 2 butir aspirin ke dalam setengah cangkir air hangat hingga larut. Rendam bagian-bagian yang terkena noda keringan tersebut ke dalam larutan aspirin tersebut selama kurang lebih 2 sampai 3 jam.

Jika anda memiliki persediaan cuka atau campuran lemon dan air, dengan komposisi setara, bahan ini juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda keringan di baju anda.

Jangan lupa, bahwa noda seperti ini akan menempel lebih bandel jika anda mencucinya dengan air hangat, atau bahkan bisa menjadi permanen. Maka dari itu, selalu biasakan membilas atau mencuci pakaian dengan air biasa, baik mencuci dengan cara manual atau mencuci menggunakan mesin cuci.

Membersihkan noda maskara

Maskara yang tanpa sengaja mengenai pakaian itu bisa dibersihkan kok, tak usah khawatir akan hal ini. Ambil satu sendok makan sabun pencuci piring, tuangkan ke dalam piring kecil. Campurkan hingga merata dua sendok makan bahan hidrogen peroksida (bisa dibeli di apotek) kedalamnya. Oles dan gosokkan perlahan bahan campuran tersebut pada bagian pakaian yang terkena noda maskara. Kemudian diamkan selama satu jam. Setelah itu bilas seperti biasa.

Membersihkan Noda Lipstik

Eits nanti dulu, untuk para pria mungkin tips membersihkan noda lipstik ini paling banyak dicari. Tapi jangan gunakan tips ini untuk menyembunyikan sesuatu lho ya. Hehe…

Cara membersihkan noda lipstik ini cukup mudah. Siapkan sedikit cairan spiritus atau rubbing alcohol, percikkan dan basahi sedikit dengan cairan tersebut bagian yang terkena noda. Gosok-gosokkan perlahan hingga warna lipstik memudar. Langkah terakhir cuci dan bilas seperti biasa dengan air bersih.

Membersihkan noda tinta

Untuk bahan kain polyester atau katun, cukup gunakan cairan alkohol saja. percikan atau oles alkohol ke bagian yang terkena noda tinta, tepuk-tepuk dengan kain kering. Kemudian cuci dan bilas seperti biasa.

Membersihkan noda tar

Jika anda sering berada di lingkungan berasap, apalagi asap rokok, bukan hanya kesehatan dan dinding, pakaian anda juga rentan terkena noda membandel yang disebabkan oleh tar.

Buat campuran bahan menggunakan empat sendok makan baking soda, campurkan dengan setengah cangkir air hangat. Oleskan sedikit demi sedikit bahan campuran tadi pada bagian yang ternoda, diamkan beberapa saat, kurang lebih hingga 15 menit. Atau jika ternyata masih membandel, diamkan dan biarkan bahan campuran tersebut bekerja lebih lama selama kurang lebih 2 jam. Setelah selesai, baru bilas dan cuci dengan air biasa.

Membersihkan noda syrup

Tak perlu bingung jika pada suatu waktu ketika anda berada di sebuah jamuan atau pesta, tiba-tiba pakaian anda terkena tumpahan syrup. Cara membersihkan noda di pakaian akibat ketumpahan sirup ini cukup mudah dan cepat. Cobalah mencari garam yang berada di meja, atau mintalah ke bagian kitchen. celup bagian pakaian yang terkena noda ke dalam bubuk garam, kemudian celupkan ke air dingin, gosok nodanya. Lakukan proses ini beberapa kali hingga warna syrup memudar atau hilang. Segera cuci pakaian anda nanti agar tidak meninggalkan noda berwarna coklat yang permanen.

Membersihkan noda minyak

Jika tanpa sengaja pakaian anda terkena percikan minyak, misalnya saja saat memasak, maka segera ambil bedak. Bubuhi bagian yang terkena minyak tersebut dengan bedak segera. Diamkan sekitar 30 menit saja. Setelah itu barulah sikat dan gunakan larutan penghilang noda (stain remover) diatas noda tersebut. Terakhir, cuci dan bilas pakaian seperti biasa.

Membersihkan noda urin

Jika tanpa sengaja pakaian kesayangan anda terkena urin atau ompol bayi yang terkadang bisa meninggalkan noda, tak perlu cemas. Cobalah  membersihkan nod di baju tersebut dengan cara ini. Segera buatlah campuran air dan amoniak dengan takaran seimbang. Berikan bagian pakaian yang terkena ompol dengan cairan tersebut, kemudian bilas dan cuci dengan air bersih.

Membersihkan noda darah

Tips berikutnya adalah cara membersihkan noda di pakaian yang terkena noda darah. Pakaian yang tanpa sengaja terkena darah karena luka atau saat anda sedang haid, juga dapat dibersihkan dengan mudah, walaupun noda tersebut telah mengering. Buatlah larutan hidrogen peroksida 3% untuk menghilangkan noda darah yang sudah mengering. Oleskan larutan tersebut ke bagian pakaian yang terkena noda, gosok-gosok hingga noda memudar dan hilang. Kemudian terakhir, cuci dan bilas dengan air hingga benar-benar bersih.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: