Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Feb 2, 2012 in Kesehatan, Tips n Trick | 0 comments

Tips Merawat Gigi Yang Pasang Behel

Tips Merawat Gigi Yang Pasang Behel — Semakin banyak dijumpai orang yang pasang gigi behel atau pasang kawat gigi behel. Gigi yang menggunakan behel dengan berbagai macam model dan warna memang memberikan perubahan penampilan yang nampak jelas. Meski awalnya ini merupakan suatu perawatan pada gigi yang tidak beraturan saja, namun nampaknya menggunakan behel gigi juga menjadi tambahan gaya. Kini pasang Behel gigi atau pasang kawat gigi merupakan salah satu alat terapi gigi yang lumayan tinggi harganya. Bagaimana cara merawat gigi yang pasang behel?

Behel atau kawat gigi merupakan alat terapi gigi yang berfungsi untuk merapikan gigi. Seiring dengan perkembangan jaman, kawat gigi pun terus berevolusi, memperbaiki kekurangannya dan menyempurnakan sistemnya, sehingga terapi perbaikan struktur gigi menjadi lebih cepat dan efektif.

Ada berbagai macam jenis bahel atau kawat gigi yang ada sekarang ini. Untuk memutuskan jenis apa yang akan dipakai, tentu anda harus mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter ahli, agar pilihan anda tepat dan sesuai dengan gigi anda.

Terlepas dari jenis apapun behel gigi yang anda gunakan, berikut ini adalah tips merawat gigi untuk anda yang menggunakan behel:

1.    Sikat gigi yang dipakai khusus untuk orthodontik bentuknya kecil dan bulu sikatnya halus. Dijual di apotek, klinik, dan supermarket besar (bukan di warung-warung).

2.    Selain itu juga ada sikat tambahan untuk sela2 gigi, karena orang yang pake behel biasanya terbentuknya karang gigi menjadi lebih cepat.

3.    Gunakan pasta gigi dengan formula terlengkap agar benar-benar melindungi dan merawat gigi secara intens. Menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali proses, yang pertama tanpa pasta gigi terlebih dahulu agar sisa-sisa makanan yang hendak diberantas bisa terlihat dan tidak terhalang buih dari pasta gigi (lakukan di depan cermin tentunya), setelah itu barulah menyikat gigi dan lidah dengan pasta gigi.

4.    Wajib berkumur dengan obat kumur setelah menyikat gigi dan bila perlu gunakanlah dental floss (benang gigi). Maka, tidak mengherankan apabila rutinitas menyikat gigi ketika awal masa pemakaian behel bisa mencapai 20 menit.

5.    Menyikat gigi dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari: pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

6.    Perbanyak mengonsumsi vitamin C karena akan lebih sering terkena sariawan disebabkan karena tergores behel. Siapkan obat sariawan seperti Albothyl dan bila perlu siapkan juga wax ortho (berupa lilin untuk menutupi bagian logam behel yang tajam). Selain itu, asupan kalsium dan vitamin D yang lebih banyak dari dosis biasanya juga sangat dibutuhkan oleh gigi.

7.    Setelah check-up, biasanya bukan hanya gigi yang akan terasa ngilu/nyeri tapi juga rahang, dagu dan kepala bahkan terkadang bisa sampe demam. Hal ini dikarenakan pergerakan gigi yang otomatis berpengaruh ke sistem syaraf dan bentuk kepala serta profil wajah kita. Jadi siapkan painkiller seperti Panadol yang mengandung parasetamol bila perlu.

8.    Hindari makanan yang terlalu keras. Potong makanan dengan tangan terlebih dahulu, jangan memotongnya langsung menggunakan gigi. Selain bisa mengacaukan proses pergeseran gigi, juga dapat melepas bracket behelnya. Untuk memasangnya kembali dikenakan biaya tambahan.

(Sumber:http://www.facebook.com/notes/ahli-gigi-dan-behel/tips-penting-merawat-gigi-selama-memakai-behel-met-baca-yah/163884713645514)

Hal-hal penting yang perlu dicatat bagi anda yang menggunakan behel:

Hal yang Wajib Dilakukan
Ada beberapa hal yang wajib dilakukan bila kamu menggunakan behel yakni, rajin membersihkan gigi setiap makan, selalu sediakan tusuk gigi. Serta jangan lupa untuk membawa sikat gigi untuk bersihkan sisa-sisa makanan yang nempel di bracket. Gunakan sikat gigi khusus untuk perawatan orthodonti atau sikat gigi anak-anak, yang bulu sikatnya lembut agar tidak merusak bracket. Kontrol gigi sesuai jadwal yang ditentukan dokter. Iris kecil-kecil semua makanan yang masuk dan kunyah secara perlahan-lahan. Bila memakai karet elastik atau head gear, pasang sesuai dengan petunjuk dokter gigi.

Hal Yang Dilarang
Mencoba melepas atau menyetel kawat gigi yang sudah dipasang karena bisa merubah susunan yang telah ditetapkan. Memakan permen karet, permen keras, daging yang liat, keripik, kerupuk yang keras. Mengutakatik sendiri bracket yang lepas atau kawat yang menusuk gigi. Ini sangat berbahaya hubungi dokter untuk penangulangannya.

Nah, itu dia tips cara merawat gigi yang menggunakan behel. Semoga bermanfaat ya!

Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 × = forty five

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>