Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat

Memilih sepatu olahraga yang tepat dan  yang sesuai dengan olahraga yang dilakukan itu sangat perlu. Para ahli kesehatan jasmani dan ahli kaki di dunia  menyatakan bahwa diperlukan sepatu yang didesain khusus untuk setiap olahraga atau latihan yang kamu pilih. Kenapa? Simak beberapa fungsi atau alasannya berikut ini untuk membantu kamu pilih sepatu olah raga yang tepat.

tips bagaimana cara memilih sepatu olahraga yang cocok
Image courtesy by by mapichai | freedigitalphotos.net

Kenapa Harus Pakai Sepatu Olahraga yang Sesuai?

Berikut fungsi yang dapat terpenuhi bila kamu menggunakan sepatu yang tepat, sesuai dengan kegiatan olahraga yang kamu lakukan:

1. Memperkecil resiko cedera.
2. Sepatu yang nyaman, sesuai dengan bentuk dan ukuran kaki juga akan membuat kamu nyaman berolahraga.
3. Penyokong, bantalan maupun pelindung pada sepatu yang disesuaikan dengan jenis olahraga atau aktivitasnya dapat membuat kaki kamu lebih terlindungi.

Bagaimana cara memilih sepatu olahraga yang sesuai?

A. Pilih Sepatu Bersepeda:

1. Pastikan bagian bawah sepatu keras, ini berfungsi untuk mengerahkan tenaga secara stabil. Sepatu yang biasa atau harga murah, biasanya bagian bawahnya terbuat dari plastik, dan yang lebih mahal biasanya bagian bawahnya terbuat dari carbon fiber atau fiberglass yang memiliki tingkat kekerasan tinggi, namun bobotnya ringan.

2. Bagian luar sepatu yang digunakan untuk bersepeda biasanya terbuat dari kulit atau kulit sintesis yang nyaman, empuk, dan awet.

3. Untuk olahraga di gym seperti spinning atau RMP (Raw Power Machine), biasanya tersedia juga sepatu yang khusus dibuat untuk digunakan untuk bersepeda dalam ruangan. Bentuk umumnya sebenarnya hampir sama dengan sepatu berspeda di luar, namun biasanya lebih ringan dan tipis.

4. Olahraga bersepeda yang lain juga ada yang menggunakan sepeda BMX, downhill bike, mountain bike dan triathlon. Ini juga biasanya membutuhkan sepatu khusus.

B. Pilih Sepatu Olahraga Lari

1. Pastikan sepatu yang digunakan untuk lari kamu memiliki cushioning impact atau bantalan kaki yang baik, empuk dan ringan. Sepatu lari biasanya didesain khusus untuk memberi daya redam maksimal bagi kaki saat berlari.

2. Kontrol tumit yang baik perlu ada dalam fungsi sepatu yang digunakan untuk lari. Saat kamu lari, sebaiknya tumit tidak bergeser-geser dalam kaki, sehingga posisi kaki dan tubuh saat lari dapat dikontrol dengan baik. Dengan begitu kaki kamu tidak mudah tegang atau sakit.

3, Perhatikan bagian sol-nya. Sepatu lari sebaiknya punya bagian sol yang cukup tebal. Sol ini akan dapat memberi dukungan pada kaki kamu untuk melakukan gerakan kedepan dengan baik.

4. Sepatu lari sebaiknya ringan, sehingga saat lari, kaki kamu tidak gampang kecapekan. Begitu pula saat berjalan jarak jauh.

C. Pilih Sepatu Hiking

1. Pilih sepatu hiking yang punya sol keras dan tebal untuk melindungi kaki dari benda keras dan tajam, misalnya saja batu, ranting, dahan atau kerikil tajam.

2. Bagian solnya punya gigi yang cukup dalam, supaya sepatu dapat membantu kaki kamu mencengkeram tanah dan tidak mudah terpeleset.

3. Bantalan di bagian kaki memiliki fungsi untuk meredam tekanan sehingga kaki kamu tidak mudah capek.

4. Bagian luar sepatu hiking biasanya dirancang untuk tahan air (agar lebih sesuai dengan kondisi alam), cepat kering. Ini menghindarkan kaki kamu agar tidak dalam keadaan lembab dan mudah lecet atau terluka.

D. Pilih Sepatu Tennis

1. Pilih sepatu olahraga yang yang bagian atasnya agak tinggi untuk melindungi pergelangan kaki ketika dalam segala kondisi saat tennis (seperti” meluncur, berbelok, melompat, berlari cepat, bergerak memutar, dsb.)

2. Bagian luarnya harus punya kekerasan yang cukup, dan bagian sisi solnya melebar. Bentuk seperti ini akan membantu melindungi kaki saat meluncur ke kanan dan kek kiri saat tennis.

3. Bagian depan sepatu, di sekitar daerah ibu jari, pastikan cukup tebal agar mampu menahan berat badan saat kamu melakukan serve.

4. Sedangkan bagian sol, sebaiknya juga disesuaikan dengan jenis lapangan yang kamu gunakan.

  • Lapangan tanah liat (daycourt): motif sol zig-zag (herringbone). sepatu seperti ini sangat ringan.
  • Lapangan rumput (grasscourt): pilih sepatu yang punya paku-paku kecil yang terbuat dari karet, sehingga kamu tidak akan mudah terpeleset, dan menjauhkan cedera terkilir.
  • Lapangan sintetis (hardcourt): Pilih sepatu yang menggunakan sol herringbone atau sepatu tenis yang ada paku-paku karet.
  • Lapangan indoor beralas karpet. Gunakan sepatu tenis yang rata, sehingga tidak mudah tersandung atau memperhambat kelincahan gerak kaki saat bertenis.

E. Pilih Sepatu Aerobik:

1. Pastikan sepatu olahraga yang kamu gunakan untuk aerobik punya daya redam ekstra di bagian bawah sol, bagian ujung telapak kaki (ball of foot), dimana bagian ini biasanya merupakan tempat besarnya tumpuan atau tekanan saat gerakan senam dilakukan.

2. Keringanan sepatu sangat perlu diperhatikan agar sepatu dapat mendukung gerakan aerobik yang berganti-ganti atau dinamis.

3. Untuk bagian luar sepatu, pilih yang memiliki kulit lentur, jangan terasa kaku saat digunakan. Bagian pergelangan kaki juga harus dapat terlindung dengan baik. Sepatu aerobik juga biasanya memiliki pelindung di bagian kelingking.

4. Sol sepatu untuk aerobik juga harus tidak kaku, biasanya di bagian solnya memliki garis-garis tipis untuk memberikan daya cengkeram yang cukup bagus.

Apalagi sepatu untuk bersepak bola, tentu kamu sudah tau perbedaannya dengan jelas bukan? Tidak mungkin rasanya jika kamu akan bertanding sepakbola dan kamu menggunakan sepatu aerobik? Hehehe… Begitu pula sepatu untuk golf, sepatu berenang, dan sepatu untuk berkuda, tentu akan berbeda.

So, untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan kamu berolahraga, sebaiknya sesuaikan sepatu dengan olahraga yang kamu lakukan. Dengan begitu, resiko cedera dapat diminimalisir, dan kamu juga dapat merasakan manfaat olahraga yang kamu lakukan dengan lebih baik pula. Selamat berolahraga!

Sumber referensi: Majalah Femina Oktober 2011

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: