Tips Membuat Olahraga Menyenangkan dan Tidak Membosankan

Jangan jadikan olahraga menjadi beban yang memberatkan. Banyak orang yang malas melakukan olahraga, meskipun sudah mengetahui bahwa olahraga adalah hal penting untuk menjaga stamina dan kesehatan. Olah raga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan jika anda dapat menikmatinya dengan hati senang. Berikut ulasan tentang tips bagaimana cara membuat olahraga menyenangkan dan tidak membosankan.

Mereka yang memiliki aktivitas super sibuk, mereka akan sulit menyempatkan waktu untuk berolah raga akan dirasa sulit. Di waktu senggang, banyak orang memilih beristirahat di rumah, daripada menyempatkan waktu untuk berolah raga.

Sebenarnya, banyak kegiatan sehari-hari yang tanpa disadari itu merupakan bagian olahraga, seperti misalnya jalan-jalan-jalan ke mall dalam rentang waktu tertentu merupakan olah raga kaki yang cukup efektif. Atau melakukan beberapa pekerjaan rumah seperti menyapu, berkebun, menyetrika, sebenarnya merupakan bagian dari olah raga ringan. Bahkan dancing atau menari juga bagian dari olah raga yang tidak membosankan lho.

tips cara membuat olahraga menyenangkan

Image courtesy by photostock | freedigitalphotos.net

Yang perlu disadari adalah bahwa manfaat olahraga dapat mencegah terjadinya berbagai macam penyakit. Bagi anda dalam masa diet, olah raga teratur menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu, tanpa disadari, olah raga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan mood seseorang, menghilangkan stress dan depresi, membuat tubuh menjadi lebih energik, bahkan olahraga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Namun demikian, jika anda menderita suatu penyakit tertentu yang memerlukan perhatian khusus, seperti asma, nyeri dada, darah tinggi, maupun penyakit jantung, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter tentang olah raga yang akan anda lakukan. Olah raga mampu membakar kalori dengan baik, memperkuat otot, serta dapat menyehatkan kerja jantung dan pernafasan.

Kenyatannya, banyak sekali orang yang tidak terlalu memperdulikan waktu untuk berolah raga secara teratur. Karena olah raga sebaiknya dilakukan secara rutin dan teratur, banyak juga orang yang merasa bosan melakukannya. Padahal sebenarnya, suasana olahraga menyenangkan itu dapat anda ciptakan sendiri, bahkan anda tak perlu menjadikannya sebagai suatu kewajiban yang memberatkan. Berikut ini kita lihat bagaimana cara membuat olahraga menjadi aktivitas yang menyenangkan.

TIPS MEMBUAT OLAHRAGA MENYENANGKAN DAN TIDAK MEMBOSANKAN

1.    Jangan memaksakan diri melakukan aktivitas olah raga yang tidak anda sukai. Misalnya, jika anda tidak suka dengan sepak bola, maka jangan paksakan diri anda bermain sepak bola. Atau jika anda tidak suka olah raga lari, maka jangan paksakan diri untuk lari atau jogging setiap hari. Anda dapat memilih olah lainnya seperti berenang, bulutangkis, atau senam aerobic.

2.    Jika anda adalah sesorang yang lebih menyukai melakukan banyak hal dengan banyak orang, maka pilihlah olah raga yang tidak sendirian. Cobalah untuk bergabung ke dalam club kebugaran, atau bahkan anda dapat mengajak keluarga, teman-teman atau rekan-rekan untuk berolah raga bersama.

3.    Anda dapat membuat variasi olah raga dari hari ke hari atau minggu ke minggu. Jika saat ini anda punya jadwal senam aerobic, maka pilih olah raga lain di hari atau waktu berikutnya. Variasi ini akan membuat olah raga anda terasa tidak monoton dan tidak membosankan. Atau anda dapat memvariasikan lokasi olah raga yang satu ke lokasi yang lain.

4.    Pilih waktu yang tepat untuk berolah raga agar anda juga nyaman melakukan olah raga. Jangan langsung berolah raga setelah anda selesai makan, atau jangan juga memaksakan diri jogging pada cuaca yang sangat panas dan matahari terasa begitu menyengat.

5.    Sisipkan hal-hal yang menyenangkan di saat anda berolah raga. Jika anda suka mendengarkan music, maka anda dapat berolah raga sambil mendengar music, atau jika anda senang berolah raga di dalam rumah, anda dapat berolah raga sambil menonton televisi.

Dengan kelima tips diatas, maka anda akan dapat membuat olahraga menyenangkan untuk dilakukan dan aktivitas olah raga akan menjadi aktivitas yang dirindukan. Olah raga tak akan jadi aktivitas yang membebankan lagi bagi anda, sehingga stamina dan kesehatan anda akan terjaga dengan baik.

Daftarkan Email Anda untuk Mendapatkan Artikel Terbaru Infodari ...

Tinggalkan pesan atau komentar anda

Your email address will not be published.

*



× 2 = eight


%d bloggers like this: