Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Sep 13, 2011 in Tips n Trick | 0 comments

Tips Hilangkan Rasa Malu yang Berlebihan

Rasa malu sering dialami oleh siapapun dan di berbagai kondisi. Rasa malu dalam tingkat normal tidak menjadi masalah. Namun bagaimana jika rasa malu itu terlalu berlebihan? Seseorang yang merasa malu berlebihan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Terkadang seseorang sulit mengatasi rasa malu tersebut. Lalu bagaimana cara mengusir rasa malu berlebihan atau bagaimana cara mengatasi rasa tidak percaya diri anda ? Berikut ada tips hilangkan rasa malu yang berlebihan untuk anda.

SETIAP manusia memiliki rasa malu, besar maupun kecil. Namun, rasa malu berlebih dapat membuat Anda sulit untuk maju di berbagai bidang. Padahal menjadi seorang pemalu bukan berarti Anda harus kalah.

Jika Anda masih berjuang dengan rasa malu berlebih, berikut sembilan cara mudah mengatasinya, seperti dilansir Allwomensstalk.

9 tips hilangkan rasa malu yang berlebihan.

Fokuskan pada hal positif

Si pemalu umumnya sulit menunjukkan imej diri. Nah, untuk mengatasinya, ingatkan diri pada apa yang membuat Anda cukup percaya diri. Yaitu senyum, kecerdasan, dan karier Anda. Lalu fokuskan ketiganya pada situasi sosial.

Bukan pusat perhatian

Penting disadari untuk si pemalu, dia bukan pusat perhatian. Tidak ada yang selalu mengamati gerak-gerik dan menghakimi Anda. Dengan begitu, Anda dapat merasa lebih “enteng” menjalani hari.

Jangan melabeli diri “pemalu”

Setop melabeli diri sebagai seorang pemalu. Itu hanya akan merusak usaha Anda untuk berhenti menjadi si pemalu.

Tenang

Saat kondisi terasa canggung, disarankan bagi si pemalu untuk tenang dan bernapas agar apa yang dia lakukan dapat lebih terarah, tidak terburu-buru, dan tidak melakukan hal yang ceroboh.

Jangan berusaha jadi yang sempurna

Tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, berhenti mengkhawatirkan harapan seseorang untuk Anda dapat tampil sempurna.

Keluar dan hadapi

Kita tahu Anda malu untuk berhadapan dengan lingkungan. Daripada mengunci diri terhadap kehidupan luar, mengapa tidak mulai melatih bagaimana berhubungan bersama orang lain dengan cara yang lebih benar.

Belajar menerima pujian dan penolakan

Cara terbaik untuk menerima pujian ialah tersenyum dan mengucapkan terima kasih, sangat simpel bukan? Bagaimana dengan penolakan? Terima dengan lapang dada agar tidak berdampak lebih buruk pada diri Anda.

Belajar dari kesalahan

Jika Anda rasa yang sudah dilakukan untuk mengatasi rasa malu masih salah, ada baiknya Anda jadikan itu pelajaran.

Dukungan

Minta dukungan orang terdekat untuk membantu Anda mengatasi rasa malu. Biarkan dia tahu rencana Anda dan kapan Anda membutuhkan dukungannya. Semisal, dalam waktu dekat dia dapat menemani Anda menghadiri acara kantor.

Mengatasi rasa malu berlebihan dapat anda lakukan dengan cara-cara diatas. Rasa malu yang berlebihan dapat menyebabkan anda malah menemui masalah atau kesulitan dalam melakukan apapun. Jadi ada baiknya, segera atasi rasa malu anda yang berlebihan ya, agar anda bisa lebih tampil percaya diri di berbagai kesempatan.

Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight + 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>