Tips Foto Selfie yang OK

Tips Foto Selfie yang OKBikin foto selfie hasil jepretan yang bikin kamu puas gampang kok. Tidak perduli waktu dan tempat, tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan waktu untuk selfie. Tidak cuma selfie, kamu juga bisa mengabadikan tempat dimana kamu sedang bersenang-senang atau berlibur. Mau tau tips berfoto selfie apa aja yang harus kamu perhatikan agar mendapatkan hasil foto yang ok?

tips foto selfie ok
Image courtesy by by patrisyu | freedigitalphotos.net

Berikut ini ada ada beberapa tips foto selfie yang perlu kamu ketahui agar hasil foto kamu memuaskan.

1. Karakter Kamera

Perhatikan karakter kamera yang akan kamu gunakan untuk memulai foto selfie, baik itu kamera android, kamera smartphone, pocket camera, atau camera profesional. Kamera pada smartphone ataupun kamera saku bisa juga lho menghasilkan foto yang setara dengan kualitas kamera DSLR Profesional. Tapi kamu sangat harus memperhatikan kondisi berikut ini pada saat kamu mau ambil foto:

1. Kamu memiliki cahaya yang cukup memadai. Siang akan lebih bagus.
2. Baik kamu sendiri ataupun objek lain yang akan kamu jepret dalam posisi tidak bergerak.
3. Kamu tidak berencana untuk mencetak foto dalam ukuran besar.

Memegang kamera dengan 2 tangan akan lebih stabil saat mengambil gambar daripada dengan satu tangan.

2. Pilih Angel yang tepat

Kalau kamu terbiasa foto selfie, maka kamu tau sudut-sudut atau angel mana dari bagian diri kamu yang paling bagus. Coba beberapa kali jepret dengan angel yang berbeda-beda, dan pakai angel yang paling bagus menurut kamu untuk mendapatkan hasil yang cantik. Disini feeling kamu harus jalan. Perpaduan yang bagus antara angel dan dengan tempat atau lokasi yang kamu pilih akan menghasilkan foto keren. So jangan ragu untuk coba-coba terus untuk mencari posisi angel yang paling cocok.

3. Posisi membelakangi matahari

Pada dasarnya semua pemotretan membutuhkan cahaya. Tapi banyak orang yang secara tidak sadar menjepret foto dengan posisi menghadap matahari. Fotografer harus membelakangi matahari,  bukan objek yang akan difoto yang malah membelakangi matahari. Hal ini akan membuat foto kamu justru malah gelap.

Di daerah tropis, sebaiknya kamu memotret di bawah jam 8 pagi atau setelah jam 5 sore. Kalau kamu mau memotret foto keindahan alam, hasilnya akan kurang sip jika dilakukan pada pukul 12 siang. Cahaya yang berada di depan fotografer disebut sebagai backlight. Namun demikian, hal itu tetap bisa diatasi dengan menggunakan lampu blitz.

4. Scene Mode

Semua kamera sebenarnya memiliki rumus umum yang memiliki cara pemakaian yang sama satu sama lainnya. Misalnya pilihan diafragma dan yang lainnya. Ada pula yang disebut rumus khusus, maksudnya adalah ada beberapa kamera tertentu yang memiliki scene mode. Biasanya beda kamera, beda pula pilihan scene modenya. Pastikan kamu memilih scene yang kamu sukai untuk menghasilkan foto yang berbeda nuansa. Jika kamu menggunakan android untuk berfoto selfie, sudah banyak pula tersedia aplikasi android untuk fotografi yang menyediakan berbagai macam scene di dalamnya.

5. Background

Saat foto selfie atau foto bersama, cobalah untuk memilih latar belakang yang pas. Rancang komposisi latar belakang yang bagus untuk menjadi background foto kamu. Cobalah buat tema yang sesuai antara kamu dan background kamu. Tidak mungkin juga kan kamu berfoto dengan fashion gaun dengan latar belakang meja yang berantakan, hehehe…

6. Manfaatkan tongsis

Sebaiknya kamu siapkan peralatan buat selfie, seperti tongsis agar kamu lebih puas jeprat jepret saat selfie tanpa harus merepotkan orang lain. Artinya kamu tidak harus mengandalkan orang lain untuk mendapatkan foto selfie kamu. Belum tentu orang kamu mintai tolong bantu kamu memotret memiliki angel yang sesuai dengan keinginan kamu.

Nah, itulah beberapa tips foto selfie infodari kali ini. Semoga hasil jepretan kamu kali ini akan lebih baik dari sebelumnya ya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: