Tips dan Trik Cara Mengolah Daging Cincang

Daging cincang adalah bahan masakan yang bisa dijadikan berbagai macam hidangan aneka masakan daging. Tahukah anda bagaimana cara mengolah daging cincang untuk bisa dijadikan masakan lezat yang siap disantap? Jika sebelumnya infodari pernah membahas tentang bagaimana cara mengolah kepiting. Kali ini Infodari.com akan memberikan informasi tentang tips dan trik cara mengolah daging cincang.

mengolah daging cincang, mengolah daging giling

Cara mengolah daging cincang tidaklah terlalu sulit. Mungkin dikatakan lebih sulit membuat minuman yogurt daripada mengolah daging cincang. Untuk bisa menyajikan daging cincang tetap segar dan lezat, diperlukan trik untuk mengolahnya. Sekarang mari kita lihat, bagaimana cara mengolah daging cincang tersebut.

Di pasar swalayan terdapat dua macam daging cincang. Yang pertama, daging cincang tanpa lemak, dan yang kedua daging cincang berlemak. Sebaiknya gunakan daging yang tidak berlemak jika ingin mencampurnya dengan aneka masakan, apalagi jika adonan harus dibulatkan. Lemak pada dagingnya akan membuat bulatan kasar.

Trik mencincang

Untuk membuat daging cincang yang berkualitas dan higienis, ikuti tip berikut ini:

1. Pilih daging yang tidak berlemak, dan hilangkan lemak yang keras dan liat.
2. Dengan pisau yang lebar dan tajam, irislah daging sapi tipis-tipis dan kecil.
3. Cincang daging dengan gerakan satu arah, dan jangan lupa balik cincangan agar hasilnya rata.
4. Food processor juga bisa digunakan untuk mencincang.
5. Untuk membuat burger sebaiknya campur dengan bumbu dan bahan lainnya.
6. Jika Anda membeli daging cincang di pasar swalayan atau tradisional, sebaiknya daging tidak dicuci agar tidak larut.
7. Tanya ke penjual daging di pasar tradisional, apakah gilingan yang dipakai dibedakan berdasarkan jenis daging. Lebih baik pilih penjual yang menggunakan gilingan dan pisau yang berbeda untuk setiap jenis daging.
8. Pastikan penjual daging baik di pasar tradisional maupun supermarket menjual daging yang berkualitas dan halal.

Olahan daging cincang

Makanan apa saja yang bisa diolah dengan daging cincang?

1. Daging cincang berlemak cocok untuk meatball pada spagetti. Untuk tumisan sayur, pilih daging cincang yang tidak berlemak.
2. Selain untuk tumisan, biasanya daging cincang diolah menjadi burger. Untuk olahan ini, biasanya ada campurannya, yaitu roti tawar, telur, bawang bombay, lada, dan garam. Adonan dibentuk bulat pipih, goreng dalam wajan dadar yang sudah diberi margarin.
3. Sambal goreng printil yang simpel dibuat dari daging cincang yang dihaluskan sekali lagi dengan cara ditumbuk. Tujuannya supaya daging lebih halus. Beri lada dan garam, buat bulat-bulat sebesar kelereng. Goreng dengan sedikit minyak yang panas.
4. Untuk spaghetti bolognaise, cukup sangrai daging cincang, tambahkan saus bolognaise instan. Aduk rata.

Tips menyimpan daging cincang atau daging giling:

Cara 1:

– Buat bulatan2 bola kira2 sebesar bola tenis atau bola pingpong (atau lebih kecil atau lebih besar tergantung banyaknya daging cincang yang akan dipakai setiap kali memasak)
– simpan dalam wadah tertutup or dalam kantong kresek (atur di dalamnya agar tidak bertumpuk atau terlalu berdempetan) simpan dalam freezer
– jika akan digunakan or dimasak tinggal diambil 1 bulatan or berapa bulatan yang diperlukan.

Cara 2:

– masak semua daging tersebut dengan ditaburi garam secukupnya, jika daging berlemak banyak maka dimasak tanpa menggunakan minyak tapi jika daging lemaknya sedikit maka dimasak dengan menggunakan minyak secukupnya.
– dioseng2 di katel or panci sampe masak, lalu simpan dalam wadah, dinginkan sebentar lalu tutup wadah tersebut dan simpan dalam lemari es tapi jangan di freezer.
– jika akan digunakan tinggal diambil beberapa sendok seperlunya.

Selamat memasak!

(Sumber: Kompas.com, roemah-imoet.com)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: