Tips dan Trik Cara Mencegah Datangnya Komedo

Infodari masih membicarakan seputar komedo. Setelah anda mengetahui apa itu komedo, dan bagaimana komedo itu bisa terbentuk atau muncul di wajah anda, serta bagaimana cara usir komedo yang sudah terlanjur muncul di wajah anda, ada baiknya anda melakukan tindakan pencegahan. Di bawah ini ada tips dan trik cara mencegah datangnya komedo, yang akan merusak kesegaran wajah anda secara mudah dan tepat dari berbagai sumber yang dirangkum menjadi satu artikel berikut ini.

Banyak hal-hal yang harus anda ketahui untuk mencegah datangnya komedo. Terkadang tanpa disadari, kebiasaan-kebiasaan yang sudah kita lakukan sebelumnya, malah bisa membuat kulit wajah anda jadi rusak, timbul banyak komedo dan jerawat. Padahal, sepertinya hal yang kita lakukan sudah benar, dan tujuannya adalah merawat dengan baik.

Cara-cara yang dapat mencegah datangnya komedo:

1. Rajin-rajinlah membersihkan wajah dua kali sehari, jangan lebih.
Terkadang karena saking ingin terhindar dari komedo, anda jadi terlampau sering bersihkan muka, apalagi saat berkeringat. Hal ini justru akan membuat kelembaban kulit akan hilang, dan membuat pori-pori kulit wajah jadi tidak baik.

2. Gunakan sabun muka yang mengandung scrub.
Sebelum bersihkan muka, usahakan gunakan uap terlebih dahulu pada wajah anda, agar pori-pori kulit wajah anda terbuka, sehingga komedo mudah keluar. Dan jangan lupa jika sudah selesai dicuci, gunakan toner, agar pori-pori anda yang tadi terbuka menutup kembali.

3. Gunakan kosmetik yang bebas minyak.
Usahakan kosmetik yang banyak mengandung air. Hal ini dilakukan agar kulit wajah tidak tersumbat oleh kotoran debu dan bakteri menempel di pori-pori.

4. Rajin Facial dan gunakan Peeling.
Meski harus rajin dan teratur, jangan terlalu sering facial atau menggunakan peeling. Atur waktunya sebulan sekali saja, agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga.

5. Kenali jenis kulit. Biasanya, komedo mudah muncul pada kulit wajah berminyak. Dengan mengenali jenis kulit, Anda bisa lebih mudah memilih produk pembersih wajah yang sesuai.

6. Pilih pembersih yang tepat, yang dapat membuat kulit wajah benar-benar bersih, segar, dan kenyal. Beri toleransi waktu sebulan untuk mengetes efektivitas pembersih yang Anda gunakan.

7. Pilih pelembab yang cocok. Bagi kulit normal dan berminyak, gunakan pelembab oil free. Sebenarnya, tubuh memiliki sistem alami yang bisa mengatur kelembaban kulit.

8. Hindari produk comedogenic.
Produk lain yang bisa menimbulkan komedo adalah susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat, shampo berbahan ginseng, dan kondisioner. Perlu diketahui, bedak padat merupakan produk yang mengandung zat comedogenic paling tinggi. Penggunaan bedak padat terlalu lama tak hanya menimbulkan komedo, tetapi juga jerawat.

9. Hidup sehat dan cukup gizi. Cukup tidur dan istirahat, hindari stres, dan jauhi rokok. Hal ini mungkin terdengar klise, namun coba terapkan hal kebiasaan ini, dan lihat hasilnya.

10. Facial menjadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo secara tuntas dan tepat. Lakukan facial secara berkala dan setelah masa haid. Hal ini untuk menghindari terjadinya perubahan hormon dan kelenjar sebasia selama masa haid, yang memproduksi minyak lebih aktif.

11. Batasi mengonsumsi cokelat, susu cokelat, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, alpukat, mangga matang, kerang, krim bubuk, segala jenis susu (full cream, low atau non fat), gorengan, santan, dan daging berlemak.

12. Jika tak sabar dan ingin segera menghilangkannya, pergi saja ke dokter kulit. Biasanya, dokter akan menganjurkan untuk facial dan memberikan obat tertentu. Jika komedonya sudah sangat banyak, dokter akan menggunakan bantuan teknologi laser.

Cukup mudah dimengerti bukan? Ada baiknya anda mencegah datangnya komedo terlebih dahulu daripada mengobatinya. Hidup sehat dan bersih adalah kunci utama dalam mencegah tumbuhnya komedo dari wajah mulus anda. Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baru yang tersebut di atas, maka anda bisa terbebas dari masalah komedo dan juga jerawat. Nah, tiga pertanyaan mengenai, apa itu komedo, bagaimana terjadinya komedo, bagaimana cara mencegah datangnya komedo, lengkap dengan bagaimana cara usir komedo dari wajah anda kini Infodari sudah menjawabnya. Semoga bermanfaat!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: