Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Jan 24, 2013 in Blogging | 0 comments

Mencegah Spam Komentar Masuk ke Blog WordPress

Bagaimana cara mencegah spam komentar masuk ke blog wordpress? Berbagai macam bentuk spam cukup mengganggu, termasuk masalah spam komentar yang datang menyerbu banyak blog/site. Banyak juga yang memanfaatkan fasilitas trackback untuk menjalankan aksi spam. Namun seiring dengan perkembangan masalah spam yang kian hari kian merebak, kini semakin banyak pula tools yang tersedia sebagai penangkal spam.

cara mengatasi dan mencegah spam

Image courtesy of Stuart Miles / FreeDigitalPhotos.net

Google sangat tidak menyukai berbagai macam bentuk aksi spam, spam email, spam komentar, spam keyword, spam link dan spam-spam lainnya. Banyak blogger yang ingin mengangkat posisi blognya di SERP, dan ingin mengangkap popularitasnya,  dengan menggunakan kata kunci yang begitu banyak. Namun hal ini justru jadi boomerang, karena kini Google sudah semakin gencar menghalau berbagai bentuk spam, dengan penangkalnya, seperti dengan adanya Google Pinguin. Untuk anda pengguna wordpress, ada beberapa tips yang digunakan sebagai cara mencegah spam bebas masuk di blog anda. Beberapa hal dasar yang sering ditanyakan adalah:

  • Kenapa Mereka Melakukan Spam?

Biasanya spammer ingin meningkatkan PageRank. Mereka beranggapan, bahwa dengan melakukan spam untuk memperbanyak link akan dapat meningkatkan pagerank dan popularitas.

  • Apa yang terjadi jika komentar mereka ditandai sebagai SPAM?

Ketika komentar mereka terdeteksi dan ditandai sebagai komentar spam, maka secara otomatis, komentar mereka tidak akan tampil di blog anda. Namun anda dapat merubah tanda komentar tersebut sebagai Spam atau bukan, dari daftar spam yang telah dicatat oleh Akismet.

Tips Cara Mencegah Spam Komentar di Blog WordPress

1.       Aktifkan Plugin Akismet

Plugin akismet ini biasanya otomatis sudah terinstall pada saat pertama kali anda menginstall wordpress. Dan untuk mengaktifkannya, anda membutuhkan API Key. Anda dapat memfilter dan mencegah spam komentar yang masuk dengan plugin Akismet  ini.

2.       Gunakan aturan NoFollow Link Komentar

Komentar yang menggunakan aturan DoFollow, sering jadi sasaran empuk bagi para komentar spammer. Apalagi jika spammer beraksi dengan meninggalkan begitu banyak link aktif di kolom komentar blog anda, ini akan sangat mengganggu kesehatan blog anda. Maka dari itu, lebih baik gunakan aturan nofollow pada kolom komentar anda.

3.       Pasang Plugin Blacklist Spammer

Anda dapat membuat daftar spammer / blacklist spammer dari alamat email, URL, nama, atau bahkan IP dari para spammer dengan menggunakan plugin ini. Pengaturan lebih lanjut disediakan dalam plugin ini.

4.       Gunakan verifikasi Captcha

WordPress.org telah menyedian plugin captcha gratis, yang dapat anda gunakan untuk mencegah spam komentar, baik yang dilakukan secara manual maupun bot/mesin. Anda dapat gunakan SI CAPTCHA, untuk mengharuskan para komentator memasukkan kode khusus yang harus ditulis dari plugin tersebut, saat akan meng-confirm penulisan komentar. Dan anda juga dapat menggunakan plugin Math Comment SPAM Protection. Anda diharuskan mengedit sedikit comment.php dalam proses penginstallannya.

5.       Gunankan Plugin Defensio

Plugin Defensio akan menganalisa setiap komentar yang masuk, memberikan tingkatan spam, kemudian mengelompokkannya. Komentar yang lulus uji, akan ditampilkan, sedangkan yang ternilai sebagai spam, tidak akan di publikasikan.

6.       Cegah Spam dari Trackback

Plugin Trackback Validation cukup ampuh menghalau spammer yang datang dari trackback. Plugin ini akan melacak spam yang masuk, memeriksa IP dari webserver URL. Hampir 99% biasanya menggunakan bot untuk melakukan spam di blog orang lain. Para spammer akan memanfaatkan dan menyalahgunakan trackback untuk meletakkan URL yang mereka cantumkan.

Sebenarnya, banyak blog yang tidak memerlukan trackback. Maka dari itu, anda juga dapat sekaligus menonaktifkan Trackback Global (dibagian Setting – Discussion), sebagai salah satu pilihan menghalau spam di blog anda. Me-non-aktifkan Trackback dapat dilakukan secara global sekaligus, ataupun di non-aktifkan secara manual pada setiap post yang anda pilih.

7.       Gunakan Plugin Bad Behavior

Plugin Bad Behavior akan berfungsi sebagai penjaga gawang untuk mencegah spam yang akan masuk ke blog anda. Keuntungan lainnya adalah bahwa blog anda lebih bersih. Plugin ini juga mempu menghalau hubungan spam lainnya dengan menganalisa metode pengiriman atau software yang digunakan oleh para spammer. Plugin ini bekerjasama dengan layanan pencegahan spam lainnya untuk lebih efektif dan efisien. Disarankan agar anda menggunakan plugin Bad Behavior ini bersama-sama dengan plugin Akismet untuk menghalau aksi spammer lebih kuat.

8.       Tutup Komentar di Postingan Lama

WordPress telah menyediakan built-in feature yang dapat di konfigurasi, berapa hari komentar akan ditutup secara otomatis. Fitur ini dapat anda gunakan di bagian Setting – Discussion.

9.       Tutup Kolom Komentar atau User Registration

Ini salah satu cara mencegah spam komentar yang masuk ke blog. Dengan cara ini, kemungkinan para spammer beraksi di blog anda, dapat dicegah dari awal. Anda dapat merubah settingan ini kapan saja. Jika suatu saat anda berubah pikiran dan mengaktifkan kembali kolom komentar dan user registration, anda dapat melakukannya.

10.   Gunakan Moderasi pada Komentar

Anda dapat menggunakan setting Moderasi pada setiap komentar yang akan di publikasikan di blog anda. Memang sedikit agak merepotkan, karena anda harus mengkonfirmasi sendiri setiap komentar yang masuk, di publikasikan atau tidak secara manual. Tapi cara ini akan membuat anda dapat lebih selektif memilih komentar-komentar masuk yang mana saja yang akan di munculkan dalam blog anda, apalagi untuk komentar-komentar yang sama atau double komentar. Anda dapat menyampaikan pesan anda ke dalamnya untuk mengingatkan para komentator, misalnya dengan mengingatkan agar tidak meninggalkan spam komentar di blog anda. Anda dapat mengeditnya dengan membuka file comment.php.

Nah sobat infodari, itulah beberapa tips cara mencegah komentar spam yang masuk dan merugikan blog anda. Lakukan blogwalking yang baik, tanpa meninggalkan spam. Melawan spam yang masuk di blog, akan menyehatkan blog atau situs anda. Selain itu, loading blog akan lebih cepat tanpa harus terganggu dengan link-link spammer yang ada di blog anda. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 7 = nine

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>