fikathiana December 16, 2016 @ 8:30PM

Kurang PD dengan warna kulit ketiak hitam? Begini cara memutihkan ketiak yang paling mudah. Biasanya gangguan ini sering dirasakan oleh kaum wanita baik kaum wanita dewasa ataupun remaja. Sebenarnya hal ini bukan urusan sulit untuk diatasi. Cara merawat ketiak ini dapat anda jadikan kebiasaan yang baik, agar kulit ketiak selalu bersih, tanpa bau, tanpa keringat berlebih, dan bebas dari warna ketiak hitam. Sedikit perawatan bisa anda lakukan agar penampilan ketiak anda bersih, dan bebas dari warna gelap kehitaman.

Perawatan Cara Memutihkan Ketiak Agar Senantiasa Bersih

perawatan cara memutihkan ketiak hitam

Image courtesy by Witthaya Phonsawat | freedigitalphotos.net

1. Scrubbing

Gunakan scrubbing pada ketiak anda. Pilih scrub yang terbuat dari bahan alami. Cek dulu kesensitifan kulit anda terhadap scrub yang anda beli sebelum digunakan. Cobalah tes reaksi scrub dari kemungkinan timbulnya alergi dengan mengaplikasikannya di daerah bawah dan balik telinga. Bukan tidak mungkin bisa timbul ruam meski anda menggunakan buah-buahan, karena buah-buahan memiliki getah. Atau sebagai alternatif, anda dapat menggunakan whitening spa salt yang mengandung vitamin E. Bahan ini bisa membantu mengembalikan kecerahan warna kulit di ketiak. Jangan pilih scrub yang terlalu banyak butiran kasarnya. Butiran kasar dapat menyebabkan iritasi pada kulit ketiak. Jadi, tetap fokus terlebih dahulu terhadap kesensitifan kulit terhadap scrub yang akan digunakan. Salah memilih, malah bisa membuat ketiak semakin gelap dan tidak sehat.



2. Bersihkan Bulu

Cara menghilangkan bulu ketiak dapat ditemupuh dengan beberapa cara. Pilihan yang simple misalnya seperti waxing, threading, pencukuran dengan pisau cukur, atau pencabutan denan pinset. Atau anda dapat menggunakan cara paling canggih yaitu dengan cara laser hair removal. Akan lebih baik jika anda menyerahkan urusan ini ke salon atau kepada ahlinya, yang memiliki kredibilitas baik dan terpercaya. Pisau cukur atau alat penghilang bulu lainnya yang kurang higienis, tumpul, serta cara pencukuran yang salah malah dapat menyebabkan kulit ketiak akan semakin menghitam, atau bahkan terluka. Sebelum anda mengaplikasikan shaving cream di daerah ketiak, basahi terlebih dahulu kulit ketiak selama beberapa menit. Sebaiknya lakukan proses pencukuran setelah mandi, sehingga kulit masih dalam keadaan lembab.

3. Pilih Deodoran Yang Tepat

Kesalahan memilih deodoran yang kurang tepat, dapat menyebabkan kulit ketiak gatal-gatal, iritasi, atau menyebabkan pakaian bernoda. Bau tak sedap dan gatal juga dapat timbul akibat bakteri bercampur keringat. Maka dari itu, disarankan sebaiknya deodoran digunakan pada kulit ketiak yang masih dalam keadaan bersih, biasanya dalam keadaan setelah mandi. Jika anda mendambakan daerah ketiak bersih, ini merupakan salah satu cara memutihkan ketiak yang mudah untuk dilakukan.

4. Perhatikan Nutrisi Makanan

Sebenarnya alasan utama pentingnya nutrisi adalah untuk mengontrol produksi keringat berlebih yang biasanya menyebabkan bau badan. Air putih merupakan salah satu senjata yang dapat membuang toksin dalam tubuh, begitu juga dengan buah-buahan yang mengandung antioksidan. Kurangi atau bahakan hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein, daging dengan bau tertentu seperti domba, kambing, keju berkadar tinggi lemak, serta bawang putih berlebihan.

Jika anda ingin mencoba campuran bahan alami untuk membuat ramuan untuk memutihkan ketiak, maka anda dapat mencoba mencampurkan kunyit, gula jawa, asam, dengan ditambahkan sedikit garam yang kemudian direbut dan didinginkan. Minum saat campuran bahan yang dihaluskan tadi sudah mengendap. Ramuan ini juga dapat membantu anda menghilangkan bau ketiak yang sering menumbuhkan rasa tidak percaya diri. Coba lakukan penambahan nutrisi dengan cara ini secara teratur. Selain untuk kesehatan organ tubuh lainnya, kulit ketiak anda senantiasa akan lebih bersih dan segar.