7 Tips Cara Belajar Efektif Pelajaran yang Tidak Disukai

Tahukah kamu cara belajar efektif dari pelajaran yang tidak kamu sukai? Dari banyaknya mata pelajaran yang harus dipelajari setiap harinya, mungkin ada diantara kamu yang tidak suka salah satu atau lebih. Misalnya saja ada yang tidak suka pelajaran matematika karena terlalu rumit, ada yang tidak suka pelajaran sejarah karena malas menghafal, ada yang tidak suka bahasa Inggris karena sulit dihafal, dan masih banyak lagi mata pelajaran yang tidak disukai dengan berbagai alasan.

cara belajar efektif pelajaran sulit
Image courtesy by bugphai | freedigitalphotos.net

Sebenarnya hal itu wajar-wajar saja. Tapi sayangnya, suka atau tidak suka, kita harus tetap mempelajari setiap harinya, untuk mendapatkan nilai di sekolah dengan maksimal. Perguruan tinggi negeri akan menerima kamu kalau nilai-nilai raport dan prestasi sekolah kamu bagus bukan? Jadi gimana dong caranya, ingin dapat nilai bagus tapi kamu sendiri tidak menyukai pelajaran itu? Ikuti tips semangat belajar di bawah ini.

Tips Cara Belajar Pelajaran yang Sulit dan Tidak Disukai

Trik 1 : Cari Alternatif

Waktu masih di kelas 1, kamu suka biologi, tapi tiba-tiba kesukaan kamu berubah ketika kamu kelas 2, mungkin dengan alasan kamu sudah tidak suka lagi guru yang mengajarnya. Situasi seperti ini sering membuat kamu malas, baik malas ketika belajar di rumah atau di kelas, atau malas mengerjakan berbagai macam tugas atau pr-nya. Mungkin saja kamu beranggapan kamu tidak suka cara mengajar.

Coba cari alternatif untuk belajar dengan cara yang berbeda dari yang diajarkan guru tersebut. Kumpulkan buku-buku latihan soal, ajak teman atau kakak kelas kamu untuk belajar atau bahkan mengajari. Dengan begitu kamu akan bisa tetap nyaman dan enak belajar, tak perlu meninggalkan belajar satu atau lebih mata pelajaran yang gurunya tidak kamu suka.

Trik 2 : Tambah Waktu Belajar

Biasanya, tingkat kesulitan suatu pelajaran akan semakin sulit saat menaiki kelas berikutnya. Saat kamu merasa pelajaran itu semakin sulit, cobalah untuk mencari bagian atau bab mana yang kamu rasa susah dan sulit dimengerti. Tambahkan lagi sedikit waktu belajar kamu, coba dipelajari lagi pelan-pelan. Kalau kamu biasanya menjadwalkan belajar matematika di rumah selama 1 jam saja, coba tambahkan 30 menit lagi. Jangan juga terlalu banyak menambahkan waktunya, nanti malah bisa bikin kamu stress atau bikin kamu menelantarkan jatah waktu belajar pelajaran lainnya. Cobalah berkonsentrasi pada bagian atau bab yang susah tersebut. Pelajari setiap hari, hingga kamu merasa sudah mengerti, baru kemudian lanjutkan ke bab baru. Dengan begitu kamu dapat mengatasi kesulitan yang semakin besar di saat kamu naik ke kelas 2 atau ke kelas 3.

Trik 3 : Cari Metode yang Memudahkan

Ada juga yang awalnya merasa suatu mata pelajaran tertentu itu susah, tapi ketika kamu sudah mulai mengenali polanya dan mulai mengerti metodenya, maka kamu akan mudah mempelajarinya. Pelajaran seperti Bahasa Inggris yang susah grammarnya, rumus-rumus matematika fisika dan kimia yang rumit dan pelajaran ipa lainnya, sering buat kamu malas belajar.

Cobalah untuk melihat manis dan indahnya hasil perjuangannya, jika kamu mau benar-benar mempelajarinya. Kamu bakalan dapat nilai yang memuaskan bukan? Coba cari celahnya, dimana kamu bisa menemukan cara atau metode kemudahan mempelajarinya dari setiap mata pelajaran yang kamu anggap susah. Nanti kalau sudah terbiasa dan sudah tahu dimana celah kemudahannya, kamu pasti bakal merasa tidak kesulitan lagi.

Seperti dulu kamu belajar naik sepeda. Waktu belum bisa, belajarnya pasti sulit, dan kamu juga mengalami jatuh dan bangun lagi. Tapi toh kamu terus berusaha untuk bisa, ketika menyadari, ooooh… ternyata supaya tidak jatuh harus menjaga keseimbangan. Inilah contoh celah kemudahan yang kamu dapat. Akhirnya kamu pun bisa naik sepeda dengan lancar.

Trik 4 : Buka dan Kerjakan Lagi Yang Terdahulu

Biasanya, saat kamu tidak suka pelajaran tertentu, itu dikarenakan kamu merasa sulit pada pelajaran itu. Nah, untuk mengatasi situasi seperti ini, cobalah untuk melihat kebelakang mundur selangkah. Buka pelajaran-pelajaran yang kamu rasa sulit di kelas sebelumnya.  Coba kerjakan soal-soal latihan di kelas sebelumnya, biasanya akan lebih mudah untuk kamu kerjakan. Karena kamu bisa mengerjakannya dengan mudah, tanpa disadari perlahan-lahan semangat kamu akan timbul. Selain itu, kamu juga akan semakin terbiasa mengerjakan soal, hingga kamu bisa mengerjakan berbagai soal di luar kepala karena terbiasa mengerjakan soal-soal pelajaran.

Trik 5 : Dahulukan Pelajaran Sulit

Wajar kalau kamu lebih suka mengerjakan PR pelajaran yang kamu suka terlebih dulu, daripada mengerjakan PR pelajaran yang kamu tidak suka. Cobalah untuk merubah kebiasaan ini. Kenapa? Justru di awal-awal mengerjakan PR pastinya memori kamu masih fresh. Coba kamu bayangkan, kalau kamu mengerjakan PR pelajaran yang susah dan tidak kamu suka di akhir waktu mengerjakan PR, bisa-bisa kamu malah meninggalkan dan tidak mengerjakannya. Di waktu akhir setelah mengerjakan PR yang lain, otak kamu akan mulai lelah, sedangkan kamu justru harus mengerjakan PR pelajaran susah dan tidak kamu suka. So, atur susunan jadwal pengerjaan  PR kamu lagi ya.

Trik 6 : Membiasakan Diri

Cobalah untuk belajar sedikit demi sedikit pelajaran yang kamu benci, tak usah diforsir. Tapi baca dan belajarlah sedikit demi sedikit setiap harinya, tak perlu lama-lama. Jangan belajar dalam tekanan, cobalah pelajari dengan santai. Bisa saja kamu sisipkan sedikit waktu belajar online, saat kamu sedang browsing dan update status kamu di facebook, coba cari-cari bacaan pelajaran menarik dari pelajaran yang kamu tidak suka.  Ada pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang”, artinya kamu juga harus berkenalan lebih jauh dengan pelajaran yang kamu tidak suka, supaya kamu bisa menumbuhkan rasa sayang dan suka dengan pelajaran yang kamu tidak sukai.

Trik 7 : Belajar Bersama Kesayangan atau Hobby

Pernahkah kamu mencoba belajar sambil mendengarkan lagu yang kamu suka, atau belajar sambil mengelus-elus binatang piaraan kesayangan kamu di rumah, atau belajar di sela-sela waktu kamu berenang, atau belajar sambil memeluk boneka kesayangan, atau belajar dengan apapun kebiasaan yang kamu sukai dan sayangi. Belajar dengan cara ini dapat membuat kamu lebih santai, sehingga otak kamu akan lebih mudah untuk merekam apa yang kamu pelajari. Tapi jangan belajar sambil nonton film di bioskop ya, selain gelap, rugi dong beli tiket bioskop! Hehe… Hasil cara belajar seperti  ini sudah pernah dibuktikan kebenaran faktanya oleh sebuah perpustakaan di Ontario-Kanada, yang mengadakan program membaca cepat untuk siswa SD sambil ditemani anjing. Terbukti bahwa mereka dapat membaca lebih lancar lho!

Nah sobat infodari, sekarang kamu sudah tahu bukan, bagaimana cara belajar efektif pada pelajaran yang tidak kamu suka, tapi kamu tetap bisa punya nilai yang bagus. Jangan hanya gara-gara kamu tidak suka pelajaran tertentu, kamu harus membuat prestasi kamu menurun. Semua mata pelajaran itu berguna, itulah mengapa kamu di ajarkan mata pelajaran di sekolah. Manfaatnya bukan hanya bagus nilai pelajarannya, tapi secara otomatis cara berpikir kamu dalam banyak hal akan terbentuk dengan sendirinya, sehingga kamu nantinya punya pola pikir yang lebih matang dalam menghadapi berbagai hal dalam kehidupan lho!

Comments

comments

One thought on “7 Tips Cara Belajar Efektif Pelajaran yang Tidak Disukai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: