Tips Belanja : Beli TV Plasma yang Mana Nih?

Pilihan aneka ragam model dan kualitas gambar ditawarkan oleh berbagai produsen TV. Selain TV LCD atau LED, TV plasma juga menjadi pilihan banyak pembeli. Terlalu banyakanya merek, model, dan ukuran, terkadang membuat kita bingung harus membeli tipe seperti apa yang paling bagus dan paling cocok untuk dibeli. Untuk itu, anda harus membandingkan tv plasma yang satu dan yang lainnya lebih rinci, agar kualitas gambar sesuai dengan keinginan anda.

Berbagai produsen TV mengusung teknologi plasma untuk model-model TV seperti TV Led, TV Lcd, dan Tv Plasma yang dijualnya di pasaran.  Semakin hari model tv tabung semakin ditinggalkan, termasuk pada penggunaannya untuk layar komputer. Jika anda bingung memilih tv plasma mana yang harus anda beli, sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut yang bisa menjadi guide untuk memilih model.

Tips Memilih TV Plasma

cara membandingkan dan memilih tv plasma
Image courtesy by Naypong | freedigitalphotos.net

APA ITU PLASMA?

Plasma mengacu pada gas terionisasi panas dari ion dan elektron. Penampilan Plasma tergantung pada teknologi ini.

BAGAIMANA TV PLASMA BEKERJA PADA LAYAR ?

Plasma merupakan konduktor listrik yang baik. Plasma menampilkan layar yang terdiri dari dua panel kaca di mana sel-sel plasma dikompresi, atau yang dikenal sebagai piksel. Ketika muatan listrik dihantarkan pada gas ini maka akan terpancar sinar UV dan menghasilkan gambar yang dapat dilihat melalui layar.

TINGKAT KETAJAMAN DARI JUMLAH PIXEL

Banyak orang meyakini bahwa angka pixel tertinggi adalah pilihan yang terbaik. Padahal ini belum tentu benar. Ketika angka piksel lebih besar, maka tampilan gambar memang akan lebih detail atau tajam, akan tetapi jika mekanisme yang deciphers dan pengubah sinyal untuk pikselnya lemah, maka anda tidak akan bisa mendapatkan gambar yang optimal. Dalam kasus ini, jumlah pixel tinggi justru akan benar-benar memperkuat kelemahan kualitas gambar yang ditampilkan.

RASIO CONTRAST

Tentang rasio Contrast, menurut Raymod Lim dari Fujitsu adalah perbedaan antara daerah putih dan hitam pada layar. Sebenarnya tidak ada satuan pengukuran empiris untuk hal tersebut, jadi jangan mengambil aspek rasio kontras untuk memilih TV Plasma yang akan anda beli.

BRIGHTNESS

Indikasi kecerahan sering disalah-artikan, Raymond mengatakan, karena beberapa produsen Plasma TV menggunakan lembaran akrilik di atas layar, sehingga akan mengurangi kecerahan, sementara beberapa diantaranya tidak menggunakan lapisan ini. Pastikan untuk membandingkan model yang satu dengan yang lain hingga mendapatkan plasma tv yang paling cocok untuk anda.

MEMBANDINGKAN MODEL

Membandingkan model yang akan anda beli dengan settingan default atau pengaturan pabrik (factory default) adalah hal terbaik yang harus anda lakukan. Pada pengaturan ini, anda dapat melihat layar yang bekerja optimum secara default. Kemudian, hal yang sebaiknya dilakukan secara umum di showroom-showroom penjualan TV, cobalah bandingkan TV plasma yang satu dengan yang lain, dengan cara mengatur brightness pada tingkat 90 persen, dengan 50 persen, lebih bagus atau lebih optimal yang mana. Pengaturan brightness ke tingkat yang lebih tinggi memang akan meningkatkan kecerahan gambar tetapi sangat mengurangi waktu hidup layar. Untuk membandingkan kecerahan dan distorsi antara model yang satu dengan yang lainnya, mintalah tunjukkan kepada penjual atau petugas toko untuk membuat pengaturan tampilan / setting layar pada penjual TV ke pengaturan default, lihat bagaimana tampilannya untuk dibandingkan dengan model yang lain. Anda juga bisa meminta diputarkan DVD anda sendiri, kemudian bandingkan penampilannya. Dilihat dengan mata telanjang model terbaik mana yang akan anda beli, merupakan cara yang terbaik dan termudah.

Ceklist Spesifikasi Pilihan Ini Sebelum Membeli Plasma TV :

  • Besarnya atau kecilnya Pixel screen
  • Contrast Ratio
  • Brightness
  • Gradation

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: