Tips Android Penting Cegah Masalah Kehilangan dan Kehabisan Pulsa

Banyak pengguna Android baru yang mengeluh tentang terkuras habisnya pulsa yang ada. Baru isi pulsa kok dalam waktu singkat langsung habis, padahal belum download apapun. Keluhan ini juga sering terjadi pada pengguna tablet android. Lalu bagaimana caranya agar kejadian ini bisa teratasi, setting seperti apa yang harus dibuat pada android anda? Simak ulasannya berikut ini.

tips android mengatasi pulsa hilang
Android Open Source project [GPL (http://www.gnu.org/licenses/gpl.html), CC-BY-2.5 (http://creativecommons.org/licenses/by/2.5) or Public domain], via Wikimedia Commons

Pengguna android baru biasanya penasaran dengan berbagai aplikasi menarik, ingin mencoba macam-macam aplikasi android sesuai dengan hobby atau pekerjaannya. Rasa penasaran ini membuat pengguna android dengan mudahnya memasang dan menghapus kembali setiap aplikasi yang sudah di install-nya.

Banyak  download aplikasi android gratis yang ditawarkan dan mudah untuk dipasang, padahal di dalamnya seringkali ada iklan-iklan aktif berjalan setiap aplikasi gratis dijalankan. Ini salah satu yang bisa menjebak pemakai android tidak menyadari pulsanya tersedot akibat hal ini.

Selain itu, ada pula settingan update otomatis pada setiap aplikasi-aplikasi yang terinstall pada android, yang membuat anda sering tidak menyadari pulsa anda tersedot karenanya.

Saat anda melakukan download aplikasi android gratis, banyak yang meminta akses background data dan hak koneksi. Jika anda pengguna android yang tidak membeli atau tidak menggunakan paket data unlimited, maka anda harus berhati-hati, karena kegiatan akses background ini bisa menyebabkan anda kecolongan pulsa, bahkan bisa membuat pulsa anda benar-benar habis.

Aplikasi yang di dapat dari playstore atau market membutuhkan data aktif, maka dari itu, sebaiknya anda menon-aktifkan akses background data saat mengaktifkan aplikasi yang ingin anda jalankan dalam android.

Tips Android Mencegah Pulsa Habis Dalam Waktu Singkat

Cara Pertama: Matikan Setting Auto Sync dan Background Data

Autosync akan bekerja secara otomatis langsung terhubung ke internet. Fitur ini bisa berupa pengecekan email, update aplikasi, melakukan sinkronisasi kontak data, dan sinkronisasi kalender. Jika fitur ini dirasa tidak diperlukan secara otomatis, atau fitur ini hanya diperlukan pada saat-saat tertentu saja, sebaiknya matikan fitur autosync ini. Lakukan peng-update-an secara manual saja nanti.

Sedangkan background data akan secara otomatis terhubung ke internet, dan akan tetap terhubung ke internet saat anda sudah berada di halaman depan atau menu utama android anda. Artinya, koneksi internet ini akan tetap berjalan meski anda melakukan kegiatan lainnya pada android anda.

Cara mematikan fitur autosync :

1. Buka menu Setting (Pengaturan)

2. Buka menu Account & Sync

3. Matikan fitur dengan dengan cara menghilangkan  tanda centang pada bagian Background data dan auto-sync.

Jika warna hijau sudah berubah warna (sudah abu-abu), berarti fitur ini sudah dimatikan.

Jika anda berada di area wi-fi, berarti anda harus mengaktifkan kembali secara manual auto-sinc dan background ini, supaya anda dapat koneksi gratis internet melalui wi-fi.

Cara Kedua: Non-aktif kan fitur Usage Data Packet

Tips android cara kedua ini bisa dilakukan dengan tetap mengaktifkan settingan Auto-sync dan background data, namun anda kemudian mematikan fitur use data packet.

Fitur ini akan bekerja menghubungkan android anda ke internet melalui provider dari Sim Card yang anda gunakan. Jika fitur paket data ini dimatikan, maka saat anda ingin terhubung ke internet, maka secara otomatis android anda akan mencari wi-fi, bukan mengambil pulsa anda, sehingga pulsa anda bisa lebih aman dari kecolongan yang tersadari.

Cara mematikan fitur Use Data Paket

1. Buka menu Setting (Pengaturan)
2. Buka menu Wireless & Network
3. Buka Mobile Network
4. Disana akan terdapat pilihan centang di bagian  Use Data Paket. Hilangkan tanda centang pada bagian tersebut. Jika sudah tidak lagi berwarna hijau, maka fitur ini sudah tidak aktif lagi.

Saat fitur ini dihentikan atau dimatikan, maka koneksi internet dari operator provider kartu yang anda guankan akan benar-benar terputus. Sehingga dibutuhkan wi-fi untuk dapat melakukan koneksi ke internet melalui android anda.

Tips android berikutnya adalah, sebaiknya gunakan paket internet dari provider yang anda gunakan. Karena pada prinsipnya, untuk memaksimalkan kinerjanya, maka android akan benar-benar memanfaatkan koneksi internet. Maka dari itu, gunakanlah paket internet sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda punya tingkat aktivitas tinggi menggunakan internet, akan lebih baik jika anda menggunakan paket internet unlimited, sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan pulsa secepat kilat tanpa disadari akibat kegiatan koneksi internet dari android anda.

Jangan juga terlalu membebani android anda dengan terlalu banyak aplikasi, sesuaikan dengan kapasitas memori, sehingga kerja android tetap maksimal.

Pengalaman ini sudah saya alami beberap waktu lalu, bertepatan saat saya ingin memasang aplikasi camera pororo di android saya. Mudah-mudahan para pemakai android pemula tidak mengalami hal serupa. Semoga tips android ini dapat membantu mengatasi hilangnya pulsa anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: