Teknik Make-Up | Make Up Dasar Koreksi Bentuk Wajah (Bagian 1)


Tata rias wajah dengan mengaplikasikan bahan-bahan make-up wajah memiliki teknik khusus. Namun sebelum melakukan riasan pada wajah,  seseorang harus mengenali terlebih dahulu bentuk muka yang akan dirias. Sebagai salah satu cara make up wajah, akan diperlukan koreksi bentuk wajah untuk bisa menghasilkan rias wajah yang cantik.  Koreksi bentuk wajah yang kurang ideal akan menjadikan bentuk wajah ideal dengan teknik make up yang tepat. Anda bisa mengetahui termasuk jenis apakah bentuk wajah anda di artikel “Mengenal Macam-macam Bentuk Wajah” di artikel sebelumnya.

Pada dasarnya, rias wajah merupakan suatu cara untuk membuat wajah seseorang lebih cantik dan menawan. Ini juga merupakan seni rias wajah. Jadi, jangan sampai karena riasan wajah yang salah, malah akan memberikan efek tidak cantik pada wajah kita. Diperlukan koreksi bentuk wajah yang kurang ideal menjadi bentuk wajah ideal (Oval). Untuk mengoreksi bentuk wajah ini, anda harus mengaplikasikan shading (memberikan efek bayangan gelap) dan highlight (untuk memberikan efek terang) pada bagian-bagian tertentu di wajah.

Koreksi bentuk wajah memerlukan jenis kosmetika dasar yang beragam, mulai dari foundation dan bedak untuk tahap pembentukkan bentuk wajah ideal, dan blush on untuk tahap penyempurnaan mendekatkan riasan wajah yang menjadikan bentuk wajah ideal.

Di bawah ini ada teknik bagaimana cara mengoreksi bentuk wajah menjadi bentuk wajah yang ideal, sesuai dengan macam-macam bentuk wajah seseorang. (Sumber: Buku BeautyExposed by Andiyanto)

1. Koreksi Make Up Bentuk Wajah Bulat

1. a. Ulaskan foundation yang senada dengan warna kulit secara merata. Foundation ini digunakan untuk bagian kulit wajah yang  dipertahankan.

2. b.  Buatlah shading di pelipis, sekitar telinga dan rahang, untuk mendekati bentuk wajah ideal.

3. c.  Buatlah shading di tulang pipi, lalu ulaskan highlight pada daerah dahi, pangkal hidung, bawah mata dan pada ujung dagu.

4. d. Gunakan blush on di antara highlight dan shading yang sudah anda buat tadi, dan di sekitar tulang pipi.

2. Koreksi Make Up Bentuk Wajah Buah Pir

2. a. Ulaskan foundation yang senada dengan warna kulit secara merata. Foundation ini digunakan untuk bagian kulit wajah yang  dipertahankan.

2.  b. Buatlah shading di daerah samping sudut luar mata, samping telinga, serta daerah rahang dengan tarikan secara mendatar.

2. c. Gunakan shading lagi di daerah pipi yang sejajar dengan telinga. Highlight dapat dibubuhkan di sekitar dahi, pangkal hidung, bawah mata, dan ujung dagu, untuk mempertajam tulang pipi.

2.  d. Berikan blush on pada atas atau puncak pipi (yaitu diantara shading dan highlight) agar nampak lebih menonjol.

3. Koreksi Make Up Bentuk Wajah Persegi

3. a. Ulaskan foundation yang senada dengan warna kulit secara merata. Foundation ini digunakan untuk bagian kulit wajah yang  dipertahankan.

3. b. Buatlah Shading di sekitar garis pertumbuhan rambut di wajah anda, pelipis kiri dan kanan, samping telinga, dan sekitar rahang.

3. c. Untuk mendapatkan tulang pipi sempurna, berikan shading di sekitar cuping hidung. Dan berikan highlight di sekitar dahi, pangkal hidung, bawah mata dan di ujung dagu.

3. d. Bubuhkan blush on di antara highlight dan shading yang sudah anda buat tadi.

(Bersambung ke artikel “Teknik Make-Up | Make Up Dasar Koreksi Bentuk Wajah (Bagian 2)“)

Tips make up sesuai bentuk wajah:
1. Shading digunakan untuk memberi efek cekung atau lebih kecil dari aslinya. Sedangkan highlight digunakan untuk memberi efek menonjol atau lebih lebar.
2. Pilih foundation yang warnanya tidak terlalu jauh dengan warna kulit anda, atau senada dengan warna kulit anda. Foundation ini digunakan untuk mempertahankan bentuk wajah asli anda.
3. Untuk shading, gunakan foundation yang warnanya satu atau dua tingkat lebih tua dari warna kulit. Dan untuk highlight, pilih warna foundation yang warnanya satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit.
4. Perlu diingat, bahwa jangan terlalu over menggunakan make up,  Akan terkesan seperti kedok jika anda menggunakan foundation yang terlalu lebih jauh dari warna kulit asli anda, dan jika terlalu tebal.

Tentunya anda ingin hasil make up anda sempurna bukan? Dengan mengaplikasikan teknik make up dasar sesuai bentuk wajah di atas, anda bisa mendapatkan penampilan yang lebih cantik dan sempurna. Selamat mencoba!




Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 5 = four

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>