Teknik Make-Up | Make Up Dasar Koreksi Bentuk Hidung

Menggunakan make up untuk membuat shading di bagian hidung, dapat digunakan untuk mengkoreksi bentuk hidung agar tampilan tata rias wajah dan bentuk wajah anda lebih sempurna. Sangat disarankan agar anda mengetahui cara make up yang benar, disetiap bagian atau sisi wajah anda. Setelah mengetahui jenis bentuk wajah anda, maka kemudian anda dapat mengenali bentuk hidung anda. Dengan demikian, maka anda dapat menyesuaikan bentuk sapuan shading yang bagaimana yang cocok untuk make up di bagian hidung anda.

Bentuk hidung itu cukup beragam pada setiap wajah. Bentuk hidung tidak hanya dilihat dari mancung atau tidaknya saja. Ada beberapa macam bentuk hidung pada wajah yang perlu anda ketahui. Secara garis besar, bentuk-bentuk hidung pada umumnya adalah:

1. Bentuk batang hidung pendek
2. Bentuk batang hidung panjang
3. Bentuk batang hidung lebar
4. Bentuk batang hidung kecil
5. Bentuk batang hidung bengkok atau asimetris
6. Bentuk cuping hidung besar

Untuk lebih menyempurnakan bentuk hidung dengan make up, maka anda harus membubuhkan shading atau bayangan yang cocok dan sesuai. Sebenarnya teknik cara memakai make up hampir sama dengan melukis di kanvas. Hanya berbeda media saja. Anda diharapkan mahir memanipulasi warna tua dan muda untuk mendapatkan riasan yang real atau tidak kaku, dan membuatnya lebih hidup. Begitu pula dengan melukis atau merias wajah. Dan kekayaan warna dapat anda manfaatkan untuk menghasilkan lukisan atau riasan wajah yang cantik dan artistik.

Tak jarang cara membuat shading hidung justru malah membuat bentuk hidung anda kaku atau menjadi tidak sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya, anda membuat shading yang terlalu tebal dan kaku, akan memberi kesan hidung yang tampak aneh. Sapuan yang benar harus diperhatikan, agar tidak tampak seperti angka 11. Maksud hati ingin membuat hidung tampak lebih mancung,  tapi jika salah menggunakan shading, malah membuat hidung anda tampak lebar. Untuk itu, infodari ingin berbagi tips cara tata rias wajah di bagian hidung.

Berikut teknik make-up dasar, cara memakai makeup untuk mengoreksi bentuk hidung, yang dapat anda jadikan acuan untuk membuat shading di bagian hidung. Koreksi bentuk batang hidung dibawah ini akan disertai dengan gambar untuk memudahkan anda melihat cara mengaplikasikannya.

1. Koreksi Bentuk batang hidung pendek

Cara Koreksi batang hidung pendek

  • Persempit jarak alis dengan meninggikan bagian pangkal alis.
  • Aplikasikan shading atau bayangan warna coklat di sepanjang kiri dan kanan batang hidung.
  • Berikan highlight dengan warna terang di garis tengah tulang hidung.
  • Buat pangkal alis lebih tinggi agar hidung terlihat lebih panjang.

2. Koreksi Bentuk batang hidung panjang

Cara Koreksi batang hidung panjang

  • Jauhkan jarak alis dan perlembut bentuk pangkalnya mejadi lebih oval dan natural.
  • Buat shading pada tepi luar batang hidung, dan untuk jenis batang panjang, hindari bagian pangkal alis.
  • Berikan highlight sepanjang garis tengah tulang hidung serta pangkal alis.

3. Koreksi Bentuk batang hidung lebar

Cara Koreksi batang hidung lebar

  • Buatlah shading sepanjang kiri dan kanan batang hidung, hingga ke sekitar cuping hidung. Ini dilakukan untuk menghilangkan kesan lebar, dan memberikan kesan hidung lebih ramping.
  • Berikan highlight pada pangkal dan garis tengah tulang hidung.

4. Koreksi Bentuk batang hidung kecil

Cara Koreksi batang hidung kecil

  • Aplikasikan shading sepanjang tepi luar batang hidung hingga mencapai area di sekitar sudut dalam mata.
  • Berikan highlight sepanjang garis tengah tulang hidung, agar dapat memberikan kesan batang hidung terlihat lebih besar dan proporsional.

5. Koreksi Bentuk batang hidung bengkok atau asimetris

Cara Koreksi batang hidung bengkok asimetris

  • Buatlah shading sepanjang kiri dan kanan batang hidung, terutama di daerah atau di bagian hidung yang menonjol (miring), di sekitar cuping hidung, dan ujung hidung.
  • Berikan highlight pada daerah batang hidung serta di daerah bagian hidung yang rendah (yaitu bagian hidung yang cekung).

6. Bentuk cuping hidung besar

Cara Koreksi batang hidung cuping besar

  • Buatlah shading di sekitar cuping hidung serta di sepanjang kiri dan kanan batang hidung untuk memberikan kesan hidung lebih ramping dan proporsional dengan bentuk wajah anda.
  • Berikan highlight pada pangkal dan garis tengah tulang hidung.

Selesai sudah tips cara memakai make up dasar untuk tata rias wajah yang lebih sempurna di bagian hidung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

(Sumber Teknik Make-Up: Buku Beauty Exposed by Andiyanto)

Daftarkan Email Anda untuk Mendapatkan Artikel Terbaru Infodari ...

Tinggalkan pesan atau komentar anda

Your email address will not be published.

*



two + 4 =


%d bloggers like this: