Rupiah Mengalami Kenaikan dan Siap Menguat

Apa kabar rupiah hari ini? Bagaimana perkembangan nilai rupiah terbaru? Menurut analisa kurs rupiah dalam beberapa hari terakhir tampak menguat. Penguatan rupiah di pasar ini didasari oleh beberapa faktor. Dan kini tercatat bahwa rupiah mengalami kenaikan dan rupiah akan siap menguat.

Wacana the Fed menerapkan kebijakan moneter longgar quantitative easing yang ketiga, berpeluang memicu penguatan rupiah.

Dengan pernyataan dari The Fed tersebut, likuiditas di pasar keuangan membaik. Perlahan namun pasti, kekhawatiran para investor mulai mereda. Meski begitu, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar masih rentan terhadap gejolak dinamika perkonomian global.

“Untuk rupiah kali ini akan diperdagangkan di kisaran Rp8.500-Rp8.530 per USD,” ungkap analis valas Rully Nova kepada okezone, Jakarta, Kamis (11/8/2011).

Sentimen positif bukan saja datang dari kawasan negara Paman Sam saja, namun dari kawasan Eropa juga ada sentimen positif yaitu komitmen dari Bank central Eropa untuk menyerap Surat Utang Italia dan Spanyol sehingga imbal hasi kedua negara tersebut bisa meningkat dan menghindari terjadinya krisis utang sperti yang terjadi di Yunani.

Namun patut dicermati bahwa risiko ke depan masih ada. Dengan situasi perekonomian di AS dam Eropa yang belum stabil, perlambatan perekonomian di negara tersebut masih membayang. Meski demikian dampaknya tidak terlalu signifikan bagi Indonesia.

“Seperti contohnya saja dalam bidang ekspor. Dengan situasi perekonomian negara-negara tersebut tidak terlalu berpengaruh banyak, karena Indonesia lebih banyak melakukan ekspor intra regional yaitu dengan sesama negara Asia, seperti China,” pungkasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI), Rabu (10/8/2011) tercatat rupiah mengalami kenaikan 25 poin dari perdagangan kemarin yakni Rp8.555 per USD. Sementara, yahoofinance mencatat penguatan nilai rupiah terhadap dolar sekira 17,5 poin menjadi Rp8.542,5 per USD.

Berdasarkan faktor-faktor tersebut diatas, maka diperkirakan kurs rupiah akan mengalami kenaikan yang cukup berarti, meski pergerakan nilai tukar rupiah tidak terlalu besar. Dan dampak dari faktor-faktor tersebut, maka rupiah akan semakin menguat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: