Resep dan Cara Membuat Roti Sosis Lembut


Resep dan Cara Membuat Roti Sosis Lembut — Satu lagi resep menarik yang bisa anda coba adalah resep roti isi sosis yang lembut. Banyak yang mengatakan cukup sulit membuat roti dengan tekstur yang benar benar lembut, hal itu dikarenakan bahan yang digunakan mungkin kurang tepat atau metode proses membuat rotinya kurang tepat saat membuatnya. Padahal sebenarnya, membuat roti yang lembut dan halus itu mudah. Roti yang memiliki tekstur lembut, berserat halus dan wangi adalah hasil pembuatan roti yang dapat dikatakan berhasil. Bagaimana cara membuat adonan roti yang lembut dan bertekstur halus? Coba ikuti resep dan cara membuat roti sosis berikut ini.

Resep Membuat Roti dengan tekstur lembut.

Roti Isi Sosis

Bahan Membuat Adonan Roti:resep dan cara membuat roti lembut

500 g tepung terigu tinggi protein/hard wheat/cap cakra
100 gula pasir
10 g ragi instan/fermipan
100 g mentega/margarin
150 ml susu tawar cair
1 sdt bread improver/pengempuk roti/baker bonus
4 butir kuning
1 sdt garam halus

Olesan, aduk rata:

4 butir kuning telur
4 sdm susu tawar cair
2 sdt gula halus

Isian berupa sosis:

600 g sosis sapi, kerat, goreng. Tiriskan

Cara Membuat Roti isi sosis yang lembut:

1. Campur tepung terigu dengan ragi instan, gula pasir, bread improver, kuning telur dan garam di dalam mangkuk mixer roti/mangkuk adonan. Jalankan mixer kecepatan 1 selama 2 menit. Tuang  susu tawar cair. Jalankan 2 menit, hentikan pengadukan dan tambahkan margarin/mentega. Aduk kembali selama 10 menit atau hingga terbentuk adonan yang kalis dan elastis.
2. Bulatkan adonan, letakan di dalam tempat tertutup dan hangat. Fermentasikan/diamkan selama 50 menit atau hingga adonan mengembang dua kali lipat. Kempeskan adonan, bagi masing-masing adonan menjadi potongan seberat 30 g. Bulatkan dan diamkan selama 10 menit.
3. Giling adonan, hingga ketebalan 1 cm. Letakan satu buah sosis di tengahnya. Gulung dan padatkan.
4. Letakan adonan yang sudah dibentuk di atas loyang beroles margarin. Beri beberapa keratan dengan pisau tajam pada bagian atasnya. Fermentasikan kembali selama 45 menit. Olesi permukaanya dengan bahan olesan.
5. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 200 derajat celsius selama 25 menit atau hingga roti matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan.
Untuk 20 buah

Tips:
Step 1 (pengadukan dengan mixer roti) bisa diganti dengan cara mengaduk dengan tangan. Metodenya diuleni dan dibanting-banting hingga adonan kalis.

Nah, selamat mencoba dan membuat roti yang lezat.

(Sumber :  http://budiboga.blogspot.com)




Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


five − 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>