Resep Cara Membuat Martabak Manis Cokelat Kacang

resep martabak manisMartabak bisa anda temui di berbagai tempat di pinggir jalan maupun di toko khusus. Anda tentunya juga bisa membuat martabak sendiri di rumah. Bahan untuk membuat martabak manis mudah didapatkan. Cara membuat martabak manis pun cukup mudah. Ada berbagai macam martabak manis yang tersedia, ada martabak manis rasa cokelat kacang, martabak manis rasa keju, martabak bangka, martabak asin, martabak telur, martabak terang bulan dan aneka jenis martabak lainnya. Berikut infodari akan memberikan resep cara membuat martabak manis cokelat kacang.

Untuk membuat martabak telur atau martabak asin, anda diharuskan membuat kulitnya terlebih dahulu. Di artikel berikutnya nanti, infodari akan menuliskan secara khusus tentang bagaimana cara membuat kulit martabak. Jika di penjual martabak, biasanya anda melihat para pedagang atau pembuat martabak melempar-lempar kulit martabak untuk dijadikan satu olahan adonan kulit martabak yang tipis. Sekarang langsung saja kita lihat bagaimana cara membuat martabak manis rasa cokelat kacang berikut ini:

Bahan Martabak Manis Rasa Cokelat Kacang :

  • Tepung terigu protein sedang, 1500 gram
  • Gula pasir, 400 gram
  • Vanili, 1 sendok teh
  • Garam, secukupnya
  • Kuning telur, 6 butir
  • Air, 1950 ml
  • Soda kue, 1,5 sendok teh

Bahan Isi dan Olesan :

  • Gula pasir, 100 gram, untuk taburan
  • Kacang tanah sangrai, 100 gram, tumbuk kasar
  • Meses, 100 gram
  • Susu kental manis, 100 ml
  • Mentega/margarin, 100 gram

Cara membuat Martabak Manis Rasa Cokelat Kacang :

  1. Campur terigu, gula pasir, vanili dan garam, aduk rata. Buat lubang di bagian tengah tepung, tambahkan kuning telur dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan kental sekitar 10 menit. Diamkan adonan selama 1 – 3 jam.
  2. Larutkan soda kue dengan 2 sendok makan air dan masukkan ke dalam adonan martabak manis sesaat sebelum adonan dicetak. Panaskan cetakan martabak manis di atas api sedang, lap hingga bersih. Tuang adonan martabak manis secukupnya, ratakan adonan hingga tepi cetakan.
  3. Masak hingga serat atau lubangnya terbentuk hingga ke bagian tengah. Taburi gula pasir secukupnya, masak hingga gula mencair dan tepi kue kecokelatan.
  4. Taburkan bahan isi ( kacang dan meses ) sesuai selera.
  5. Tambahkan susu kental manis.
  6. Angkat dengan kape atau solet stainless stell dan letakkan di atas papan pemotong.
  7. Lipat membentuk setengah lingkaran, oles seluruh permukaannya dengan mentega/margarin hingga rata.
  8. Potong sesuai selera dan sajikan.

Untuk 8 loyang

Tips Martabak Manis Rasa Cokelat Kacang :

  • Adonan ini dapat dicetak bentuk mini seperti yang sedang tren saat ini. Gunakan saja cetakan kue dorayaki.
  • Saat meratakan adonan, jangan sampai irus atau alat yang digunakan menyentuh dasar loyang karena akan membuat kue berlubang.
  • Jika ingin kulit lebih gurih, anda bisa mengganti air dengan santan atau susu cair.

Anda bisa mengganti coklat dan kacang dengan keju, atau dengan isi lainnya yang anda sukai, sesuaikan dengan selera anda. Anda bisa membuat 1 resep penuh ataupun setengah resep tergantung keinginan dan kebutuhan anda tentunya. Berbagai resep mudah memasak praktis seperti resep cara membuat kue sus mini, membuat nugget ayam, cara memasak udang mayones, cara membuat burger sederhana, tips cara memasak kepiting , resep membuat puding coklat susu, dan beberapa aneka resep dan tips lainnya tentang masak memasak bisa anda dapatkan di artikel infodari. Selamat memasak!

http://resepmasakanindonesia.info/martabak-manis-cokelat-kacang/

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: