Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Aug 26, 2012 in Resep Masakan | 0 comments

Resep Ayam Goreng Kremes yang Enak, Gurih dan Renyah

Sudah pernah coba masak ayam goreng kremes sendiri? Resep masakan ayam goreng kremes sebenarnya sudah banyak, tapi ternyata agak sulit untuk membuat kremesnya seperti di ayam goreng Suharti. Diperlukan sedikit teknik cara membuat kremes yang enak, gurih dan renyah. Kalau teknik cara buat ayam gorengnya saja sih hampir seperti masak ayam goreng pada umumnya. 

Dari berbagai aneka jenis resep masak ayam, ayam goreng kremes ini adalah salah satu masakan ayam ayam goreng favorit saya. Bagi saya, untuk membuat rasa yang gurih tidak harus menggunakan bumbu penyedap. Dengan memaksimalkan penggunaan kaldu ayam asli dari rebusan ayam, komposisi gula dan garam (biasanya akan lebih banyak dari penggunaan gula dan garam dari biasanya). Itu sudah cukup memberikan rasa gurih alami dan tanpa MSG. Sehingga masakan yang anda buat akan lebih baik untuk kesehatan anda.

Berikut infodari akan berbagi resep dapur dan cara masak ayam goreng kremes:

Resep Ayam Goreng Kremes yang Enak, Gurih dan Renyah dan Cara membuatnya:

Enak atau tidaknya ayam kremes yang anda buat tidak terlepas dari komposisi bahan-bahan serta bumbu yang digunakan. Bahkan sebagian orang masih mengira membuat ayam kremes itu sulit. Kesulitan tersebut lebih pada saat membuat kremesan. Karena ternyata memang membutuhkan teknik tersendiri untuk cara membuat ayam goreng kremes. Yaitu dengan membuat ”bubur kanji atau bubur tepung tapioka” terlebih dahulu.

Bahan-bahan ayam goreng kremes:

1 ekor ayam, boleh utuh atau dipotong
3 daun jeruk
3 daun salam
Sepotong lengkuas

(Jika suka, boleh tambahkan santan kental untuk dicampurkan saat direbus)

Bumbu ayam goreng kremes yang dihaluskan :

resep masakan ayam goreng kremes6 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
1 sdt merica
1 ruas jari jahe
1 sdt jintan
1 ruas jari kunyit (optional)
2 sdm garam

Bahan Kremesan ayam goreng (aduk rata) :

125  gram tepung beras (aku sekitar 200gram – jadi adonannya mayan kentel gitu)
25    gram tepung sagu (atau gunakan tepung maizena)
1 kuning telur
1/4  sdt  kunyit bubuk (atau bisa gunakan kunyit asli 1 ruas jari)
175 ml air
75   ml air sisa rebusan ayam
1 1/2 sdt garam

Cara memasak Ayam Goreng Kremes:

1.    Cuci daging ayam yang masih utuh atau dipotong (menurut selera) hingga tidak ada sisa darah yang menempel di daging ,usahakan maras (jantung ayam) di buang agar ayam tidak cepat bau,

2.    Masukkan air dan bumbu yang sudah di haluskan ke dalam panci, (kalau saya biasanya saya biarkan dulu ayam dalam rendaman air bumbu sebelum direbus, selama kurang lebih 1 jam, dengan tujuan agar bumbu lebih meresap. Tutup rendaman ayam dengan plastik atau tutup panci.)

3.    Rebus Ayam kurang lebih 2,5 jam agar ayam lebih empuk dan bumbu lebih meresap ke dalam daging Ayam (tidak hanya asin luarnya saja).

4.    Setelah Ayam selesai di rebus tiriskan sebentar untuk mengeringkan badan ayam.

5.    Saring kuah atau kaldu ayam, buang ampasnya. Dinginkan kaldunya.

6.    Setelah kuah kaldu ayam dingin, siapkan adonan kremes. Caranya:

  •         Campur tepung tapioka dan telur  hingga merata
  •         Tambahkan sedikit air agar tidak terlalu pekat
  •         Masukkan adonan tepung tapioka  dengan perlahan-lahan ditambah kaldu ayam
  •         Aduk hingga adonan menjadi seperti bubur (jangan sampai terlalu pekat/encer)

7.    Panaskan minyak secukupnya. Masukkan ayam ke dalam wajan, goreng hingga sedikit menguning. Kemudian masukkan bubur tepung tapioca (kanji) dengan sendok di atas ayam yang sedang digoreng (ayam jangan terlalu kering, agar bubur tapioka lebih lekat dengan ayam). Balik secara bergantian. Jika sudah kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

8.    Saring minyak bekas menggoreng ayam, lalu di panaskan lagi. Goreng sisa bubur tepung (untuk membuat kremesan) dengan cara sendokkan sedikit demi sedikit di atas api kecil. Setelah kecoklatan, angkat dan tiriskan. (Saya biasanya menggunakan saringan untuk menggoreng kremesan. Dengan api kecil, saya letakkan adonan kremes dalam saringan, kemudian biarkan adonan jatuh langsung dari saringan ke dalam penggorengan. Maka akan dihasilkan kremes yang yang lebih halus.)

9.    Ayam goreng Kremes siap di sajikan

Selain Resep Ayam Masak Merah, nugget ayam, resep ini juga bisa jadi variasi menu masakan ayam untuk keluarga di rumah. Untuk anda yang belum pernah membuatnya, anda boleh coba Resep Ayam Goreng Kremes dibuat di dapur kesayangan anda. Jangan takut gagal, karena pembuatannya cukup mudah kok. Selamat memasak ya!

(Sumber: Kombinasi resep dan cara membuat dari : Sumber: http://mamieksyamil.multiply.com/recipes/item/64/Ayam_Goreng_Kremes, http://bisnisukm.com/tips-membuat-ayam-goreng-kremes.html),
http://wisataseru.com/2011/11/resep-ayam-goreng-kremes-harum-kelapa/)

Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four − 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>