Prinsip 4R Dukung Kebersihan Lingkungan Hidup

Kebersihan Lingkungan Hidup semakin hari semakin terancam seiring dengan perkembangan teknologi dan jaman. Siklus ekologis dari hari ke hari semakin berkembang dengan resiko polusi dan limbah yang juga semakin meningkat. Produksi Bersih (Clean Production) kemudian diterapkan sebagai prinsip dasar untuk merancang ulang industri yang dapat mengurangi produk-produk sampingan yang berbahaya, mengurangi polusi dan limbah, serta  menciptakan produk-produk yang lebih aman bagi lingkungan hidup dan aman dalam siklus ekologis yang berjalan.

Kebersihan Lingkungan Hidup didukung Oleh Prinsip Produksi Bersih yang terdiri dari 4R, yaitu:

kebersihan lingkungan hidup selamatkan bumi
Image courtesy by SOMMAI | freedigitalphotos.net
  • REDUCE

Meminimalisasi barang atau material yang digunakan selama proses produksi berlangsung. Karena semakin banyak material yang digunakan, maka semakin memperbanyak sampah yang dihasilkan.

  • REUSE

Pemilihan barang atau material yang dapat digunakan kembali. Menghindari pemakian bahan yang disposable, sekali pakai atau sekali buang. Hal ini baik dilakukan agar kecepatan penumpukan sampah semakin berkurang.

  • RECYCLE

Barang-barang yang sudah atau bekas dipakai hendaknya bisa didaur ulang. Meski tidak semua bahan bekas pakai dapat di daur ulang, namun usahakan proses ini digunakan. Sekarang sudah banyak industri kecil maupun besar, yang mengolah dan memanfaatkan sampah untuk dijadikan produk baru.

  • REPLACE

Periksa kembali barang-barang yang digunakan sehari-hari. Cobalah untuk menggunakan barang-barang yang tahan lebih lama ketimbang bahan-bahan yang hanya bisa dipakai dalam sekali saja.Pilih barang-barang yang juga lebih ramah lingkungan. Mengganti kantong keresek belanja dengan keranjang belanja adalah pilihan yang tepat. Jangan juga menggunakan Styrofoam. Plastik dan Styrofoam merupakan bahan yang tidak dapat didegradasi secara alami.

Inti dari prinsip 4R ini dilakukan adalah agar kita dapat benar-benar melindungi kebersihan lingkungan hidup kita dari cepatnya pertumbuhan sampah yang dapat berbahaya bagi udara dan kehidupan makhluk hidup di bumi, termasuk kita sebagai manusia. Ramah lingkungan dan go green kini semakin digalakkan, baik di Indonesia maupun di dunia internasional untuk menyelamatkan bumi dari berbagai resiko kehancuran yang disebabkan oleh perilaku manusia yang hidup di bumi.

So, Let’s Save Our World, the Future are in Our Hand!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: