Pilih Binatang Peliharaan Jadi Sahabat di Rumah, Anjing atau Kucing ya?

Jika anda berencana untuk memiliki pet atau binatang peliharaan, untuk dijadikan binatang kesayangan, maka anda harus pilih-pilih dengan seksama. Selain penampilan fisik, juga perhatikan kesehatannya. Seekor hewan peliharaan dapat menjadi teman dan sahabat yang baik di rumah disaat anda sedang dalam suasana hati seperti apapun. Infodari punya sedikit bocoran tentang binatang piaraan anjing dan kucing untuk dijadikan referensi dalam memilih.

Hingga hari ini, berbagai jenis anjing dan kucing masih menjadi binatang peliharaan favorit, bagi kebanyakan orang di berbagai umur, dari anak-anak hingga dewasa. Seperti layaknya teman, mereka juga butuh kasih sayang, perawatan, dan perhatian. Jika ada anak-anak di rumah, pastikan memilih hewan peliharaan yang juga dapat bersahabat dengan mereka.

Beberapa Pilihan Binatang Peliharaan Anjing dan Kucing Yang Paling Banyak Diminati untuk Hewan Piaraan:

Jenis-jenis Anjing yang Banyak Diminati

1. Chihuahua

binatang peliharaan anjing lucu chihuahua
Image courtesy of Stuart Miles / FreeDigitalPhotos.net

Jenis anjing Chihuahua ini bertubuh mini. Mereka dikenal dengan memiliki daun telinga yang besar dan keduanya selalu berdiri. Anjing ini berasal dari Meksiko. Chihuahua memiliki kedua mata yang besar. Anda dapat memilih jenis bulu mereka yang anda sukai, ada yang berbulu pendek, ada juga yang berbulu panjang. Pilihan warnanya pun beragam, ada yang hitam, abu-abu, krem, coklat hingga biru tua. Anjing Chihuahua ini terkenal sebagai jenis anjing cerdas, aktif, pandai dan setia pada pemiliknya.  Itulah yang menjadi salah satu penyebab, mengapa mereka banyak dipilih untuk dijadikan hewan sebagai sahabat di rumah. Mereka dapat hidup selama 15 tahun, jika anda dapat merawatnya dengan baik dengan penuh kasih sayang. Suka dengan anjing yang satu ini? Tunggu dulu, masih banyak pilihan hewan peliharaan anjing lucu lainnya.

2. Yorkshire Terrier

binatang peliharaan anjing Yorkshire Terrier piaraan lucu
Image courtesy of SOMMAI / FreeDigitalPhotos.net

Anjing jenis Yorkshire Terrier ini memiliki bulunya yang sangat panjang dan sangat halus selembut sutra. Tubuhnya kecil mungil. Anjing ini berasal dari Inggris, dan mereka dijuluki sebagai fashion untuk banyak kaum wanita. Wajahnya mirip dengan boneka. Kehangatan yang diberikan kepada pemiliknya merupakan salah satu kepribadiannya yang cukup memberikan kenyamanan bagi sang majikan. Anjing ini sangat friendly untuk diajak jalan-jalan. Karena julukannya sebagai fashion dog, maka anjing ini dapat menarik perhatian orang lain karena mereka sungguh lucu dan menggemaskan.

3. Shih Tzu

binatang peliharaan anjing lucu Shih Tzu
Image courtesy of SOMMAI / FreeDigitalPhotos.net

Shih Tzu memiliki bulu yang tebal dan panjang. Bentuk wajah mereka bulat, kedua matanya bulat dan besar. Anjing jeni Shih Tzu ini berasal dari Cina dan baru mendapat ijin diperdagangkan di tahun 1930. Anjing ini memiliki poni panjang. Anjing ini juga merupakan anjing stylish. Mereka dapat diikutsertakan kedalam kompetisi anjing yang anggun dan glamour. Namun mereka punya sifat lebih sensitif daripada anjing piaraan lainnya. Mereka membutuhkan beberapa tetes obat mata untuk perawatannya. Dan sebaiknya, konsultasikan hal ini terlebih kepada dokter hewan.

4. Miniature Schanauzer

Binatang Piaraan Anjing lucu Miniature Schanauzer
Image courtesy of Escher / www.flickr.com

Anjing jenis Miniature Schnauzer ini memiliki wajah lonjong dan bagian jenggot, kumis, serta bagian alis mata yang memiliki bulu lebat dan panjang. Ini merupakan keunikan tersendiri bagi jenis anjing piaraan lainnya. Anda dapat memilih warna bulunya, ada hitam, cokelat, hingga putih. Mereka membutuhkan perawatan ekstra pada bulunya yang tebal. Jaga agar bulu-bulu tebal mereka tidak kusut, kering, bau, atau menjadi banyak kutu.  Selain sebagai hewan jadi sahabat di rumah, anjing jenis Miniature Schanauzer ini dapat penjaga rumah yang dapat diandalkan.

Jenis-jenis Kucing  yang Banyak Diminati

1. Persia

Binatang Piaraan Kucing Persia
Image courtesy of LordStarscream89 / deviantart.com

Kucing Persia masih menjadi pilihan nomor satu di dunia. Bulunya sangat indah dengan berbagai macam pilihan motif dan warna. Wajahnya sangat kecil, imut, dan menggemaskan, inilah yang menjadi keunggulan jenis kucing Persia. Mereka memiliki kepribadian yang sangat bersahabat, ramah, sopan dan rendah hati. Siapkan sikat khusus untuk menyisir bulu mereka setiap harinya, untuk tetap menjaga keindahan bulu-bulu mereka.

2. British Shorthair

Kucing Piaraan British Shorthair
Image courtesy of SKY / flickr.com

Kucing jenis British Shorthair ini juga tak kalah menggemaskan. Mereka seperti teddy bear. Kucing ini berasal dari daratan Inggri, dan raut wajahnya menyerupai Winston Churchill. Mereka memiliki empat kaki yang pendek, untuk menyangga tubuhnya yang super bulat. Warna bulu British Shorthair ini kebiruan, dan karena itulah mereka sering dijadikan sebagai sahabat, penghibur hati yang lara, dan teman setia para majikannya.

3. Exotic Shorthair

Hewan Piaraan Kucing Brown Exotic Shorthair Kitten
Image courtesy of commons.wikimedia.org

Exotic Shorthair merupakan jenis kucing perpaduan antara kucing Persia dengan kucing berbulu pendek lainnya. Kucing jenis ini memiliki kemiripan raut dan bentuk wajah seperti Persia. Hanya saja, mereka memiliki bulu yang pendek, sehingga lebih mudah dalam perawatannya. Mereka memiliki sifat lembut, pendiam, namun dapat memberikan kehangatan bagi tuannya.

Sebelum memilih dan memutuskan hewan piaraan, sebaiknya anda tentukan usia hewan yang masih muda, atau masih kecil. Paling tidak, ambil anjing atau kucing yang anda sukai saat usia mereka tidak tidak lebih dari 2 bulan. Biasanya, anjing atau kucing dapat lepas dari induknya setelah berusia 2 bulan. Kedekatan anda dapat dibangun jika dimulai sejak mereka masih sangat muda, dan biasanya hubungan batin pun akan lebih erat nantinya.

Lakukan perawatan dengan sepenuh hati, karena biasanya mereka dapat merasakan perhatian anda sebagai bentuk kasih sayang kepada mereka. Ajarkan kepada mereka tentang hal-hal yang baik, seperti misalnya mengajarkan untuk membuang kotoran pada tempatnya. Biarkan merasa nyaman berdekatan dan tinggal di rumah anda, jangan biarkan mereka tinggal terlalu lama dalam kurungan atau kandang. Ini akan membuat mereka merasa terisolir dan kurang mendapatkan kasih sayang.

Perhatikan juga makanan bergizi untuk mereka dapatkan sebagai penunjang kesehatannya. Pilih makanan yang mengandung protein serta nutrisi yang lebih baik. Anda boleh pilih makanan hewan peliharaan siap saji yang banyak terjual di supermarket, ini akan mempersingkat waktu anda untuk memberi makan kepada mereka. Perhatikan tanggal kadaluarsanya.

Pastikan mereka dalam keadaan sehat, terawat, tidak kurang perhatian dari anda. Jangan biarkan mereka merasa mudah stress saat menemani keseharian anda di rumah. Dengan begitu anda dapat membuat mereka nyaman, tidak mudah stress, dan tidak mudah terserang penyakit. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Jika mereka selalu dalam keadaan sehat, riang dan bahagia, maka mereka pun dapat menghibur anda sepanjang waktu.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: