Pilih 10 Anjing Paling Cerdas untuk Peliharaan Anda

Berbagai jenis anjing di dunia punya karakter yang berbeda-beda. Ada 10 jenis anjing paling cerdas di dunia yang bisa menjadi anjing andalan dalam keluarga anda. Sebelum anda memutuskan untuk memelihara anjing apa dalam rumah anda, ada baiknya anda lihat daftar 10 anjing paling cerdas dibawah ini, agar anda bisa mengenali sifat masing-masing jenis anjing tersebut. Jadi nanti anda akan bisa putuskan, pilih dari daftar 10 anjing paling cerdas untuk peliharaan anda.

1. Border Collie

Jika anda jarang tinggal di rumah, jangan pilih anjing jenis Border Collie ini. Collie adalah anjing yang aktif dan tak mau tinggal diam, ia tak ingin menganggur. Bila ia menganggur, itu akan membuatnya tak bahagia. Anjing jenis Collie ini juga sangat cerdas. Kompetisi yang sering diikuti jenis anjing ini adalah tes kecepatan, obedience, dan menggiring domba. Pilihlah jenis anjing ini untuk anda yang sering tinggal di rumah, karena ia selalu butuh pendamping untuk mendapatkan pujian dan memberikan ia latihan.

2. Poodle

Anda tentu lebih sering melihat jenis anjing ini baik di kehidupan nyata atau di film. Kecerdasannya membuat sang pemilik mudah melatihnya. Anjing jenis Poodle ini pun tak menyukai kesendirian. Penampilannya memang menggemaskan, bahkan tak jarang jenis anjing ini sering mondar mandir di bawa salon oleh sang pemilik. Namun ternyata anjing ini juga digunakan sebagai anjing pemburu bagi kalangan tertentu.

3. German Shepherd

Anjing jenis German Shepherd dikenal sangat protektif dan berani. Anjing ini pun bisa menjadi teman anak-anak dalam keluarga bila ia dilatih sejak kecil. Kecerdasan jenis anjing Shepherd ini membuatnya sering dijadikan anjing polisi untuk membantu pekerjaan polisi.

4. Golden Retriever

Jika dulu kita pernah mendengar handphone nokia 5110 adalah handphone sejuta umat, maka di spesies anjing pun ada istilah jenis anjing sejuta umat. Jenis Golden Retriever ini banyak dijadikan sebagai anjing keluarga. Sifat anjing ini lebih setia, penyayang dan bisa menemani bermain anak-anak. Ia punya sifat ceria dan senang menghibur orang. Kecerdasannya sering diadukan dalam obedience competition dan bermain trik.

5. Doberman Pinscher

Anjing jenis Doberman dikenal sebagai anjing yang galak. Namun dibalik kegalakannya, ia adalah anjing yang setia. Ia lebih mudah dikontrol. Karena kecerdasannya, anjing ini sering digunakan untuk membantu terapi kesehatan di rumah sakit. Jenis anjing ini pun punya sifat protektif kepada sang tuan, hingga ia adalah anjing keluarga yang bisa diandalkan untuk melindungi keluarga.

6. Shetland Sheepdog

Mungkin anda sering melihat jenis anjing Shetland Sheepdog ini di sebuah film lawas yang dibintangi oleh jenis anjing ini. Ia dikenal dengan nama “Lessie”. Anjing ini sangat cerdas, dan kemampuannya dikatakan hampir seperti manusia. Ia pun punya tingkat konsentrasi tinggi. Anjing jenis ini pun sangat setia kepada pemiliknya, ia punya sifat lembut dan berhati-hati pada orang asing bagi dirinya. Maka tak heran jika banyak yang memelihara anjing ini dalam keluarganya.

7. Labrador Retriever

Karena sifatnya yang penyayang, lembut, dan penyabar, maka jenis anjing Labrador Retriever ini banyak disukai oleh banyak orang dan keluarga. Anjing jenis ini termasuk anjing yang paling populer di dunia karena keramahannya. Ia pun bisa menjadi teman yang baik dengan anak-anak. Sifatnya pun ramah terhadap anjing lain.

8. The Papilon

Melihat dari penampilannya, anjing jenis The Papilon ini sama sekali tidak menakutkan. Namun kenyataannya, anjing ini adalah anjing yang cukup tangguh, karena sifatnya yang agresif dan lebih posesif dibanding jenis anjing cerdas lainnya. Ia pun sifat moody.  Jadi salah jika dikatkan anjing ini merupakan anjing paling lembut. Kecerdasannya membuat dirinya lebih mudah untuk di latih. Sifat yang dimiliki anjing jenis ini membuatnya punya perilaku khusus kepada tuan dan keluarganya.

9. Rottweiler

Meski anjing ini bisa dijadikan anjing keluarga yang baik, namun penampilannya punya reputasi yang galak dan menakutkan. Bukan cuma  cerdas, anjing ini punya sifat pemberani dan protektif. Maka tak heran jika anjing jenis Rottweiler ini merupakan salah satu anjing penjaga terbaik bagi tuannya. Anjing ini pun sering dijadikan anjing polisi dan anjing khusus oleh suatu pihak tertentu.

10. Australian Cattle Dog

Jenis anjing Australian Cattle dog ini memerlukan latihan khusus dan intensif. Anjing ini terkenal sangat aktif dan mampu mandiri, tak selalu harus ditemani oleh majikan atau tuannya. Pola pikir anjing ini cukup baik hingga ia dikatakan sebagai anjing yang kreatif. Selain cerdas, anjing jenis ini pun dikategorikan sebagai anjing yang protektif kepada tuannya, dan apapun yang menjadi miliknya atau apapun yang menjadi bagian dari dirinya, termasuk keluarga yang memeliharanya.

Itulah daftar 10 anjing paling cerdas yang ada di muka bumi ini. Selain terkenal sebagai anjing tercerdas dan terpintar, ke sepuluh anjing ini merupakan anjing yang bisa diandalkan. Penampilannya yang galak atau lucu sekalipun, membuat 10 jenis anjing paling cerdas ini banyak dimiliki oleh keluarga. Baca artikel unik menarik lainnya tentang : 10 Kelas Kuliah Paling Seru di Amerika Serikat,  dan Mengapa Pria Beristri Punya Daya Tarik Lebih Bagi Wanita Lajang?

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: