Persiapan Sebelum Menikah, Baca Tips Penting Ini!

Persiapan sebelum menikah bukan hanya urusan pesta atau biaya. Kesiapan anda untuk memasuki jenjang pernikahan perlu benar-benar matang. Ada beberapa hal baru yang mungkin ketika menikah nanti baru anda ketahui dan rasakan. Perubahan dan penyesuaian kebiasaan dengan pasangan tentu harus anda lalui. Agar hal-hal baru tersebut bisa anda lewati dengan baik, cobalah untuk mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

Hal-hal persiapan sebelum menikah
Image courtesy by imagerymajestic | freedigitalphotos.net

Ketahui Hal-Hal Berikut sebagai Persiapan Sebelum Menikah:

1. Anda memutuskan untuk menikahinya karena anda benar-benar mencintainya. Fokuslah kepada tujuan pernikahan, bukan kepada pesta meriahnya.

2. Anda dapat menerima segala kekurangannya. Saat menikah nanti, anda akan mengetahui lebih banyak lagi tentang kekurangan dan kelebihannya.

3. Ketahui kondisi keuangannya bukan dari orang lain, melainkan dari dirinya langsung. Jangan jadikan kondisi keuangan sebagai pembuat rentang jarak hubungan anda. Apapun kondisinya, anda diharapkan telah siap menerima. Bijaksana tentang uang dapat anda terapkan dari sekarang.

4. Perselisihan atau pertengkaran bisa saja terjadi lebih hebat saat menikah nanti. Coba anda pelajari, apakah anda pernah berselisih dan anda bisa menyelesaikan atau berbaikan kembali dengan cara bijaksana.

5. Anda sebagai ibu rumah tangga nantinya, diharapkan sudah mampuĀ  dipercaya untuk mengelola dan mengatur keuangan rumah tangga dengan baik. Ini merupakan salah satu persiapan sebelum menikah yang baik untuk dipelajari. Cobalah untuk belajar dan mempersiapkan hal ini dari sebelum menikah.

6. Pernah atau seberapa seringkah calon pasangan hidup anda menyebutkan kesalahan-kesalahan sang mantan di masa lalu. Cobalah untuk mengambil pelajaran dari hal-hal tersebut. Jadikan bahan pertimbangan baik atau tidaknya apa yang dia atau mantannya lakukan.

7. Sudahkah anda membuat kesepakatan akan tinggal di mana setelah anda berumah tangga nanti, seperti apa, bagaimana dan dimana rumah yang cocok untuk anda berdua dengan berbagai pertimbangan. Jangan sampai hal ini nanti menjadi salah satu pemicu pertengkaran.

8. Buat kesepakatan tentang memiliki anak. Hal ini bisa dibicarakan sejak awal sebelum pernikahan anda.

9. Bicarakan di awal bagaimana tentang rencana kepemilikan rumah. Jika anda punya rencana kredit rumah, rencanakan dari awal bagaimana cara mencicilnya. Sepakati tentang bagaimana pembiayaan rencana kredit tersebut.

10. Jika pada saat pacaran anda lebih sering makan di cafe atau restoran. Maka setelah menikah nanti dipastikan akan lebih banyak makan di rumah. Belajar masak sedikit demi sedikit sejak sebelum menikah tidak ada salahnya. Mulailah dengan belajak memasak masakan-masakan sederhana dan praktis.

11. Setelah menikah, tidak selamanya anda ditemani oleh suami, walaupun kenyataannya anda telah hidup berdua. Jangan hilangkan sikap mandiri anda, karena suami tidak bisa selalu menemani anda setiap saat. Cobalah untuk meminimalisir ketergantungan anda kepada suami.

12. Pastikan cara memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil di rumah anda berdua sudah bisa mengatasinya. Seperti misalnya cara mengganti bohlam dan hal kecil lainnya.

13. Bicarakan dari awal tentang karier anda. Bagaimana rencana 5-10 mendatang, bahkan ke tahun-tahun lebih jauh. Pastikan anda berdua sudah mengetahui keinginan masing-masing agar dapat ditemukan keselarasan antara kedua belah pihak nantinya.

14. Menjadi diri anda sendiri saat menikah adalah penting, namun pahamilah kodrat masing-masing, agar keduanya bisa saling paham posisi nantinya.

15. Rasa kesepian anda nanti saat sering ditinggal suami mungkin bisa saja muncul. Dan cara mengusir kesepian saat masih lajang tentulah akan sedikit berbeda nanti pada saat anda sudah berkeluarga. Cobalah pahami hal ini sejak awal, agar anda tak salah bersikap untuk menjaga rumah tangga anda.

Setelah perkawinan, segala atribut yang ada dalam perkawinan akan langsung menempel pada anda dan pasangan anda. Cobalah untuk memahami beberapa hal Persiapan Sebelum Menikah diatas agar anda dan pasangan siap mengarungi hidup baru berdua. Setelah perkawinan, segala atribut yang ada dalam perkawinan akan langsung menempel pada anda dan pasangan anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: