Perbedaan LCD dan LED TV, Pilih yang Mana?

Bingung memilih harus beli yang mana, apa perbedaan LCD dan LED TV, juga dengan plasma TV? Kesemuanya menawarkan banyak fitur menarik dan semakin canggih seiring kemajuan teknologi dunia saat ini. Sudah tahukah anda apa dan bagaimana, serta perbedaan TV tersebut satu sama lainnya.

Berikut akan kita perhatikan sedikit tentang perbedaan antara LCD LED dan PLASMA. Plasma TV hadir lebih awal daripada LCD TV dan LED TV yang ditemukan sejak awal tahun 1900-an. Perkembangan teknologi terus berkembang pesat, disertai dengan berbagai macam fitur yang semakin canggih dari waktu ke waktu. Fitur 3 Dimensi (3D), hingga keperluan penjelajahan internet melengkapi fitur TV jaman sekarang. Terakhir, Infodari melihat bahwa kini sudah ada TV yang bisa dikontrol hanya dengan mengibaskan tangan dari kejauhan.

teknologi plasma tv
PLASMA TV – Image source: alaTest Blog | alatest.com
Teknologi televisi LCD TV
LCD TV – Image source: www.televisions.com
Teknologi televisi LED TV 1
LED TV – Image source: asia.cnet.com

Apa Perbedaan LCD dan LED TV dilihat dari Sisi Kelebihan dan Kekurangannya?

  • Dari sisi Layar dan Gambar

Sekarang mari kita lihat perbedaan LCD dan LED TV dari sisi display/ layar dan gambar. Secara teknis, sebenarnya LED TV juga merupakan LCD TV, karena layar yang digunakannya adalah layar LCD, atau Liquid Crystal Display. Hanya saja, terdapat perbedaan dari segi penyinarannya. LCD TV menggunakan flourescent (neon), sedangkan LED TV menggunakan Light-Emitting Diodes (LED).

Meski LCD dan LED menggunakan layar yang sama, tapi LED TV umumnya menghasilkan warna hitam, akurasi warna, serta kontras yang lebih bagus dari LCD TV. Pusat pengaturan multimedia atau display pada perangkat TVnya lebih canggih LCD TV dan LED TV.

  • Dari Sisi Energi yang Digunakan

LED lebih hemat energi dibanding LCD, karena LED lebih sedikit menggunakan lampu untuk menampilkan gambar. Kualitas gambar yang dihadirkan LED dihasilkan dengan menggunakan energi yang lebih kecil dibandingkan LCD TV.

  • Dari Sisi Harga

LED TV lebih mahal daripada LCD TV. Hingga saat ini LED semakin banyak diminati.

  • Dari Sisi Ukuran

Teknologi Plasma TV menghasilkan warna hitam lebih baik daripada LCD dengan gambar yang lebih tajam, juga dengan sudut pandang yang lebih lebar. Ukurannya mulai dari dari 42 inci sampai 65 inci. Sedangkan LCD TV dan LED TV hadir dengan ukuran hingga 90 inci.

Komponen dalam LED TV bisa dipasang pada tempat yang lebih kecil dibandingkan lampu Neon yang digunakan pada LCD TV. Selain lebih hemat energi, LED TV juga tampil lebih tipis daripada LCD TV.

  • Dari Sisi Hiburan

LCD TV direkomendasikan untuk anda yang ingin menggunakan perangkat TV untuk berbagai keperluan entertainment atau hiburan. Juga untuk anda para gamers yang ingin menggunakan konsol game pada televisi yang digunakan, pilih LCD TV, karena resiko burn-in atau hadirnya efek bayangan di layar lebih kecil dibanding dengan plasma TV.

Fitur-fitur televisi unggulan dapat bekerja maksimal di ukuran layar lebar, seperti smart TV atau 3 Dimensi. Seberapapun ukuran TV yang dipilih, perhatikan jarak ideal mata dan layar televisi saat digunakan. Jarak idealnya adalah 5 kali ukuran diagonal layar TV ke mata.

Jangan tergiur dengan fakta spesifikasi yang tertera pada casing box (fact sheet). Fact sheet yang benar-benar sesuai spesifikasi biasanya hanya di bagian inputs dan weight/dimensions. Fact sheet ini dibuat untuk mengangkat minat pembeli seri mahal. Gunakan fact sheet ini untuk membandingkan fitur televisi yang membedakan antara televisi yang satu dengan yang lain. Apakah sudah menggunakan fitur smart TV, atau sudah termasuk kacamata 3D atau belum. Ada pula televisi yang sudah menggunakan fitur 3D, namun tetap dapat menampilkan konten 2D. Kebanyakan orang jarang menggunakan fitur 3D pada televisinya, karena dianggap tidak terlalu penting.

Apa itu Fitur Smart TV?

Smart TV mendukung kegiatan anda berselancar di dunia maya dengan menggunakan koneksi internet. Biasanya, televisi yang sudah menggunakan Smart TV itu dapat diinstall berbagai aplikasi, seperti sebuah komputer. Streaming player, laporan cuaca, juga berbagai aplikasi lainnya dapat dipasang pada perangkat televisi smart TV.

Referensi: Tabloid Nova No. 1303/XXV

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: