Perbedaan Hosting Indonesia, Hosting Singapura, dan hosting US

Begitu banyaknya layanan hosting yang tersedia sekarang, baik hosting lokal dan hosting internasional, membuat kita bingung menentukan atau memilih hosting mana yang akan kita ambil. Pertanyaan yang sering diajukan sebelum membeli hosting adalah, apa perbedaan web hosting Indonesia, Singapura, dan US? Bagaimana cara memilih hosting yang bagus? Untuk itu Infodari kali ini akan membahas tentang apa saja perbedaan hosting server Indonesia, server hosting Singapura, dan server hosting US. Ada juga beberapa tempat web hosting di Indonesia yang menawarkan hosting gratis domain.

Sebelumnya, anda mengetahui terlebih dahulu apa itu hosting. Berikut yang Infodari kutip dari wikipedia.org tentang webhosting:

Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.

Pada dasarnya sebuah server webhosting menggunakan adalah sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta disarankan harus mampu untuk online 24 jam setiap hari dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa.

____________________________

Menjawab pertanyaan dari seorang sobat Infodari yang telah menulis komentar beberapa waktu lalu, yang menayakan tentang apa perbedaan hosting Indonesia, Singapura dan hosting US. Saya akan menjawabnya di artikel ini. Nanti akan kita bahas juga  bagaimana cara memilih hosting yang bagus?. Masing-masing hosting server Indonesia, Singapura, dan US punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Ketiga server hosting server hosting Indonesia, Singapura dan US adalah server hosting yang paling banyak digunakan oleh para webmaster.

Apa perbedaan serta kelebihan dan kekurangan dari server hosting Indonesia, Singapura dan US?

Perbedaan Server Hosting Indonesia (IIX Server Hosting Singapore (SGP) Server Hosting US
Kecepatan akses – sangat cepat diakses dari dalam negeri (routingnya lebih pendek). Dan relatif lambat jika diakses dari luar negeri. – lebih cepat diakses dari pada server hosting US jika diakses dari Indonesia. – lebih lambat aksesnya dari IIXdan SGP jika di akses dari Indonesia.
WebMail Server – rata-rata memiliki bandwidth internasional yang lebih kecil, sehingga untuk urusan terima dan kirim email ke arah mail server luar negeri relatif lebih lambat. – lebih lancar dari IIX. – lebih lancar dan cepat karena routing ke mail server besar seperti Yahoo, Hotmail, Gmail dan lainnya cukup pendek.
Web Crawler – web hosting IIX tidak terpengaruh oleh kondisi konektivitas internasional dari ISP yang digunakan oleh pelanggan. – lebih lancar dari server US jika digunakan di Indonesia, namun akan lebih lambat jika dibandingkan dengan server IIX. – Lebih mudah diakses oleh website crawler besar seperti Google, Yahoo, MSN, Bing, dan lainnya di luar negeri. Hal ini lebih sering dimanfaatkan oleh para SEO-er.
Target Market / Visitor / Pengunjung / Search Engine yang diharapkan Server Hosting Indonesia (IIX Server Hosting Singapore (SGP) Server Hosting US
Lebih banyak Pengunjung dari Lokal / Indonesia Sangat cocok Cukup Kurang cocok
50% Pengunjung Indonesia – 50% Luar Negeri Kurang cocok Cukup Cocok
Pengunjung Lebih banyak dari Luar Negeri Cocok Cukup Sangat cocok
Website / domain yang ingin didaftarkan ke search engine besar.(Keperluan SEO) Kurang cocok Cukup Sangat cocok

Dan sebagai tambahan informasi bahwa Web Hosting IIX ( Indonesia ) tidak terpengaruh oleh kondisi konektivitas internasional dari ISP Indonesia yang digunakan pelanggan. Rata-rata hosting di Indonesia dapat mengijinkan para pelanggannya untuk berpindah server jika sewaktu-waktu berubah pikiran.

Atau jika ingin melihat perbedaan secara singkat antara server hosting Indonesia, Singapura, dan US adalah:

* Indonesia = diakses dr Indonesia paling cepat, diakses dari Luar negeri relatif lambat.
* USA = diakses dari luar negeri khususnya USA paling cepat, diakses dari Indonesia relatif lambat.
* Singapore = diakses dari Indonesia lumayan cepat, diakses dari USA dan negara lainnya juga lumayan cepat.

Untuk keperluan membangun sebuah website atau blog, ada beberapa bahasan di artikel infodari tentang Cari Ide Nama Domain dengan Domain Generator Tool, Daftar Situs Tempat Blogging Gratis, 10 Situs Blogging Gratis Terbaik,

Nah, itulah kiranya garis besar perbedaan server hosting Indonesia (IIX), server hosting Singapura, dan server hosting US. Dan lebih cocok yang manakah server hosting yang digunakan menurut target market anda yang harapkan, lebih banyak pengunjung dari Indonesia sendiri, lebih banyak pengunjung dari luar negeri, atau pengunjung website anda ingin ramai pengunjung dari dalam negeri maupun luar negeri. Pilih tempat hosting yang paling cocok dengan kebutuhan anda. Infodari pun menunggu saran dan masukan dari anda para sobat Infodari, jika ada kekurangan atau tambahan informasi yang ingin disampaikan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat ya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: