Pentingnya Sarapan Pagi Sehat untuk Menjaga Stamina Seharian

Salah satu kebiasaan buruk bagi anda yang memiliki kegiatan padat setiap harinya, adalah sering melewatkan sarapan pagi. Padahal betapa pentingnya sarapan sehat untuk tetap menjaga stamina anda agar tetap prima seharian.  Namun kebanyakan orang, sepertinya tidak sarapan pagi adalah hal biasa. Namun tahukah anda betapa pentingnya sarapan pagi sehat itu. Banyak manfaat sarapan di pagi hari yang sering tidak disadari.

Seberapa pentingkah sarapan pagi yang baik untuk kesehatan dan kebugaran anda? Sekarang coba kita lihat :

Manfaat sarapan pagi untuk tubuh anda.

1. Sarapan pagi mengurangi resiko penyakit.

Makan atau sarapan menu sehat di pagi hari akan membantu anda untuk menurunkan berat badan, resiko diabetes, maag, kolesterol, penyakit jantung dan stroke. Menu sarapan sehat adalah menul yang mengandung cukup serat dan protein, vitamin dan mineral yang seimbang.

Jangan berpikiran bahwa menu sarapan akan membuat anda gemuk. Harvard men’s health menyatakan bahwa mereka yang tidak sarapan pagi, memiliki resiko kegemukan atau obesitas 4x lipat ketimbang mereka yang sarapan pagi dengan menu yang kurang tepat.

2. Sarapan sehat monsumsi sarapan berserat tinggi.

Konsumsi sarapan berserat tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan, bahkan dapat menurunkan resiko berbagai penyakit termasuk polip usus dan kanker kolon.

3. Sarapan sehat memberikan kekuatan metabolisme.

Dalam istirahat anda di malam sebelumnya, anda berhenti makan kurang lebih selama 12 jam, maka zat gula dalam tubuh akan menurun drastis. Tubuh anda menggantinya dengan melepaskan zat gula yang tertimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glikogen. Maka sarapan akan membantu anda mengembalikannya. Sarapan sehat yang kaya nutrisi penting untuk bahan bakar otak, sarapan sehat adalah rahasia hidup sehat, sarapan sehat juga berguna untuk memberikan “mood” yang baik sepanjang hari.

4. Sarapan pagi dapat memperbaiki memori

Tidur sepanjang malam dapat membuat otak lapar. Dengan begitu maka fungsi otak memori dapat terganggu. Untuk itu diperlukan glukosa yang cukup saat anda bangun untuk segera menggantinya, agar fungsi otak dan memori tetap berfungsi dengan baik.

5. Sarapan sehat membantu anda mengontrol rasa lapar berlebih.

Sarapan sehat di pagi hari akan menyediakan nutrisi seimbang untuk kebutuhan anda beraktivitas sepanjang hari. Makanan yang masuk ke tubuh anda di pagi hari mampu menahan lemak dengan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari, dan meningkatkan metabolisme tubuh dengan baik. Maka dari itu sarapan akan mengontrol rasa lapar anda yang berlebih, dan dapat mencegah porsi makan yang berlebih di siang hari.

6. Sarapan sehat berguna membantu menurunkan berat badan.

Sarapan makanan sehat dan bernutrisi akan meningkatkan kemampuan pembakaran lemak dalam tubuh anda. Berkaitan dengan point no 5 diatas, dengan mencegahnya makan berlebih di siang hari, maka anda akan terhindar dari kegemukan.

7. Membantu kesuburan untuk pasangan suami istri.

Pola makan yang sering melewatkan sarapan pagi tidak akan mencukupi nutrisi tubuh dengan baik. Anda memerlukan nutrisi agar tubuh tetab dalam kondisi prima. Tercukupinya vitamin B kompleks, vit D, vit C, vit E, asam folat, selenium, zinc, asam amino essensial dan beberapa mineral penting lainnya di pagi hari sangat membantu mengembalikan kualitas kebugaran dan kesehatan tubuh anda, yang akan menciptakan sel telur dan sperma yang berkualitas.

8. Sarapan sehat membantu mendapatkan energi yang baik sepanjang hari.

9. Sarapan sehat membantu tubuh kita mendapatkan air yang baik.

10. Sarapan sehat membantu menjaga gula darah kita tetap normal sepanjang hari.

Sarapan sehat membantu mendapatkan tingkat kebugaran tubuh sepanjang hari. Umumnya wanita hanya butuh 1500 – 2000 kalori sehari. Pria butuh 2000 – 2500 kalori sehari.

Apa saja kriteria sarapan sehat itu?

Sarapan pagi yang mengenyangkan dan menyehatkan adalah:

  • Cukup nutrisi, vitamin dan mineral
  • Cukup Protein dan asam amino
  • Cukup karbohidrat kompleks (bukan karbohidrat nasi)
  • Cukup lemak baik
  • Cukup air putih

Sarapan seperti ini akan mencuplai tubuh kita nutrisi yang diperlukan sel tubuh, bukan sekedar lambung kita kenyang. Mendapatkan energi tanpa harus menaikkan hormon insulin dan menaikkan kadar gula darah setelah makan. Sarapan seperti ini menghindarkan kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat simple (contoh: kalo gak makan nasi maka belum mantep dan belum dikatakan makan).
Dengan cara ini kita lebih bisa mengontrol nafsu makan kita seharian penuh. Keinginan ngemil pun akan berkurang. Sehingga tubuh akan memanfaatkan cadangan lemak dan gula dalam tubuh untuk dibakar menjadi energi dan sumber energi.

(Sumber : intisari dari http://menusarapansehat.blogspot.com/)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: