Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Blog Dofollow dan NoFollow

Salah satu teknik SEO yang banyak digunakan oleh para blogger adalah dengan meninggalkan jejak link blog di site atau blog dofollow. Baik itu dengan cara meninggalkan komentar, sosial bookmarking, submit rss feed, menulis artikel, membuat profile, menggunakan anchor text, dan yang lainnya. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan backlink dari begitu banyaknya nama-nama blog dalam daftar blog dofollow Indonesia, maupun blog dofollow internasional. Sekarang mari kita pelajari tentang pengertian, kelebihan dan kekurangan blog dofollow dan nofollow.

Anda bisa menentukan blog anda akan dijadikan blog dofollow kah, atau menjadi blog nofollow. Keduanya mempunya keuntungan dan kerugian, kelebihan dan kekurangan masing-masing.

ARTI DOFOLLOW DAN NOFOLLOW:

Pengertian Blog DoFollow yaitu bahwa Link yang kita masukanĀ  saat berkomentar itu akan dianggap sebagai Backlink oleh mesin pencari seperti google atau bisa juga diartikan menginstruksikan search engine agar memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya.
Pengertian Blog NoFollow adalah atribut kode HTML yang digunakan untuk menginstruksikan search engine agar tidak memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya.Secara default memang setting komentar sebuah blog itu nofollow, tujuannya untuk mengurangi spam, tapi kita bisa mengubahnya menjadi dofollow sehingga siapapun yang berkomentar akan mendapat hadiah kecil berupa backlink abadi karena telah sudi mampir dan berkomentar.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BLOG NOFOLLOW:

Kelebihan blog nofollow :

  1. Aman dari gangguan spammers yang mencari backlink asal-asalan.
  2. Lebih diminati Google dalam hal SEO, dikarenakan mesin google lebih suka jenis ini.
  3. Komentar dalam blog adalah murni karena bermanfaatnya blog kita.
  4. PageRank yang kita dapat murni dan stabil. Tidak cepat naik atau cepat turun. Namun naik perlahan namun pasti.
  5. Lebih menantang untuk mencari kreatifitas posting, karena komentar yang masuk tergantung kualitas postingan kita.
  6. Lebih supel melakukan blogwalking untuk menjalin persahabatan dan bertukar link.

Kekurangan blog nofollow :

  1. Tidak ada yang memberi komentar atau sedikit, namun saya yakin jika isinya bermanfaat pasti ada yang sudi memberikan komentar.
  2. Pemilik blog dianggap apatis, ini juga kurang tepat. Karena pemilik blog biasanya akan lebih senang untuk bertukaran link dan saya yakin dia sangat suka.
  3. Lebih rentan ditinggal pembaca untuk blog baru
  4. Peringkat alexa umumnya lebih lambat turun kecuali isi blognya menarik dan bermanfaat sehingga ramai dikunjungi pengunjung.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BLOG DOFOLLOW:

Kelebihan blog dofollow:

  1. Blog ini disukai pembacanya karena memberikan manfaat berupa backlink gratis.
  2. Blog banyak masukan komentar kritik dan saran yang membangun
  3. Pemilik blog dianggap orang yang memiliki jiwa sosial
  4. Meningkatkan pageview blog
  5. Hubungan silaturahim juga semakin kuat. Dan kita yang sering dikunjungi.
  6. Peringkat alexa umumnya lebih cepat turun atau rendah untuk blog tipe ini karena traffic blognya makin ramai.

Kekurangan blog dofollow:

  1. Sebagian besar komentar adalah SPAM dan tidak berkualitas. Banyak spammers yang memberi komentar seperti PTC scam atau bisnis scam yang berkunjung. Namun tidak masalah jika kita menghapusnya.
  2. Terkadang karena terlalu banyak link, blog malah dibanned google. Dan alhasil SEO akan turun. Google juga kurang suka dengan blog yang memiliki terlalu banyak outbound link di banding internal link untuk itu perlu diimbangi dengan backlink dari luar.
  3. Google Page Rank akan lebih rendah karena efek page rank.

Jika anda terbiasa melakukan sosial bookmarking luar maupun lokal, yang perlu diingat adalah tidak semua blog atau situs social bookmark dofollow. Ada baiknya mendapatkan dofollow backlink dari blog atau situs yang mempunya PR tinggi. Mudah-mudahan penjabaran diatas dapat membantu anda untuk menentukan membuat blog jenis apa yang anda inginkan.

Begitulah informasi seputar pengertian dofollow dan nofollow, serta kekurangan dan kelebihan blog dofollow dan nofollow. Saran saya, tetap sabar dan bijak dalam mencari backlink. Mencari backlink dengan cara yang natural akan lebih disukai oleh Google. Usahakan jangan berusaha mencari backlink yang banyak tapi tidak berkualitas. Akan lebih baik jika mendapatkan backlink sedikit tapi berkualitas.

Ada banyak cara praktis dan mudah untuk mengetahui bagaimana cara mengetahui blog tersebut dofollow atau nofollow? Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan plugin browser Mozilla Firefox anda untuk mengetahui blog dofollow atau nofollow. Tunggu artikel berikutnya ya, tentang plugin apakah itu, dan bagaimana cara menginstallnya.

(Sumber artikel: http://www.jasa-pembuatan-blog.com/2009/11/pengertian-dofollow-dan-nofollow-serta.html, http://freebiexp.wordpress.com/2011/08/28/pengertian-blog-dofollow-dan-nofollow/)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: