Pengalaman Pribadi Belajar Ngeblog Hingga Menjadi Blogger

Pengalaman Pribadi Belajar Ngeblog Hingga Menjadi Blogger — Sulitkah anda untuk memulai blogging? Saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana awal mula saya mulai menyukai dan menekuni blogging. Hingga bisa membuat blog yang menghasilkan uang. Tanpa kemampuan ngeblog dan tidak tahu apapun tentang blog saya mulai memberanikan diri untuk belajar ngeblog dan dengan segera buat blog baru, meski masih menggunakan blog gratis.

Sebenarnya sudah menulis tentang ini dalam versi bahasa Inggris sebelumnya. Dan di artikel ini, saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya.

Apa tujuan saya di awal memulai blogging?

Pada awalnya saya hanya berniat ingin membuatkan suami saya sebuah blog yang berisi tentang hasil karya design miliknya, karena kebetulan suami saya adalah seorang arsitek. Waktu itu saya belum punya momongan, jadi masih banyak waktu luang. Malah saya sering main berbagai game online. Dengan pengetahuan tentang blogging yang terbatas, saya pun mulai membuat blog. Membuat blog yang sangat sederhana.

Banyak hal yang tidak saya ketahui tentang blogging, baik secara sistem maupun teknis. Sambil mempelajari cara buat blog baru, cara saya selalu mencari informasi di google, tentang apapun yang tidak saya ketahui. Seiring dengan kegiatan pencarian informasi, saya mulai tertarik dengan tulisan-tulisan yang bercerita tentang cara membuat blog yang bisa menghasilkan uang.  Semakin besar rasa ingin tau dan rasa penasaran saya, maka semakin banyak hal baru yang ingin saya coba. Dan akhirnya saya memutuskan, bahwa tujuan blogging saya adalah mendapatkan uang.

Pernahkah putus asa saat menjalani Blogging?

Jawabannya “IYA”, pernah. Akun Paypal dan rekening saya tetap kosong dalam waktu setahun lebih. Akhirnya putus asa dan malas untuk belajar ngeblog lagi. Malas untuk menggali informasi dan pengetahuan lagi dan hanya bisa berdecak kagum melihat teman-teman saya yang bisa punya blog yang bisa menghasilkan uang.

Kenapa bisa semangat lagi?

Dorongan dan dukungan untuk terus belajar dari suami dan dukungan dari seorang teman yang mau mengajari saya. Saya mendapatkan mentor yang baik :) Terima kasih buat Mas Yanto yang sudah berkenan mengajari saya dari nol, hingga menjadi seperti sekarang.

Kembali semangat ngeblog lagi.

Dengan semangat baru saya mulai belajar lagi gimana cara ngeblog. Gimana caranya saya punya penghasilan tambahan, cara membuat blog menghasilkan uang. Dengan mencoba berbagai peluang dari situs-situs paid to write, paid to reviews, dsb.  Saya juga kembali belajar bagaimana cara membuat blog yang menarik, sehingg bisa menarik pengunjung atau visitor. Dan bagaimana saya promosikan blog saya.

Merasakan hasilnya.

Setelah mempelajari tentang berbagai hal cara membuat blog sendiri, saya pun mulai serius terlibat dengan google AdSense. Awalnya saya menerima penghasilan dari google adsense 100 dollar. Itu saya dapatkan sebagai pencairan pertama dari google, dan saya mendapatkan PIN untuk verifikasi alamat pemilik pencairan dana sudah benar atau belum. Melalui Western Union, saya pun bisa mendapatkan uang kiriman dari Google AdSense, yang langsung bisa diambil dalam nilai rupiah. 6 bulan lamanya saya baru bisa mencapai USD $100. Itulah gaji pertama saya.

Berikutnya saya mendapatkan 100 dollar dalam jangka waktu 3 bulan. Kemudian 100 dollar dalam 2 bulan. Hingga sekarang, tahun ketiga saya belajar ngeblog, Alhamdulillah saya bisa menghasilkan 400 dollar dalam sebulan, dari masing-masing 2 blog saya. Dan pengunjung blog saya sudah mencapai 2000-3000 per hari. Bagi saya, jumlah tersebut sudah sangat menyenangkan. Mungkin bagi para master blogger, jumlah tersebut belum seberapa. Saya terus berusaha meningkatkan pengunjung dan pendapatan saya hingga sekarang. Dan saya ingin sukses.

Itulah sedikit pengalaman saya tentang blogging. Banyak pengalaman baru dan menarik saat membuat blog. Jika tertarik ingin membaca cerita lengkapnya ada di artikel My Personal Experience on How do I start Blogging. Dan ringkasnya, akhirnya kini saya bisa menjadi blogger, meski masih amatir dan harus lebih banyak belajar lagi. Kunci utama bagi saya adalah:

  • sabar
  • tidak mudah putus asa
  • terus menggali pengetahuan
  • terus belajar
  • jangan malu bertanya
  • rajin dan tekun
  • tidak mudah bosan
  • tetap fokus
  • tetap loyal.

Semoga tulisan ini bisa jadi inspirasi unt!k anda :) Salam blogger dan salam sukses!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: