Pendukung Cara Belajar Efektif untuk Anak-anak di Rumah

Tak jarang orang tua merasa kesulitan saat menemani dan membantu putra-putri belajar di rumah. Berbagai macam keluhan timbul, seperti misalnya anak-anak sulit menyerap pelajaran, tidak fokus, tidak bisa berlama-lama belajar, mudah bosan, atau bahkan tidak terlalu mendengarkan penjelasan yang orangtua berikan. Apalagi pelajaran sekolah jaman sekarang, menurut para orangtua semakin sulit materinya. Ada beberapa tips cara belajar efektif untuk anak-anak yang bisa anda terapkan.

Beberapa diantara orang tua biasanya kurang sabar dan memperlihatkan kekesalan mereka, saat anak-anaknya sulit mengerti penjelasan yang diberikan. Alhasil, saat mendampingi mereka belajar atau mengerjakan PR (pekerjaan rumah), orangtua sering marah-marah. Padahal, sikap seperti ini justru akan membuat mereka takut untuk belajar bersama orangtuanya. Atau bahkan mereka menghindari waktu belajar di rumah, saat mereka harus belajar dan mengerjakan PR di rumah. Dampak buruknya, mereka diam-diam akan menyembunyikan kesulitan belajar mereka, karena mereka takut duluan. Ini tentu bukan merupakan suatu cara belajar efektif untuk anak-anak.

Apalagi di saat anak-anak yang akan menghadapi masa ujian di sekolah. Biasanya mereka akan lebih merasa tenang, jika mereka mendapatkan dukungan penuh dari orangtua di rumah. Jika anda sebagai orang tua merasakan dan kemudian memperlihatkan dengan jelas kekhawatiran dan ketegangan, maka dapat memberikan dampak kurang baik, karena mereka akan ikut tegang. Memberi dukungan penuh kepada anak-anak anda saat akan menghadapi ujian akan memberikan rasa percaya diri mereka semakin besar.

Saat mendampingi anak-anak belajar di rumah, cobalah untuk mengontrol emosi atau kekesalan anda sebagai orangtua dengan lebih baik. Usahakan agar anak anda tidak takut dan enggan dengan jam belajar di rumah, baik bersama anda ataupun tidak. Lalu bagaimana cara yang tepat membuat anak-anak tetap suka belajar saat di rumah? Ada beberapa cara tepat membangkitkan semangat anak-anak belajar yang lebih dapat memberikan dampak positif bagi mereka, yaitu dengan menyediakan beberapa komponen pendukung anak-anak belajar di rumah.

Pendukung Cara Belajar Efektif Sesuai Gaya Belajar Anak-anak di Rumah

cara belajar efektif untuk anak-anak
Image courtesy by stockimages | freedigitalphotos.net
  • Gaya Belajar Visual

Gaya belajar visual baik untuk diterapkan bagi anak-anak yang menyukai pembelajaran melalui proses visual seperti melihat gambar, membaca atau menggambar. Dengan cara ini anak-anak bertipe visual akan lebih mudah menyerap dan memahami materi pelajaran lebih cepat dan lebih baik. Bahkan mereka dapat lebih mudah membuat ringkasan atau mengingat kembali materi yang sudah dijelaskan, terutama dari guru pengajarnya

Sediakan komponen pendukung sebagai media belajar anak di rumah seperti misalnya papan tulis, yang dilengkapi berbagai macam gambar-gambar menarik. Hal ini akan membuat mereka lebih tertarik untuk belajar. Persiapkan gambar-gambar menarik yang berkaitan dengan pelajaran yang mereka harus pelajari. Ajak anak-anak untuk membaca, membuat ringkasan pelajaran atau membuat bagan sambil menulis atau menggambar di papan tulis tersebut. Anda juga dapat menyediakan macam-macam warna spidol papan tulis yang lebih menarik, karena biasanya anak-anak lebih menyukai aneka warna.

  • Gaya Belajar Auditori

Gaya belajar auditori baik untuk diterapkan bagi anak-anak-anak yang menyukai pembelajaran melalui cara mendengarkan. Mereka cenderung lebih mudah mengingat pelajaran dengan cara dijelaskan melalui kata-kata, bukan melalui gambar seperti cara belajar visual. Beberapa diantara mereka, juga ada yang bisa lebih mudah mengingat pelajaran sambil mendengarkan musik.

Sediakan media belajar anak berupa buku-buku yang dapat anda bacakan untuk mereka. Gunakan bahasa penjelasan yang mereka sukai saat anda menemani mereka belajar, atau saat anda sedang menjelaskan membantu mereka belajar. Musik atau lagu yang berkaitan dengan materi pelajaran sebaiknya anda sediakan juga, agar mereka lebih tertarik untuk belajar melalui media lagu.

  • Gaya Belajar Anastetik

Gaya belajar anastetik merupakan gaya belajar yang paling aktif diantara gaya belajar lainnya. Mereka akan lebih antusias untuk belajar dan akan banyak mencari tahu dengan sendirinya, tanpa menunggu penjelasan dari guru, atau membaca buku. Pikiran mereka akan lebih banyak bertanya, dan berusaha mencari jawabannya sendiri.

Anda memang harus lebih berhati-hati jika memiliki tipe anak yang memiliki gaya belajar anastetik. Jangan sampai anda lengah memperhatikan gerak-gerik mereka karena keingintauan mereka lebih banyak, sehingga kadang-kadang mereka tidak menyadari adanya bahaya.

Cobalah untuk melibatkan mereka dalam banyak kegiatan di rumah yang sesuai dengan usianya dan aman bagi anak-anak. Misalnya saat anda akan menanam tanaman di kebun, ajaklah anak anda berkebun. Ketertarikan mereka akan memacu mereka untuk mengetahui banyak hal tentang menaman tanaman, bahkan mungkin mereka akan lebih banyak bertanya kepada anda.

Tipe belajar anak bisa diketahui dari kebiasaan mereka sejak kecil. Cobalah untuk berdiskusi juga dengan guru mereka di sekolah, seperti apa dan bagaimana kebiasaan mereka di sekolah saat belajar. Anda dapat mendukung tipe belajar anak anda dengan menemani mereka belajar di rumah sesuai dengan gaya belajar putra putri anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: