fikathiana September 13, 2017 @ 9:51AM

memilih-pekerjaan-atau-usaha-sampingan-online-dan-offlinePeluang untuk berpenghasilan diluar jam kerja anda itu cukup banyak. Peluang bisnis sampingan online maupun offline bukan lagi jadi hal yang sulit untuk dilakukan. Di luar kesibukan anda, bekerja online, bisnis di internet, adalah merupakan pendekatan yang baik untuk usaha sampingan anda. Bisnis tanpa modal yang menjanjikan di dunia internet misalnya dengan membuka toko online, menjual ebook, menjadi dropshipper, dan menjadi freelancer di situs-situs besar kini sedang trend di kalangan masyarakat dunia.

Karena sifatnya sampingan saja, maka sebisa mungkin anda tak lupa akan pekerjaan utama anda. Pandai membagi waktu merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Belum punya bayangan akan melakukan pekerjaan apa untuk usaha sampingan anda?

Dilihat dari kegiatannya, anda dapat melakukan pekerjaan secara offline maupun online. Banyak situs-situs penyedia pekerjaan sampingan secara online, yang menawarkan gaji dari mulai gaji rendah hingga tinggi. Anda dapat memanfaatkan skill atau keahlian khusus anda untuk pekerjaan ini.

Pilihan Peluang Usaha Sampingan

Beberapa pilihan peluang usaha sampingan di bawah ini disesuaikan dengan keahlian anda.



Skill Menulis

  • Penterjemah Bahasa

Bahasa apalagi yang anda kuasai selain bahasa Indonesia? Banyak perusahaan penerbit buku membutuhkan penerjemah untk buku-buku yang diproduksinya yang menggunakan bahasa asing.

  • Penulis atau Editor

Jika anda suka menulis, coba kategorikan jenis tulisan anda. Apakah anda suka menulis cerpen atau artikel? Anda dapat mengirimkan tulisan anda ke situs-situs berita, majalah atau media lainnya. Anda dapat mencoba peluang sebagai freelancer di penerbit buku atau majalah.

  • Penulis kreatif

Tingginya tingkat minat baca di Indonesia seringkali membuat penerbit buku mengalami kesulitan menemukan tulisan-tulisan fresh yang original. Jika anda memiliki hobi menulis dan telah menulis buka, maka tidak ada salahnya anda menawarkannya ke perusahaan penerbit buku atau bisa menjualnya secara online dalam bentuk e-book.

  • Copywriter

Copywriter adalah pekerjaan menulis yang benar-benar membutuhkan kreativitas lebih tinggi. Sebuah agen advertising biasanya banyak mencari copywriter untuk mendukung pekerjaan mereka dalam mengolah kata dan data untuk menjadi bahasa iklan yang dapat menarik audience.

  • Blogger

Membuat blog kemudian mengisi kontennya dengan hal-hal menarik dapat membuat anda menjadi seorang blogger. Menjadi blogger dapat menjanjikan untuk pekerjaan sampingan anda jika anda mempeljari beberapa hal pentingn tentang bagaimana blog anda bisa berkembang menjadi blog yang berpenghasilan. Anda dapat menjadi blogger sekaligus publisher iklan di blog anda.

 

Skill Komunikasi dan Bergaul

  • MLM (Multi Level Marketing)

Pilihan MLM ini kini sudah sangat beragam. Anda bisa mendapatkan rekomendasi dari rekan anda, mana saja MLM yang bisa dipercaya. Pilih sesuai minat anda dan lihat peluang terbesarnya.

  • Fotographer

Anda punya hobby memotret atau merekam video? Manfaatkan relasi atau kerabat anda untuk menjadi tim dokumentasi, fotografer event gathering atau wedding.

  • Tour Guide

Jika anda sudah memiliki cukup pengalaman dan pengetahuan traveling, tidak ada salahnya anda coba menjadi tour guide. Pastikan anda memiliki pengetahuan yang real (nyata), dan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan dilengkapi bahasa asing lain yang anda kuasai. Supel juga menjadi faktor penting untuk menjadi seorang tour guide.

  • Admin web

Banyak situs-situs brand besar yang membutuhkan admin untuk mengelola website, toko online, atau media sosial mereka. Cobalah untuk menjadi admin di perusahaan mereka sebagai freelancer.

 

Skill Masak Memasak

  • Warung Masakan

Cobalah membuka warung masakan kecil-kecilan jika anda memang punya kemampuan dan hobby memasak. Anda dapat memulainya di lingkungan terdekat anda terlebih dahulu. Ide membuat usaha catering juga bukan menjadi hal yang tidak mungkin.

  • Buka Kursus Masak atau Membuat Kue

Anda dapat membuka kursus memasak baik secara online maupun offline. Carilah komunitas memasak untuk menambah relasi anda. Dengan demikian, anda dapat berbagi keahlian memasak anda dengan orang lain untuk mendapatkan penghasilan sampingan anda.

  • Menjual Resep

Anda suka meramu bahan makanan untuk menjadi masakan lezat sendiri? Langsung saja jual resepmu ke berbagai media massa. Konon katanya fee yang akan anda dapatkan cukup menggiurkan. Anda dapat mencoba peluang ini jika anda sudah memiliki beberapa resep original buatan anda. Atau jika belum membuatnya, saatnya sekarang anda mencoba meramu resep masakan special ciptaan anda sendiri untuk bisa dijual.

  • Toko Kue Online

Anda tak membutuhkan sebuah bangunan toko dengan modal yang besar. Mulai saja dengan membuat sebuah toko online. Jual beberapa kue unik yang dapat menarik pembeli di halaman toko kue online anda. Sertakan foto-foto cantik produk-produk kue yang anda jual, dan pasarkan ke relasi terdekat terlebih dahulu.

  • Food Stylist

Seseorang yang memiliki keahlian dalam mempercantik makanan dikenal dengan sebutan food stylist. Beberapa perusahaan produk dan jasa, media massa, sering mencari seorang food stylist untuk mendukung pekerjaan mereka. Cobalah peluang ini jika anda memiliki kemampuan yang mendukung.

Banyak situs-situs online yang menawarkan pekerjaan sampingan atau freelancer. Dalam situs-situs tersebut disediakan berbagai pekerjaan yang dapat anda sesuaikan dengan kemampuan anda. Bahkan pekerjaan-pekerjaan yang ditawarkannya pun dapat anda sortir sendiri sesuai dengan ratusan bidang didalamnya. Terdapat situs berbasis international maupun nasional lainnya yang menawarkan pekerjaan freelancer di dunia maya. Pastikan anda berhati-hati dalam memilih situs penyedia pekerjaan freelancer yang bisa dipercaya dan benar-benar membayar para freelancer-nya. Di situs-situs tersebut, anda dapat menjadi seorang freelancer atau bahkan menjadi seorang pencari freelancer untuk mendukung pekerjaan sampingan yang akan anda tekuni. Coba intip sedikit rekomendasi situs-situs besar seperti, freelancer.com, odesk.com, dan yang lainnya.