Panduan Cara Mudah Membuat Drop Down Menu di Header

Dari beberapa jenis theme atau template wordpress tidak semuanya bisa memuat 2 baris atau 2 macam menu dalam blog. Jika kita ingin memasang menu kategori di bawah menu utama, maka kita harus menambahkan sendiri. Kita bisa membuat menu tambahan di blog dengan menggunakan script (tanpa plugin) atau dengan menggunakan plugin wordpress. Bagaimana cara mudah membuat drop down menu di header blog anda? Ikuti tutorial panduan langkah-langkah cara membuat drop down menu di header blog anda berikut ini.

Di artikel ini, saya asumsikan bahwa anda sudah bisa membuat blog di wordpress, membuat custom menu pada pilihan fitur wordpress. (Appearance–> Menu). Artinya anda sudah bisa membuat menu anda sendiri, yang isinya sesuai dengan keinginan anda. Kemudian bagaimana cara menampilkan custom menu buatan anda sendiri tersebut, agar bisa tampil di halaman blog anda, sementara template atau theme yang anda gunakan tidak menyediakan css style nya. Atau template yang anda gunakan hanya mengijinkan satu baris menu navigasi saja.

fitur custom menu wordpress

Akan lebih rumit jika anda harus menggunakan script tanpa menggunakan plugin, tapi akan dikatakan mudah bagi yang sudah terbiasa otak atik script di blog. Seperti halnya menambahkan script untuk adsense ditengah postingan, menambahkan script untuk pasang flash banner. Saya sudah mencoba beberapa plugin wordpress untuk bisa menampilkan menu di blog, yang disesuaikan dengan custom menu dari fasilitas wordpress yang sudah ada. Dan saya juga sudah mencoba memasang atau membuat drop down menu dengan menggunakan script tanpa menggunakan plugin.

Berbagai macam plugin drop down menu sangat banyak. Namun ada satu yang paling saya anggap simple atau sederhana, sehingga cukup mudah untuk digunakan dan disesuaikan dengan keinginan anda. Nama plugin yang saya gunakan tersebut adalah Dropdown Menu Widget. Berikut ini :

Panduan atau langkah-langkah cara mudah membuat drop down menu di header blog anda dilengkapi dengan gambar.

1. Masuk ke wp-admin blog wordpress anda.

2. Kemudian saatnya anda mencari dan memasang plugin tersebut.

  • Pada menu tab sebelah kiri dashboard wordpress anda, klik tab“Plugins”, kemudian klik “Add New”.

  • Kemudian isikan nama plugin yang dicari “Dropdown Menu Widget” di kotak pencarian, setelah itu klik “Search Plugin”. Tunggu beberapa saat.

  • Jika hasil pencarian sudah tampil, Cari nama yang plugin yang anda ketikkan tadi. Kemudian klik “Install Now” yang berada tepat di bawah nama plugin yang dicari.
  • Kemudian aktifkan plugin tersebut dengan meng klik tombol “Activate Plugin”.

  • Kini anda sudah memasang plugin tersebut di blog wordpress anda.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: