Panduan Cara Daftar Ke Alexa

Artikel ini akan memberikan panduan untuk anda yang belum mengetahui cara daftar ke alexa.com untuk mengetahui Alexa Rank sebuah blog atau situs. Sebagian blogger sudah mengetahui cara membuat akun baru dan blog, namun ada pula yang belum. PageRank (PR) merupakan peringkat ranking sebuah blog atau situs. Peringkat yang diberikan oleh Google dikenal dengan nama Google pagerank. Sedangkan peringkat yang diberikan oleh Alexa dikenal dengan Alexa Rank. Ranking tersebut disebut pula sebagai peringkat kepopuleran suatu blog atau situs berdasarkan trafik kunjungan, halaman terindeks oleh Search Engine, dan berbagai faktor penilaian lainnya.

cara daftar ke alexa
Image screenshot taken by Infodari.com

Dijelaskan  Perbedaan nilai PageRank Google dan Alexa Rank oleh seomastering.com, Google PR memberikan nilai 0-10, sedangkan Alexa memberikan nilai dengan 0-jutaan. Nilai tersebut dapat anda tampilkan secara umum di blog, dapat juga tidak ditampilkan. Semakin kecil nilai PR, maka blog atau situs semakin baik atau semskin populer. Browser seperti mozilla firefox atau chrome juga memiliki add-on untuk menampilkan peringkat blog yang dikunjungi pada browser tersebut.

Situs alexa juga memberikan laporan statistik secara detail tentang trafik kunjungan ke blog. Dengan memasangkan kode tracking ke dalam web atau blog, anda dapat meilihat data statistik blog anda. Bagi pebisnis online laporan ini dapat menjadi sebuah research market, memahami siapa saja dan apa saja yang dibutuhkan oleh para pengunjung situs. Demikian sedikit penjelasan tentang alexa rank.

Berikut Infodari berikan panduan tentang:

A. Bagaimana cara membuat akun gratis di alexa.
B. Bagaimana cara memverifikasi kepemilikan blog di alexa.

A. Cara membuat akun gratis di alexa.

1. Buka web browser anda dan akses situs alexa. Pada kolom address bar ketikkan alamat situs : www.alexa.com

2. Klik tombol “Create an account” untuk membuat akun baru. Pada jendela browser yang baru terbuka akan diberikan 2 pilihan cara pendaftaran, yaitu melalui akun email atau akun facebook. Pada tutorial ini saya hanya akan menjelaskan pendaftaran melalui email saja.

Isi alamat email milik anda yang akan didaftarkan ke alexa pada kolom isian email. Kemudian klik tombol “Create“.

Setelah itu akan muncul halaman pemberitahuan bahwa alexa telah mengirimkan email konfirmasi kepemilikan ke email anda. Anda harus mengklik link konfirmasi pada email tersebut.

3. Buka tab baru di jendela browser anda, login ke email anda, dan temukan email yang dikirim oleh alexa.

4. Di dalam isi email tersebut akan dicantumkan link konfirmasi email. Klik link tersebut. Maka akan terbuka lagi jendela baru di browser anda.

5. Pada tab baru tersebut akan tampil halaman yang berisi form pembuatan password untuk akun baru anda di alexa. Isi kedua box isian set password tersebut dengan password yang sama (atas dan bawah). Kemudian klik “Submit Password“.

Sampai disini anda baru menyelesaikan proses pendaftaran melalui email hingga ke tahap konfirmasi email.

B. Cara Mendaftarkan blog / situs (Klaim) ke Alexa

1. Daftarkan situs atau blog anda. Klik tombol +Add my site.

2. Pada pop-up box yang tampil, isikan nams blig anda. Contoh: “namabloganda.com”

3. Kemudian klik tombol “View Plans & pricing“.

Akan terbuka jendela pilihan paket akun yang akan anda gunakan, gratis atau berbayar. Disini saya akan menjelaskan klaim blog secara gratis saja.

4. Scroll ke bawah jendela tampilan browser tersebut, temukan text link bertuliskan “Claim my site“.

5. Pada halaman browser yang terbuka, isikan url nama blog anda. Kemudian klik tombol “Continue“.

6. Berikutnya, pilih metode verifikasi bukti kepemilikan blog yang anda daftarkan.

Pilih method 1 : jika anda memiliki hosting, dan akan melakukan verifikasi dengan cara mengupload file ke dalam hosting blog anda. File tersebut berisi baris kode script dari alexa.

Pilih method 2 : jika anda akan memasukkan baris kode verifikasi blog melalui wordpress anda.

Pilih method 3 : jika anda memiliki paket berbayar.

Proses verifikasi yang akan saya jelaskan adalah menggunakan method 2. Maka silahkan klik method 2, nantinya akan tertera baris kode script di halaman browser tersebut. Scroll ke bawah dan temukan kode verikasi situs, kemudian copy kode tersebut.

< meta …… >

7. Buka tab baru dan login ke worpdress anda untuk membuka dashboard wordpress blog anda

8. Pada menu tab pilih tab “Appearance” -> “Editor“. Disana akan terlihat deretan file blog anda. Pilih atau klik file header.php.

9. Pastekan baris kode verifikasi tadi, diantara tag <head> dan </head>.
Kemudian klik tombol “Update file” untuk menyimpan perubahan pada file tersebut.

10. Kembali ke tab browser yang masih memuat halaman alexa sebelumnya. Kemudian klik tombol “Verify my ID“.

* Jika masih gagal (keluar tulisan peringatan gagal berwarna merah) artinya mesin alexa belum bisa menemukan kode script di blog anda. Cobalah untuk membersihkan atau menghapus cache di wordpress anda atau cache di browser anda.
Saya asumsikan bahwa blog anda sudah memiliki plugin hypercache atau wp supercache. Silahkan bersihkan terlebih dahulu cache tersebut.
Jika sudah, coba kembali klik tombol “Verify my ID“.

11. Selamat! Proses verifikasi blog anda telah berhasil.
“Congratulation…”

12. Untuk membuka dashboard akun anda di alexa, klik tab menu “My dashboard“. Dalam halaman tersebut anda dapat melihat global rank blog anda di alexa. Silahkan jelajahi menu lainnya untuk mengetahui fasilitas akun yang diberikan kepada anda atas akun free yang anda miliki.

13. Jika telah selesai, jangan lupa untuk selalu sign out, logout, atau keluar dari akun anda. Klik tombol di kanan atas yang bertuliskan email anda, kemudian klik “Signout“.

Sampai disini proses verifikasi kepemilikan blog yang anda daftarkan di alexa telah selesai. Anda dapat mengklaim atau mendaftaran beberapa blog dalam satu akun. Lakukan proses pendaftaran yang sama seperti yang dijelaskan di point B ini (langkah 1-13). Tentang bagaimana cara memasang widget alexa rank di blog wordpress, akan infodari jelaskan di artikel selanjutnya. Dengan memasang widget alexa rank, anda dapat memonitor alexa rank blog anda langsung di blog anda tanpa harus mengakses terlebih dahulu akun alexa anda.

Berikut ini tutorial cara mendaftar blog ke alexa versi video:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan ajukan pertanyaan anda di kolom komentar bagian bawah artikel ini. Mudah-mudahan panduan cara daftar ke alexa ini bisa dimengerti dan berhasil diimplementasian di blog anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: