Minum Obat dengan Makanan yang Harus Dihindari


Tahukah anda tentang minum obat dengan makanan yang harus dihindarinya? Saat anda mengonsumsi obat, perhatikan juga makanan yang anda makan. Sebaiknya hindari makanan yang bertentangan dengan obat yang sedang anda minum. Banyak orang yang belum menyadari tentang hal ini. Efek yang ditimbulkan, justru dapat menghambat kerja obat yang anda minum. Dan efek lebih buruknya, akan berdampak negatif pada kesehatan anda.

pengaruh minum obat dengan makanan tertentu

Image courtesy of foto76 / FreeDigitalPhotos.net

Dikutip dari Majalah MensHealth, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari, saat anda mengonsumsi obat tertentu, disertai dengan keterangan tentang bagaimana pengaruhnya. Setiap obat memiliki fungsi dan kandungan yang berbeda-beda. Begitu pula dengan makanan, setiap makanan memiliki kandungan yang berbeda-beda pula. Jika anda tidak mengetahui kandungannya masing-masing, dan kemudian kita memakannya secara bersamaan, padahal sebenarnya antara obat dan makanan yang dimakan punya perbedaan fungsi, pengobatan anda akan menjadi sia-sia.

Tidak banyak orang yang tidak telalu memperhatikan hal ini. Maka dari itu, ada baiknya anda mengenal tentang hal ini sekarang. Perhatikan daftar di bawah ini.

Minum Obat dengan Makanan yang harus Dihindari, diantaranya adalah:

  • Antibiotik ===> Anda tentu sering mendengar, bahwa minum dengan tetap meminum susu itu tidak baik. Jangan makan produk susu seperti; es krim, puding. Kalsium membuat tubuh sulit menyerap obat, sehingga obat akan susah melawan infeksi secara maksimal.
  • Antasida yang mengandung kalsium ===> Jangan makan makanan yang banyak sekali mengandung susu dan vitamin D. Karena dapat menimbulkan timbunan kalisum pada ginjal. Kemungkinan terburuk yang terjadi adalah resiko terjadinya gagal-ginjal.
  • Obat anti-coagulant (pencegah pembekuan darah) ===> Hindari makan sayur-sayuran hijau. Bahan ini mengandung vitamin K dalam jumlah besar yang dapat meningkatkan resiko penyumbatan darah jika dikombinasikan dengan pengobatan tersebut.
  • Obat anti-depressant (obat penenang) ===> Hindari mengonsumsi produk yang difermentasikan, seperti keju, ekstrak ragi dan alkohol. Kadar tyramine yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah dan mengakibatkan sakit kepala.
  • Obat anti darah tinggi ===> Jangan makan Jeruk Bali. Buah ini akan menghentikan percernaan obat dalam hati sebelum diserap tubuh, jadi tubuh anda mungkin akan mendapatkan dosis dua atau tiga kali lipat.

Tidak ada salahnya jika anda kini mulai menghentikan kebiasaan yang tidak anda ketahui sebelumnya tentang minum obat dengan makanan yang harus dihindari saat mengonsumsi obat tertentu.




Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 × six =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>