Minum Diet Soda Berlebihan itu Beresiko, Apa Gantinya?

Minum Diet Soda Berlebihan itu Beresiko, Apa Gantinya? — Minuman soda banyak disukai oleh berbagai kalangan umur. Namun tahukah anda, bahwa terlalu banyak minum minuman diet soda ternyata juga tidak baik untuk kesehatan. Ada resiko yang harus dihadapai jika anda adalah salah satu penggemar minuman diet soda. Ada baiknya anda mengatur kembali jadwal anda minum minuman soda. Mari kita ketahui resiko minum minuman diet soda tersebut. Lalu apa gantinya?

Jika Anda termasuk dalam kelompok pecinta berat minuman bersoda, sebaiknya berhati-hati. Sebuah riset terbaru mengindikasikan bahwa minum sekaleng soda setiap hari dapat meningkatkan risiko mengalami serangan jantung dan stroke.

Seperti yang dipublikasikan dalam Journal of General Internal Medicine, peneliti dari Universitas Miami Amerika Serkat memantau kebiasaan minum soda lebih dari 2.500 orang dan melihat kemungkinan risiko mengalami penyakit pembuluh darah, serangan jantung dan stroke selama periode 10 tahun.

Setelah memperhitungkan faktor yang ada seperti diabetes, tekanan darah tinggi, BMI, dan lain-lain, peneliti menemukan bahwa mereka yang menenggak minuman diet soda setiap hari, 43 persen lebih tinggi risikonya mengalami masalah pada pembuluh darah ketimbang mereka yang tidak meminumnya. Tetapi, mereka yang mengonsumsi sekitar 6 gelas diet soda per minggu dan 1 gelas diet soda per bulan memiliki risiko yang sama dengan orang yang tidak pernah minum soda.

Peneliti mengatakan, meski ada hubungan antara konsumsi diet soda terhadap risiko serangan jantung atau stroke, tetapi temuan ini tidak serta merta menunjukkan diet soda menyebabkan serangan jantung atau stroke. Karena menurut mereka, tidak ada penelitian yang menemukan hubungan antara konsumsi minuman ringan (soft drink) dan serangan jantung, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut, jelas pemimpin peneliti Hannah Gardner, PhD, dari Miller School of Medicine, Universitas Miami.

Peneliti menduga, risiko serangan jantung pada peminum soda lebih karena risiko kenaikan berat badan yang disebabkan oleh soda itu sendiri, sehingga memicu serangan jantung. Pertimbangan lainnya, peminum soda mungkin memiliki pola diet yang buruk secara keseluruhan.

Minuman soda sering diidamkan banyak orang saat cuaca panas. Beberapa jenis makanan juga dianggap lebih pas jika dipasangkan dengan sekaleng soda dingin. Padahal, minuman ini bisa menguras cadangan kalsium kita dan mempercepat datangnya penyakit keropos tulang.

Sensasi kesegaran dari minuman bersoda ini sebenarnya bisa digantikan oleh minuman lain yang lebih sehat. Apa saja?

1. Teh Hijau
Kini teh hijau tak hanya bisa disajikan dalam bentuk seduhan hangat di cangkir. Tak mau kalah, teh hijau kini muncul dengan beberapa rasa dan variasi. Teh hijau, ketika dikonsumsi dingin, berfungsi sebagai pengganti yang baik untuk soda.

Selain rendah kalori, minuman ini juga memiliki beberapa manfaat kesehatan juga. Sebut saja mencegah penyakit kanker, jantung, kegemukan, dan diabetes. Kandungan antioksidan membantu untuk meredakan stres. Tambahkan sedikit madu sebagai pengganti gula agar rasanya lebih nikmat.

2. Susu rendah lemak atau susu kedelai
Para penggemar minuman soda kemungkinan memiliki cadangan kalsium lebih rendah dan penurunan indeks massa tulang. Perbaiki kesehatan tulang dengan konsumsi susu rendah lemak atau susu kedelai.

3. Jus buah segar
Buah-buahan segar yang dijus dan dicampur dengan es adalah obat yang manjur untuk menghilangkan rasa panas di tubuh. Buah tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, tetapi juga mengandung gula alami yang memberikan energi instan dan antioksidan untuk melawan stres Anda. Agar manfaatnya tidak berkurang, sebaiknya jus buah tidak ditambah gula.

4. Kopi
Kopi selalu menjadi minuman favorit bagi banyak orang. Hal ini sehat jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas (hingga 2 cangkir per hari)  atau bila dikombinasikan dengan susu dan sedikit gula.

Kopi tidak hanya membantu meningkatkan semangat dan konsentrasi, tetapi juga mencegah gigi berlubang dan memiliki efek diuretik dan pencahar. Beberapa studi mengaitkan kopi dengan manfaat antidiabetes, antiasam urat, serta penyakit lain.

5. Es teh
Teh hitam dan hijau mengandung flavonoid yang menguntungkan kesehatan. Untuk acara kumpul-kumpul di rumah, sajikan es teh dengan sedikit gula. Tambahkan rasa favorit Anda, seperti mint, kayu manis, atau lemon.

6. Wine
Red wine beberapa tahun terakhir ini menjadi fokus penelitian para ilmuwan karena memiliki efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular, kanker, atau alzheimer. Nikmati anggur 2-3 kali dalam seminggu maksimal satu gelas standar.

7. Jus sayuran
Kebaikan sayuran juga bisa kita nikmati dalam bentuk minuman segar. Tetapi, sebaiknya Anda membuat jus sendiri karena takaran gulanya lebih terkontrol dibanding jika Anda membeli jus dalam kemasan.

8. Air mineral
Harvard School of Public Health menyatakan bahwa air mineral adalah minuman paling sehat. Cairan yang cukup akan membantu tubuh dalam membuang racun-racun, menjaga fungsi kimia tubuh, dan menjaga tingkat keasaman dalam darah.

(Sumber: Kompas.com)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: