Merubah Ukuran Font di WordPress dengan Plugin

Awalnya saya hanya mengetahui cara merubah ukuran font di wordpress melalui css dan melalui html saja. Namun ternyata ada cara yang lebih mudah dan simple untuk merubah font di wordpress. Bahkan kita juga dapat memilih ukuran font sesuai dengan keinginan kita. Padahal secara default, setting pada visual editor di wordpress tidak memberikan pilihan ini.

Biasanya dalam posting, kita ingin memberikan beberapa gaya font untuk menegaskan beberapa barisan kalimat dengan memberi ketebalan huruf, ukuran, jenist font, huruf miring, garis bawah, dan sebagainya. Sekarang coba perhatikan gambar berikut:

merubah ukuran text di visual editor wordpress

Disitu hanya ada pilihan format text seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Lalu bagaimana cara  mudah merubah ukuran font di wordpress yang saya maksudkan? Oke, sekarang kita lihat caranya.

2 Cara Merubah Ukuran Font di Visual Editor WordPress:

Cara Pertama Merubah Ukuran Font di Visual Editor WordPress:

Cara ini adalah cara yang biasa saya lakukan sebelumnya untuk mengatur ukuran text di posting. Pada visual editor di wordpress, kita dapat menemukan merubah format text yang digunakan hanya dengan pilihan paragraph, address, preformatted, heading 1, heading 2, heading 3, dan seterusnya.  Beberapa pilihan format heading, biasanya dapat dipilih dari mulai heading 1 hingga heading 6. Untuk merubah ukuran atau gaya text pada masing-masing header, kita harus merubah file css nya (style.css). Atau kamu dapat merubah ukuran text di bagian penulisan html (bukan visual editor) secara manual.  Penggunaan heading sangat penting untuk keperluan SEO, jangan lupakan itu.

Cara Kedua Merubah Ukuran Font di Visual Editor WordPress::

Cara kedua ini, kita akan merubah ukuran font dengan plugin. Untuk merubah ukuran text yang bisa dilakukan langsung di visual editor wordpress, kamu bisa pasang plugin WordPress yang namanya TinyMCE Advanced. Install terlebih dahulu plugin tersebut, bisa dengan mengklik nama link plugin yang disebutkan tadi, atau mencarinya di kotak pencarian plugin di dashboard wordpress. Setelah terinstall, sekarang coba perhatikan tampilan visual editor wordpress yang berubah.

cara merubah ukuran text di post dengan plugin

Lihat gambar diatas. Sebelum dropdown menu paragraf (disebelah kirinya), terdapat dropdown menu baru, yang isinya berupa beberapa pilihan ukuran text atau font size. Dengan begitu, kamu sekarang sudah dapat menggunakan pilihan tersebut, untuk merubah ukuran text langsung di visual editor saat menulis posting.

Beberapa fitur/fasilitis yang terdapat pada plugin ini adalah

  •      Impor CSS classes dari stylesheet template dan menambahkannya ke daftar drop-down.
  •      Dukungan untuk membuat dan mengedit tabel.
  •      Mengedit in-line css styles.
  •      Advance list dan gambar dialog yang menawarkan banyak pilihan.
  •      Mencari dan mengganti di dalam editor.
  •      Dukungan untuk spesifik tag XHTML dan untuk layer (div based).

Berdasarkan data per 25 Februari 2013 plugin ini:
Requires: 3.5 or higher
Compatible up to: 3.5.1
Last Updated: 2012-12-13
Downloads: 2,172,850

Sebagai catatan, jika kamu ingin merubah ukuran font di wordpress mudah yang digunakan dalam semua posting di blog kamu, lebih baik jangan gunakan TinyMCE ini, supaya kamu tidak harus terus menerus merubah ukuran text setiap kali menulis posting. Kamu sebaiknya merubah styleatau settingan gaya text di posting secara keseluruhan di style.css nya saja.

Nah, itulah sobat infodari, sedikit informasi tentang bagaimana merubah ukuran text yang bisa dilakukan langsung saat menulis posting di wordpress. Tidak perlu repot-repot menulis kode html-nya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: