Mengapa Google Banned Domain Co.cc?

Lagi-lagi para blogger harus berhadapan dengan masalah seputar blogging. Kali ini para pemilik blog / situs dengan subdmain co.cc harus kecewa. Belum lama juga terdengar kabar blogger.com yang akan menutup servicenya, kini giliran pemilik domain  co.cc harus kena masalah. Pasalnya, tanggal 30 Juni 2011 kemarin, Google secara resmi mem-banned domain co.cc, dan seluruh anggotanya.  Ini yang saya alami hari ini  terkait dengan masalah mengapa Google Banned Domain Co.cc.

Kaget waktu pagi tadi cek site saya, site:********.co.cc di google kok tidak ter-indeks. Saya cari tau kenapa. Saya pikir domain saya saja yang di banned oleh google. Tapi ternyata Google memang banned seluruh domain co.cc. Alamat namadomainanda.co.cc ternyata dinyatakan deindeks oleh google (dikeluarkan dari indeks google). Jika anda pemilik domain di co.cc, coba saja cek site anda dengan cara, tuliskan :

site:namadomainanda.co.cc

di mesin pencari google. (*ganti namadomainanda dengan nama domain anda di co.cc). Hasil pencariannya akan kosong. Itu berarti site anda benar-benar sudah tidak terindeks lagi oleh google.

Sedih banget rasanya. Padahal baru-baru ini saya baru saja membuat blog di co.cc. Tapi itulah resiko blogging di blog gratisan. Terkadang kita harus dihadapkan pada resiko-resiko seperti ini jika kita membuat blog gratisan.

Kutipan Google Banned Domain Co.cc

Kami (red: google) benar-benar mencoba untuk menjadi granular  (fleksibel), tapi saya ingin menyebutkan jika kami melihat sebagian  besar situs pada website gratisan tertentu menyebarkan spam dan memiliki  konten berkualitas rendah, kami berhak untuk mengambil tindakan pada  freehost (red: co.cc) secara keseluruhan. Saya pikir para ahli / orang  yang mengerti SEO akan memahami ini sepenuhnya, tapi saya pikir lebih  baik berkomunikasi daripada tidak berkomunikasi sama sekali.

Dari kutipan Matt Cutts tersebut bisa di artikan bahwa blog yang mempunyai domain co.cc dianggap menjadi blog-blog spammer, dummy blog atau blog yang berkualitas yang rendah. Barangkali itulah alasan utama Google Banned Domain Co.cc. Hal ini juga bisa terjadi karena mungkin ada hubungannya sama Google Panda.

Memang tidak heran jika pengguna atau anggota dari co.cc ini terbilang sangat banyak. Bagaimana tidak, domain co.cc bisa didapatkan secara gratis, meski ada pula yang berbayar. Terus terang, belum lama ini, saya juga menggunakan domain co.cc yang gratis untuk meningkatkan kemampuan saya untuk blogging, alias untuk belajar sebelum benar-benar membeli domain yang bukan gratis.  Lalu bagaimana dengan nasib pemilik domain co.cc yang berbayar ya?

Saran saya cuma satu, kalau mau serius blogging, lebih baik beli domain sendiri. Biayanya tidak terlalu mahal kok per tahunnya. Daripada nanti sering kena kasus seperti ini lagi. Bukan tidak mungkin google melakukan hal yang sama pada domain-domain gratisan lainnya. Apalagi semakin lama memang semakin banyak domain-domain gratisan yang digunakan cuma untuk spamming. Makin besar resiko di banned oleh google deh.

Seluruh pemilik Domain yang bawa nama domain co.cc di belakang nama domainnya harus kecewa. Google sudah deindeks semua co.cc, atau Google Banned Domain Co.cc secara keseluruhan.  Buat blog baru di domain berbayar jadi lebih bagus dan lebih unik kontennya. Google Banned Domain Co.cc jangan buat anda para blogger jadi putus asa ya. :)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: