fikathiana October 5, 2017 @ 9:53AM

Kulkas tidak hanya bermanfaat untuk lemari pendingin saja, namun kulkas benar-benar membantu ada menghemat waktu sebagai ibu rumah tangga. Yang biasanya pertama kali dilihat saat ingin membeli kulkas baru adalah model dan tipe-nya, apakah itu kulkas 2 pintu, ataukah kulkas 1 pintu saja? Atau banyak yang menanyakan, merk kulkas yang bagus dan hemat energi itu apa saja? Sebenarnya bukan hanya itu yang harus anda perhatikan sebelum membeli kulkas baru, masih ada beberapa faktor penting lainnya. Faktor apa sajakah itu, kita simak ulasannya berikut ini.

tips cara pilih kulkas bagus dan hemat energi

LG전자, ‘더블 매직스페이스’ 냉장고 라인업 확대’ by LG전자 available at  under CC BY 2.0

Meski fungsi utama lemari es adalah lemari pendingin dan tempan mengawetkan atau menyimpan bahan makanan agar kesegarannya tetap terjaga, namun tentu saja kulkas merupakan bagian dari interior rumah anda. Penampilan kulkas yang bagus, tentu akan melengkapi keindahan rumah anda. Anda bisa memilih model dan warna yang sesuai dengan ruangan.

Sekarang, kebanyakan yang dicari adalah kulkas bagus dan ramah lingkungan, mari kita lihat terlebih dahulu beberapa macam kulkas yang tersebar di pasaran.

MACAM-MACAM TIPE KULKAS / LEMARI ES

TIPE KULKAS BERDASARKAN PINTU

  • Kulkas 1 pintu
  • Kulkas 2 pintu
  • Kulkas Side by side
  • Kulkas Dual Swing Door
  • Kulkas Multi Door

TIPE KULKAS BERDASARKAN KAPASITAS PENYIMPANAN

  • Kulkas Mini: kapasitas di bawah 300 liter
  • Kulkas Sedang: kapasitas antara 300-400 liter
  • Kulkas Besar: Kapasitas antara 500-600 liter
  • Kulkas Extra Besar: Lebih dari 600 liter
  • Kulkas built-in/Cabinet-Sized: kulkas yang kapasitasnya mengikuti design yang disesuaikan.

TIPE KULKAS BERDASARKAN POSISI TEMPAT PENDINGIN DAN PEMBEKU

  • Kulkas Top Freezer

Ini tipe kulkas 2 pintu ini paling banyak digunakan masyarakat umum. Harga kulkas tipe ini cenderung lebih murah dan terjangkau di berbagai lapisan masyarakat.


Bagian pembeku (freezer) berada di bagian atas. Sedangkan bagian pendingin (fridge) ada di bawahnya. Bagi lanjut usia, tipe ini akan terasa sulit saat mengambil makanan dari kulkas jajaran bagian belakang.

  • Kulkas Bottom Freezer

Tipe kulkas dua pintu ini juga populer di gunakan di masyarakat, harganya pun terjangkau. Biasanya terdapat dua pilihan bentuk pada bagian pintu freezer, yaitu bentuk pintu biasa atau laci yang dapat ditarik.

  • Kulkas side by side.

Kulkas tipe ini mempunyai ketinggian yang sama antara lemari pembeku dan pendinginnya karena posisinya berdampingan. Ruang unit pembeku bisa lebih luas. Tipe ini cocok untuk dapur yang sempit.

  • Kulkas French Door

Model kulkas French door ini memiliki fitur dan variasi mewah, didukung dengan fleksibilitas yang memadai. Pintu lemari ini dikombinasikan dengan atas bawah dan kiri kanan. Model seperti ini biasanya memiliki beberapa laci freezer. Sesuai dengan kemewahan dan fiturnya, harga kulkas french door ini terhitung mahal, dan biasa digunakan untuk untuk dapur berinterior mewah pula.

  • Kulkas Mini/ Lemari Es Portable

Kulkas ini memiliki ukuran yang pendek sehingga hemat ruang peletakkan, cocok untuk diletakkan di ruangan yang kecil seperti kamar, apartemen, ruang kantor. Model yang tersedia biasanya sudah ada freezer di dalamnya, ada pula yang tidak.

TIPE KULKAS BERDASARKAN LAPISAN LUAR

  • Kulkas berbahan lapisan Tempered Glass

Bodinya dilapisi oleh bahan kaca yang tahan terhadap benturan keras. Biasanya digunakan juga sebagai bahan pembuat rak dan pemisah dalam kulkas. Tempered glass ini terkenal dengan kemampuan menampung bebannya (lebih dari 100 kg).

  • Stainless Steel :

Bahan pelapis luar kulkas dengan Stailess Steel ini terbuat dari bahan baja, sehingga membuat tubuh kulkas kuat dan tahan lama. Bahan stainless steel sering dipilih karena jauh lebih mudah dibersihkan daripada kulkas berkulit plastik.

Tips Membeli Lemari Es | Memilih Jenis Kulkas Bagus dan Hemat Energi

1. Pilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan dalam keseharian anda. Ada baiknya sesuaikan dengan seberapa besar kapasitas makanan yang simpan dalam kulkas untuk sehari-hari.

2. Pilih teknologi pendukung utama terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, anda pilih kulkas yang hemat energi. Teknologi canggih kulkas-kulkas terbaru sudah bermunculan pada merek-merek terkenal yang beredar di pasaran Indonesia. Dalam memilih, coba sesuaikan teknologi utamanya dahulu, setelah itu baru diikuti teknologi-teknologi pelengkapnya sebagai pendukung fungsi utama kulkas yang baik. Misalnya saja, teknologi android kulkas merupakan salah satu teknologi pendukung.

3. Pilih kulkas dengan warna dan model yang sesuai dengan ruangan dimana anda memposisikan kulkas nantinya. Sehingga keberadaan kulkas dapat melengkapi interior dapur anda dengan lebih baik dari segi penampilannya.

4. Ketahui tentang garansi kompressor kulkas yang anda beli. Perusahaan produsen kulkas besar biasanya memberikan garansi.

5. Standar Indonesia biasanya kulkas memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia).

Kesimpulan:

Model kulkas bagus dan hemat energi kini sudah banyak dimiliki oleh merk-merk kulkas ternama yang produknya sudah tersebar di pasaran Indonesia. Hampir rata-rata merk kulkas terkenal yang dijual sudah menggunakan teknologi inverter, yang mampu membuat kinerja kulkas dapat menghemat energi. Tidak perlu dibingungkan oleh merk, akan tetapi pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. Dan jangan lupa, sebaik-baik makanan atau sayuran tersimpan dalam kulkas, alangkah lebih baik jika anda mengkonsumsi atau mengolah bahan makanan, sayuran, buah-buahan yang masih segar atau belum terlalu lama tersimpan.

 



Share This