Memilih Jurusan Kuliah: Mulailah Pikirkan Zona Aman dan Tidak Aman

Bingung memilih jurusan kuliah, ini dilema yang sedang dihadapi siswa siswi SMU yang sebentar lagi akan menjelang masa kelulusan. Setiap jurusan dalam perkuliahan membutuhkan minat dan bakat yang sesuai dengan kekmampuan dan keinginan kamu. Dalam artikel kali ini, saya tidak akan membahas tentang bagaimana caranya kamu memilih jurusan kuliah yang tepat, karena saya yakin, untuk tips yang sejenis ini tentu sudah bisa kamu dapatkan lewat browsing di internet dengan mudah. Tapi saya ingin memberikan gambaran, tentang suatu hal yang harus kamu pikirkan juga, yaitu “Mulailah Pikirkan Zona Aman dan Tidak Aman” sebagai pendamping saat kamu memilih jurusan kuliah.

bingung memilih jurusan kuliah
Image courtesy by Ambro | freedigitalphotos.net

Semua jurusan itu akan menjadi baik dan bisa sukses asalkan kamu memiliki passion (hasrat), tingkat perjuangan (motivasi), tanggung jawab dan jiwa besar. Kamu berhak memilih jurusan apapun asal disertai dengan dengan hal-hal tersebut, selain mengenali bakat dan kemampuan dari diri kamu sendiri. Sadarilah, bahwa jenjang perkuliahan, apapun jurusannya, akan membuat cara berpikira atau pola pikir kamu dalam berbagai hal menjadi lebih luas, lebih baik, dan lebih terorganisir.

Gambaran Sekilas Tentang Zona Aman dan Zona Tidak Aman

Sekarang coba perhatikan hal berikut ini. Apakah kamu kenal dengan istilah zona aman dan zona tidak aman dalam hal kehidupan? Setiap orang tentu memilih zona aman dalam berkarier. Misalnya, setelah lulus kuliah, ingin langsung bekerja di perusahaan besar, atau langsung mempunyai pekerjaan yang sesuai dengan gelar yang diperolehnya. Dengan begitu, setiap mahasiswa yang sudah mendapat gelar akan berada di zona aman. Namun apakah pernah terpikir oleh kamu, bagaimana jadinya jika kamu ternyata harus masuk dalam zona tidak aman? Ini yang jarang terpikirkan oleh banyak orang, sebagian besar pemikiran lebih memilih dan memperjuangkan zona aman dengan mengesampingkan zona tidak aman.

Saat seseorang berada dalam zona aman, dan memiliki masa produktif atau masa kerja yang masih panjang, maka zona tidak aman akan tidak terlalu dipikirkan. Namun kenyataannya, setiap orang, seiring dengan waktu, meski telah berada dalam zona aman dalam sekian waktu lamanya, ternyata dipaksa untuk masuk ke zona tidak aman. Gampangnya begini… Ketika seseorang memiliki kedudukan, jabatan, atau posisi di sebuah perusahaan, kemudian memiliki gaji yang cukup, ternyata di usia tertentu, dia harus siap untuk menghadapi pensiun, perampingan karyawan, atau bahkan pemecatan. Disinilah orang dipaksa dan mau tidak mau harus terjun bebas masuk ke zona tidak aman. Tanpa pekerjaan lagi, seseorang harus tetap mengeluarkan biaya hidup yang akan terus berjalan setiap harinya. Di saat seperti inilah, saat dipaksa harus masuk ke zona tidak aman, barulah seseorang akan kelabakan. Banyak contoh kasus yang terjadi di lingkungan saya,  beberapa orang memiliki jabatan dan gaji yang mumpuni saat ini, namun menjelang masa pensiun, mereka kelabakan memikirkan usaha apa yang harus dijalani saat pensiun nanti. Menurut saya ini sangat terlambat, kenapa hal ini tidak dipikirkan sejak dulu?

Apa Hubungannya dengan Memilih Jurusan Kuliah?

Nah, alangkah baiknya jika saat kamu menentukan jurusan kuliah, kamu juga berpikir tentang keduanya, yaitu keadaan dimana kamu berada dalam zona aman maupun saat kamu berada dalam zona tidak aman. Kebanyakan orang, terlambat memikirkan zona tidak aman  dalam menentukan pilihan. Artinya, tips yang ingin disampaikan disini, cobalah memilih jurusan kuliah, yang dapat mendukung kamu juga pada saat kamu di posisi zona  tidak aman, bukan hanya mendukung kamu saat berada di posisi zona aman.

Cita-cita ingin langsung bekerja saat lulus kuliah itu sudah menjadi cita-cita umum.  Cobalah untuk mempersiapkan diri kamu untuk berada di zona tidak aman, dengan titel  atau jurusan yang kamu akan kamu ambil. Tidak ada salahnya kamu berpikir sejak awal  misalnya untuk mencari sampingan dengan berwiraswasta kecil-kecilan. Jika kamu berpikiran ini sejak awal, maka dengan sendirinya, saat kamu menjalani kuliah pun, banyak sekali ilmu atau wawasan yang akan kamu dapat, bahkan akan kamu cari dengan sengaja, sambil menjalani perkuliahan. Kamu akan lebih bisa melihat lebih banyak peluang yang ada, karena kamu juga bisa jadi lebih peka membaca peluang usaha. Berbeda dengan yang hanya memikirkan dan memperjuangkan zona aman. Seseorang bisa jadi hanya pergi kuliah, pulang kuliah, belajar, begitu terus setiap harinya, tanpa mendapatkan ilmu atau wawasan lain diluar jurusan kuliah yang dia ambil.

Contohnya, jika kamu mengambil jurusan kedokteran gigi, nantinya kamu tidak harus memilih bekerja di perusahaan orang lain, atau di rumah sakit. Tanpa kamu menjadi karyawan, kamu tetap bisa membuka praktek sendiri. Sambil kamu juga dapat mencoba bidang usaha lainnya. Artinya disini, cobalah memilih jurusan yang nantinya bisa mempersiapkan diri kamu untuk bisa berdiri sendiri, atau sukur-sukur bahwa kamu nantinya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Susah-susah gampang memang memilih jurusan dalam kuliah. Tapi cobalah pertimbangkan hal-hal yang saya jelaskan diatas. Apapun jurusan kuliah kamu, cobalah pikirkan juga  saat kamu nantinya berada dalam zona tidak aman.

Dan satu hal lagi, jangan coba-coba memilih jurusan hanya karena mengikuti trend yang sedang berjalan di lingkungan kamu. Misalnya saja karena teman-teman kamu banyak memilih jurusan komputer, maka kamu pilih jurusan komputer saja biar lebih seru kuliah bareng sahabat atau teman-teman kamu. Jangan sekali-sekali memilih jurusan kuliah dengan ini ya! Pastikan kamu benar-benar memilih jurusan yang benar-benar kamu sukai dan kamu mampu akan perjuangkan itu hingga tuntas. Jangan juga jadikan kuliah sebagai beban berat, meski ini untuk tujuan karier atau identitas diri. Jalani kuliah kamu tanpa menghilangkan faktor fun disela-sela kesibukan kamu, sehingga kamu bisa lebih enjoy menjalani kuliah, namun tetap bertanggung jawab untuk menyelesaikannya dengan baik. Jangan kecewa jika kamu ternyata tidak dapat masuk ke kampus favorit sesuai cita-cita kamu ya! Karena dimanapun kuliah kamu, yang paling penting adalah ilmunya, wawasannya, bukan gengsi! Tinggal kemampuan dan motivasi kamu mengembangkan wawasan dan pergaulan yang baik yang perlu diasah, dimanapun kamu berkuliah. Ok guys n gals…!

Comments

comments

One thought on “Memilih Jurusan Kuliah: Mulailah Pikirkan Zona Aman dan Tidak Aman

  • July 29, 2015 at 5:40 pm
    Permalink

    Nice artikel…cocok banget buat yang baru lulus sekolah dan ingin melanjutkan ke jenjang kuliah
    memang masih banyak yang belum memilih dengan benar jurusan yang di pilih, ada yang tuntutan dari orang tua, ada yang sekedar ikut2an…dan ada pula yang asal memilih

    ya walau semua pilihan itu tergantung dari mahasiswa itu sendiri, untuk tetap meneruskan atau mengakhiri dan mencari yang sesuai dengan keinginan :)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: