Masalah atau Trouble Shooting Umum Pada Windows | Bagian 2

Ini dia artikel lanjutan dari infodari.com tentang Masalah atau Trouble Shooting Umum Pada Windows | Bagian 2. Kita langsung ke pokok bahasan saja ya.

Penyebab umum kemungkinan masalah pc (Trouble Shooting Umum Pada Windows) yang terjadi bisa disebabkan oleh masalah-masalah di bawah ini.

1. Kerusakan pada registry system anda.

Registry ini berfungsin menampilkan informasi serta konfigurasi antara hardware dan software pada komputer anda. Terlalu banyak sering gonta ganti software, install dan uninstall software atau driver sering meninggalkan jejak pada registry. Jika registry system ada yang rusak atau hilang, biasanya pc anda akan sering hang atau sering terjadi crash pada sistem.

Solusi : Gunakan software untuk maintanance atau memperbaiki dan membersihkan registry pada system anda, seperti registry cleaner, registry defrag. Jadi anda tidak perlu membersihkan atau membereskannya secara manual. Jika permasalahan pada komputer anda masih berlanjut, maka kita telusuri penyebab kerusakan selanjutnya.

Tips:  Bagi orang awam pada masalah sistem komputer, sebaiknya tidak mengotak-atik registri pada sistem windows anda secara manual. Merubah sendiri value atau isi registry harus dilakukan oleh orang yang mengerti tentang system registry pada komputer.

2. File berantakan dan tidak teratur rapi.

Begitu banyak file yang anda miliki namun tidak tersimpan rapi dalam harddisk anda, akan bisa menjadi penyebab komputer anda sering crash atau hang. Kita sering memasukkan dan mengeluarkan data, namun tidak rajin membersihkannya atau menata susunannya. Sistem penempatan data yang tersimpan pada windows selalu pada memori yang sedang kosong.

Solusi: Gunakan utility dari windows yang dinamakan disk defragment. Atau anda juga bisa menggunakan software lainnya yang bertujuan sama, merapihkan penempatan data pada memory harddisk anda. Jika permasalah masih berlanjut, terlusuri lagi penyebab permasalahan selanjutnya.

Tips : Jangan terlalu sering melakukan defrag, cukup lakukan defrag pada saat komputer anda sudah mulai lambat atau pada saat diperlukan saja.

3. Terkena virus/malware.

Pastikan komputer anda punya sistem keamanan dari bahaya virus dan malware. Selalu gunakan antivirus dan anti malware, spyware, pada komputer anda. Virus sering bekerja untuk merusak sistem dan data pada komputer, ini merupakan ancaman serius. Tak heran jika terjadi kerusakan karena adanya virus, maka kinerja komputer akan tidak karuan, registry, sistem dan data-data anda bisa rusak.

Solusi: Scan komputer anda dengan menggunakan anti virus dan antimalware yang anda install pada komputer. Sembuhkan penyakitnya dengan antivirus tersebut.

Tips: Jangan pernah meninggalkan kegiatan update database anti virus anda. Perkembangan jenis-jenis virus terus berkembang dari hari ke hari, maka pastikan anda memiliki software anti virus yang punya database virus paling baru. Jadi, update selalu antivirus pada komputer anda.

4. Kapasitas harddisk sudah terlalu penuh.

Coba cek berapa jumlah sistem dan data yang tersimpan pada harddisk anda. Jika kapasitas harddisk sudah mendekati penuh, atau sudah terlalu banyak data, makan tidak menutup kemungkinan sistem komputer anda bekerja lebih berat dan akan menyebabkan kelambatan pada kinerja komputer anda.

Solusi: Cek data-data anda, yang tidak penting sebaiknya di hapus saja, agar beban harddisk tidak terlalu berat. Bersihkan harddisk anda dari sampah-sampahnya juga. Anda bisa gunakan software seperti CC Cleaner atau yang lainnya untuk membersihkan sistem anda dari sampah-sampah data, dan sampah-sampah bekas anda bekerja, dan bekas anda melakukan browsing atau online.

Tips: Biasakan menempatkan data-data anda di drive terpisah dari drive sistem anda. Sisakan free space pada sistem anda setidak-tidaknya 25% dari kapasitas drive sistem anda. Jadi jangan sampai terlalu penuh. Harddisk butuh ruang untuk bernafas dan bekerja. Jangan terlalu penuh.

5. Suhu komputer terlalu panas (Overheat)

Coba lihat kebersihan CPU anda. Jika terdapat debu yang terlalu tebal pada kipas atau prosesor anda, itu dapat menyebabkan suhu pada komputer anda meningkat. Debu-debu itu bisa menghalangi sirkulasi udara di dalam komputer anda. Hal ini akan membuat komputer dan prosesor anda cepat panas, dan akhirnya membuat kerja komputer anda menjadi lambat dan sering hang karena suhunya sudah terlalu panas. Hal ini pun dapat menyebabkan hardware anda rusak.

Solusi: Bersihkan CPU anda dengan alat-alat pembersih yang aman dan lembut, terutama kipas prosesor. Cek kecepatan kipas-kipas yang ada. Jika kipas-kipas anda sudah bekerja lambat, ada baiknya segera ganti kipas-kipas anda dengan yang baru.

Tips: gunakan alat pembersih seperti penyemprot angin yang kecil, kuas yang berbulu lembut. Jangan gunakan cairan apapun untuk menghindari konslet pada mainboard anda. Rapihkan juga susunan kabel-kabel yang ada di dalam cpu anda.

Anda bisa menggunakan software-software perawatan pada sistem anda seperti Tune Up Utilities, Advance system cleaner, Ashampoo Win Optimizer, atau software mantainance lainnya. Dalam satu software itu biasanya disediakan berbagai keperluan seperti registry fix, registry defrag, membersihkan hard disk, membersihkan sampah, dan perbaikan-perbaikan dalam keperluan optimasi windows anda lainnya dalam satu paket program. Baca juga artikel terdahulu yang pernah infodari tulis sebelumnya tentang 5 Hal Penting Buat Kinerja Komputer Lebih Cepat

Itulah masalah yang sering terjadi pada komputer saya dan solusinya. Ini merupakan tindakan awal yang bisa anda lakukan, jika anda mengalami permasalahan yang sama dengan saya pada komputer anda. Ingat, kerja komputer anda lambat, atau kerusakan pada pc anda tidak selalu karena kerusakan pada hardware. Kerusakan komputer yang menyebabkan kerja komputer anda lambat, dapat diminimalisir dengan merawat komputer anda dengan baik, baik fisik maupun systemnya. Semoga dengan begitu, komputer anda bisa bekerja normal kembali seperti semula. Jika penyakit masih berlanjut, yang harus anda lakukan sebaiknya menghubungi dan mendatangi teknisi komputer. Semoga bermanfaat! (Klik disini untuk melihat kembali bagian 1)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: