Masalah atau Trouble Shooting Umum Pada Windows | Bagian 1

Kerusakan komputer sering terjadi karena kurangnya merawat komputer, baik fisik maupun sistemnya. Kebanyakan pengguna komputer, hanya memahami kebersihan fisik saja, tanpa rajin merawat dan membersihkan sistem di dalamnya. Sedangkan terkadang, pengguna komputer sering dihadapkan kepada masalah komputer error, hang, lambat, dan masalah-masalah atau trouble shooting komputer lainnya pada system pc anda. Kerusakan pada pc atau masalah pada pc belum tentu merupakan kerusakan hardware.  Hal ini sering menyebabkan komputer anda bermasalah. Trouble shooting umum pada windows ini pun sering saya alami. Berikut infodari.com akan mengupas tentang masalah yang sering terjadi pada komputer umumnya.

Bagi yang tidak terlalu mengerti mengenai sistem, saat dihadapkan kepada masalah komputer, langsung membawanya ke teknisi komputer. Namun sebenarnya, sebelum itu anda dapat mencoba memperbaiki sendiri, dengan software-software untuk maintanance system windows anda sendiri terlebih dahulu.Namun ada juga, pada saat menghadapi problem atau masalah pada sistem, mem-format ulang sistem windows sering menjadi keputusan terakhir.

Keputusan ini sebenarnya tidak salah, tapi sebuah hard disk yang terlalu sering di format, bisa mengalami redudansi (banyak duplikasi atau data rangkap). Hingga akhirnya, sedikit demi sedikit kapasitas harddisk semakin berkurang. Tak jarang dengan adanya redudansi ini, sebuah harddisk akan punya banyak bad sector, dan akhirnya membuat harddisk menjadi tidak sehat dan mudah hang, dan sering menjadi sulit membaca data didalamnya. Hal ini akan menimbulkan kerusakan pada harddisk anda.

Ada baiknya cek dulu system komputer anda pada saat anda menghadapi beberapa masalah komputer, siapa tau permasalahannya masih terletak pada system dan bukan pada hardware komputer anda. Dengan begitu masih ada kesempatan untuk anda yang tidak terlalu mengerti masalah sistem memperbaikinya sendiri. Jika sakit masih berlanjut, baru hubungi dokter alias teknisi komputer. :)

Saya ingin berbagi pengalaman tentang masalah komputer yang beberapa kali sering saya temukan pada komputer saya. Kemungkinan kerusakan harus diteliti satu persatu, supaya permasalahan inti yang dihadapi dapat diobati atau disembuhkan. Ini berlaku bagi semua sistem operasi windows apa saja pada komputer anda, windows xp, vista, windows 7, dan yang lainnya.

Masalah yang sering saya temukan (Trouble Shooting Umum Pada Windows):

1. Komputer bekerja lambat.
2. Sering hang atau stop responding.
3. Sering mengalami blue screen.
4. Proses booting dan startup windowsnya lama.

Lalu, kemungkinan apa saja yang menyebabkan masalah-masalah pada pc tersebut muncul? Lihat Masalah atau Trouble Shooting Umum Pada Windows | Bagian 2 untuk lebih lengkapnya. Masalah pada pc dapat anda atasi terlebih dahulu sebelum dibawa ke ahlinya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: