Manfaat Seng Mengurangi Resiko Masuk Angin

Kali ini Infodari akan membahas tentang manfaat seng yang dapat mencegah dan mengurangi resiko masuk angin. Penelitian telah membuktikan bahwa seng menjadi obat yang manjur untuk mencegah masalah masuk angin. Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Sebuah tinjauan dari bukti ilmiah yang ada menyarankan untuk menggunakan unsur seng (zinc) dalam memulihkan kesehatan akibat terserang masuk angin.

Hal ini juga dapat membantu mencegah flu, seperti ditulis dalam “Cochrane Systematic Review”, Rabu (16/2), saran itu sebagai hasil akhir dari 15 percobaan yang melibatkan 1.360 orang.

Namun, menurut para pakar itu, diperlukan lebih banyak percobaan untuk menentukan dosis yang tepat.

Sedikit orang yang dapat menghindari penyakit yang disebabkan infeksi karena virus ini. Virus flu dapat ditularkan dari orang ke orang tidak hanya lewat batuk dan bersin tetapi juga dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi.

Tidak ada pengobatan yang terbukti manjur untuk masuk angin ini, tapi para ahli percaya obat yang mengandung zinc dapat membantu mencegah dan mengurangi infeksi dengan cara melapisi virus ini dan menghentikan memasuki tubuh melalui hidung. Dalam tes laboratorium, seng juga mampu menghentikan virus melakukan replikasi.

Menurut beberapa saran, salah satu manfaat seng juga bisa membantu sistem kekebalan tubuh dan dapat meredam reaksi tubuh yang tidak menyenangkan akibat serangan virus tersebut.

Menurut sang peneliti Meenu Singh, dari Pasca Sarjana Institut Pendidikan dan Penelitian Medis di Chandigarh, India, ” tinjauan ini memperkuat bukti seng sebagai pengobatan untuk flu biasa.”

“Namun, untuk saat ini, masih sulit membuat rekomendasi umum, karena kita tidak tahu banyak tentang formulasi, dosis optimum atau lamanya pengobatan,” ujar Singh.

Menurut hasil uji coba, sirup, permen atau tablet zinc terbukti mengurangi parah dan lamanya penyakit masuk angin.

Dengan penelitian oleh para pakar, akhirnya dinyatakan bahwa manfaat Seng dapat mengurangi resiko masuk angin. Maka dari itu, jika anda mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung zinc atau seng, tentu akan bermanfaat untuk mencegah anda mengalami masuk angin.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: