Manfaat Permainan Lego Mengasah Kecerdasan dan Kreatifitas

Selain bermain, permainan LEGO merupakan salah satu jenis mainan yang mampu membangkitkan dan mengasah imajinasi, kreatifitas, kesenangan serta kepuasan, serta kepedulian terhadap sesama. Manfaat ini merupakan kelebihan yang bisa didapatkan dalam setiap permainan konstruksi LEGO.

6 Manfaat Permainan LEGO

hasil karya permainan lego
Image courtesy by Smithsonian’s National Zoo | flickr.com
  • Imajinasi

Lego membangkitkan imajinasi seseorang untuk mewujudkannya ke dalam bentuk nyata melalui lego. Rasa penasaran untuk membuat sesuatu yang luar biasa melalui lego, merupakan salah satu bentuk imajinasi yang terangkat. Dengan daya imajinasi inilah, maka akan timbul kreasi yang sesuai dengan keinginan.

  • Kebebasan

Untuk mengembangkan daya imajinasi, maka diperlukan adanya kebebasan, yang dapat menjadi dasar utama munculnya kreatifitas. Permainan Lego membebaskan pemainnya menggunakan berbagai bentuk dan warna yang tersedia untuk dijadikan sesuatu sesuai dengan imajinasinya.

  • Kreatifitas

Untuk dapat memunculkan ide dan menciptakan sesuatu, maka kreatifitas adalah hal yang dibutuhkan. Kreatifitas yang sistematis merupakan wujud gabungan dari logika dan alasan yang cukup bersinergi dengan bermain lego.

  • Kegembiraan

Karena Lego merupakan permainan, maka tentu saja dapat menyenangkan. Begitulah sifat permainan. Permainan lego menghadirkan konsep permainan yang serius tapi santai, menyisipkan unsur petualangan, dan menyenangkan. Kesenangan ini akan lebih lengkap tercapai jika bentuk yang diinginkan bisa tercapai menjadi sebuah hasil karya yang menawan.

  • Belajar

Lego merupakan salah satu permainan yang sekaligus menjadi media pembelajaran. Didalamnya terdapat unsur kebebasan bereksperimen, berkembang, dan menemukan. Kemampuan berpikir dibebaskan saat bermain lego, tangan dan pikiran bekerja sama, sehingga dapat membantu seseorang, baik anak-anak maupun dewasa untuk dapat saling melihat dan menghargai perspektif serta hasil karya dirinya dan orang lain. Dengan demikian, bermain lego juga dapat mengajarkan dan menumbuhkan kepercayaan diri pada anak-anak.

  • Peduli

Permainan lego juga dapat menumbuhkan kepedulian, baik sesama pemain lego, maupun yang bukan bermain. Pemain lego dapat saling meminta pendapat atau saran, untuk menghasilkan sebuah hasil karya, dari wujud imajinasi dalam pikiran mereka.

Permainan lego sangat menarik dan dapat membuat penasaran. Bagaimana menghasilkan sesuatu hasil karya dalam bentuk atau wujud yang sekaligus memiliki 6 unsur manfaat diatas. Daya kreatifitas dengan sendirinya akan terus terlatih, sehingga sangat disarankan untuk diperkenalkan kepada anak-anak di masa pertumbuhannya, untuk membantu proses pembelajaran kreatifitas, kecerdasan serta kemampuan logika. Permainan lego sendiri terbagi dalam beberapa range batasan umur, sehingga dapat disesuaikan dengan usia anak-anak.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: