Manfaat Minum Teh Cegah Datangnya Berbagai Penyakit

Minum teh setiap hari tampak seperti kebiasaan sehari-hari yang biasa saja. Namun dibalik itu, ternyata jika anda mengonsumsi teh setiap hari tubuh anda akan menerima banyak manfaat teh yang anda minum. Faktanya, manfaat minum teh secara rutin sangat membantu tubuh anda menolak serta mencegah berbagai datangnya penyakit.

jenis dan manfaat minum teh
By Haneburger (Own work) [Public domain], via Wikimedia Commons

Tanaman dan daun teh ditemukan pertama kali di Negeri Cina, yang kemudian dibuat ramuan obat-obatan. Pada saat itu, masyarakat Cina bahkan mengunyah teh secara langsung. Selain itu teh juga digunakan untuk melezatkan berbagai macam masakan. Sejak saat itu, teh pun semakin terkenal di seluruh pelosok negeri hingga ke berbagai negara-negara di dunia, dan kemudian terus dibudidayakan.

Dibedakan dari asal tanamannya, jenis teh terdiri dari 4 macam, yaitu teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih. Dikutip dari wikipedia, teh merupakan salah satu minuman yang memiliki sumber alami kafein, teofilin, dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen.

Jenis teh yang dibedakan dari tingkat oksidasi-nya terdiri dari teh putih, teh hijau, teh oolong, teh hitam atau teh merah, dan teh Pu-Erh.

Manfaat minum teh telah di bahas secara lengkap dalam sebuah acara 5th International Scientific Symposium on Tea & Human Health di Washington D.C. Simposium yang dihadiri oleh para ahli ini telah berhasil menyimpulkan apa saja manfaat teh bagi kesehatan. Dalam lima tahun terakhir sebelum 2012, sudah ada 28.878 penelitian tentang teh dan kesehatan.

Manfaat Minum Teh yang Dikonsumsi Secara Teratur

  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengurangi efek negatif makanan tinggi lemak terhadap tekanan darah dan aliran darah pada arteri
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Meningkatkan performa otak
  • Mencegah kanker
  • Meningkatkan efektivitas kemoterapi
  • Mengurangi peradangan pada penyakit kronis.

Secara garis besar, simposium ini menyimpulkan bahwa minum secangkir teh hijau, hitam, putih atau oolong setiap hari, secara nyata dapat meningkatkan kesehatan.

Kenikmatan sekaligus manfaat minum teh dapat anda dapatkan dari berbagai jenis teh yang kini telah tersedia dalam berbagai bentuk kemasan, diantaranya teh saring, teh seduh, teh yang dipres, teh stik, dan teh instan. Teh dalam berbagai kemasan juga kini tersedia dengan berbagai aroma dan rasa, anda tinggal pilih mana yang paling anda suka.  Secangkir teh hangat ditemani cemilan kecil, akan terasa semakin nikmat.

Comments

comments

One thought on “Manfaat Minum Teh Cegah Datangnya Berbagai Penyakit

  • September 8, 2014 at 9:40 am
    Permalink

    terima kasih infonya…
    saya setiap hari malah bangun tidur lgsg minum air putih.. ternyata lebih bagus minum air teh ya..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: