Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Nov 27, 2012 in Kesehatan | 0 comments

Manfaat Kesehatan Dibalik Cantiknya Warna Warni Paprika

Tahukah anda apa itu paprika? Dan apa manfaat Paprika bagi tubuh jika anda mengkomsumsinya? Anda tentu sudah familiar dengan bentuk buah paprika. Jenis sayuran Paprika juga sering di jadikan bahan tambahan dalam berbagai resep masakan dan pasta. Kandungan gizi paprika yang melimpah, ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Anda dapat menemukan paprika dengan beberapa warna seperti hijau, merah dan kuning. Secara keseluruhan, kesemuanya memberikan manfaat kesehatan jika dikonsumsi oleh anda. Paprika yang kaya akan berbagai vitamin dan kandungan gizi yang menyehatkan tubuh ini juga tidak sulit ditemui. Anda dapat membelinya di supermarket dengan mudah. Dan anda bisa membubuhi masakan anda dengan irisan atau potongan daging paprika.

Paprika, yang di kawasan Mediterania termasuk jenis bumbu penyedap, ternyata juga merupakan sumber antioksidan yang kuat. Dalam penelitian, paprika memang masih kalah kuat dibandingkan oregano, bumbu lain asal kawasan Mediterania.

gambar paprika merah hijau dan kuningRasa pedas paprika berasal dari zat bernama capsaicin. Zat ini bermanfaat melegakan saluran napas dari zat lendir. Penelitian lain mengungkapkan bahwa konsumsi capsaicin menyebabkan lambung mengeluarkan lendir yang melindungi permukaannya dari zat penyebab iritasi seperti asam, aspirin dan alkohol.

Paprika termasuk golongan tanaman cabe namun tidak memiliki rasa pedas karena tidak mengandung Capsicin. Paprika mempunyai banyak jenis antara lain : Wonder Bell, Takii ace, Jumbo sweet, Green Horn, Skipper, Colombo, Marengo dll. Jenis budidaya paprika terbanyak di Indonesia adalah Wonder bell, skipper dan blue star karena bentuknya menyerupai bel dan buahnya besar.

Kandungan gizi dalam Paprika

Paprika kaya akan karoten, vitamin B serta vitamin C. Kandungan gizi yang terdapat didalam paprika tiap 100 gram buah hijau segar adalah : 0,9g protein, 0,3g lemak, 4,4g karbohidrat, 7,0mg Ca, 0,4mg Fe, 22mg P, 540 IU vitamin A, 22,0mg vitamin B1, 0,002mg vitamin B2, 0,4 Niacin adan 160mg vitamin C. Paprika juga mengandung asam askorbat yang nilai gizinya setiap 100 gram buah paprika 29 miligram kalori, 11 miligram kalium, 870 IU vitamin, 0,03 miligram riboflafin, 0,05 miligram Niasin.

Salah satu manfaat kesehatan paprika ini adalah membuat prostat semakin sehat. Keuntungannya untuk prostat antara lain adalah mengurangi resiko kanker prostat, mengurangi resiko pembesaran prostat, membantu melawan bakteri prostatitis.

Manfaat kesehatan dari paprika lainnya adalah meningkatkan daya imunitas tubuh, mencegah penyakit mata, mencegah kanker, mampu mengobati luka memar dan keseleo, menumbuhkan jaringan rambut baru, menurunkan kolesterol, membangun regenerasi sel tubuh, mengobati infeksi tenggorokan dan hidung, menurunkan kadar gula darah, mencegah penyakit sinusitis, penyakit telinga, melancarkan saluran pencernaan, dan Paprika juga menjadi makanan pelindung kulit dari matahari.

Prapika juga adalah jenis makanan yang akan menjadi tabir surya alami karena paprika mengandung beberapa jenin komponen antioksidan. Tanaman memproduksi antioksidan dalam jariangan mereka untuk melindungi sel-sel mereka mengalami kerusakan akibat panas, cahaya, udara, kelembaban serta waktu.

Ketika kita mengasup makanan sumber antioksidan ini, kandungan alamiahnya akan ikut memberi perlindungan pada sel-sel tubuh, termasuk sel kulit. Berikut adalah makanan yang direkomendasikan untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB.

Paprika Warna merah, kuning atau oranye dari paprika berasal dari pigmen alami yang disebut karotenoid. Antioksidan ini diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh yang akan melindungi sel kulit dengan menghambat kerusakan pada lapisan lemak di sekitar sel kulit.

Namun diingatkan, bahwa capsaicin juga dapat menyebabkan iritasi pada saluran cerna. Hindari sayuran ini jika Anda punya penyakit Maag. Itulah sekelumit pengetahuan tentang manfaat kesehatan dibalik cantiknya warna warni paprika. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang buah Paprika.

(Sumber: berbagai sumber)

Dapatkan Artikel-artikel Menarik Infodari.com ke Inbox-mu!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 × four =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>