Manfaat Buah Duku dan Cara Memanfaatkan Buah Duku

Manfaat Buah Duku dan Cara Memanfaatkan Buah Duku — Buah duku adalah salah satu buah yang rasanya manis, dan terdapat biji didalamnya. Langsat atau sering disebut buah duku (buah dukuh) ini sudah tersebar di seluruh Asia, dan merupakan salah satu jenis buah tropis. Kandungan buah duku dari daging, kulit dan biji buah duku ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat  kandungan gizi buah duku tersebut?

Di artikel ini saya tidak akan bercerita tentang bagaimana asal usul buah duku dan macam-macam jenisnya. Saya akan memberikan penjelasan secara singkat tentang kandungan gizi dan manfaat buah dukuh, serta apa yang bisa dimanfaatkan dari buah duku.

Nama ilmiah buah duku adalah Lansium domesticum Corr.  Buah duku sering dijadikan buah di meja saja. Pada umumnya, kita memakan buah duku hanya dagingnya saja, kulit serta biji buah dukuh langsung dibuang. Padahal biji buah duku bisa dapat diolah kembali menjadi benih dan ditanam. Kulit kayunya pun bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Untuk melihat cara teknisnya anda dapat mengunjungi site referensi yang saya dapatkan di : PETUNJUK TEKNIS PRODUKSI BENIH DUKU (Lansium Spp.).

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat dan khasiat buah duku untuk kesehatan, kita lihat terlebih dahulu apa saja kandungan yang tersimpan dalam buah duku.

Secara garis besar, pada 100 gram buah dukuh memiliki kandungan gizi:

1 gram protein, 0.2 gram lemak, 13 gram karbohidrat, 0.7 gram mineral, 18 mg kalsium, 9 mg fosfor, dan 0.9 gram zat besi. Buah duku juga mengadung vitamin A, B1, C dan serat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan mencegah kanker kolon.

Buah duku merupakan salah satu buah musiman yang banyak digemari masyarakat. Lalu apa saja manfaat duku dari kandungan gizi yang terdapat di dilamnya.

Khasiat atau Manfaat Buah Duku:

  • Buah Duku mengandung dietary fiber atau serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.
  • Selain daging buah duku yang segar menyehatkan, bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam.

Cara mengolahnya adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan beberapa buah biji duku.
  2. Bersihkan dan keringkan.
  3. Tumbuk sampai halus.
  4. Setelah halus, campur dengan air secukupnya, setelah itu kita minum, satu kali sehari, sekali minun seperempat gelas.
  • Kandungan fosfor yang terdapat pada buah duku membantu menguatkan gigi.
  • Kulit kayunya juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga berbisa, malaria, dan obat disentri.

Cara penggunannya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil tepung kulit kayu buah duku, yang dimaksud dengan tepung kulit kayu duku adalah sejenis serbuk putih yang biasanya menempel dikulit kayu buah duku.
  2. Setelah diambil kemudian oleskan tepung kulit kayu buah duku tersebut kebagian tubuh kita yang tergigit atau tersengat kalajengking.
  • Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat mengobati dan membasmi sel-sel kanker.
  • Beberapa bagian tanaman duku juga bermanfaat sebagai obat tradisional, seperti obat cacing, demam, disentri, malaria, diare, dan bahkan pengusir nyamuk. Biji buah duku yang pahit dapat ditumbuk dan    dicampur air untuk mengatasi cacingan dan demam.
  • Kulit buahnya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat diare. Selain itu, kulit buahnya juga dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dengan cara dikeringkan kemudian dibakar.

Buah duku pun bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, antara lain:

  • Karena kayunya yang berbentuk keras, padat, berat dan awet, sehingga kerap digunakan sebagai bahan perkakas dan konstruksi rumah di desa, terutama kayu pisitan.
  • Bijinya bisa ditanam kembali.
  • Dapat dibuat menjadi selai, dijadikan puding, dan berbagai hidangan masakan lainnya.

Untuk membuat buah duku menjadi selai, caranya adalah sebagai berikut:

untuk selai, siapkan 1500 gr daging buah duku yang sudah diblender halus, 600 gr gula pasir, 100 ml air, 5 gr gelatin, 30 ml air jeruk lemon dan ½ sdt vanila essens. semua bahan dicampur jadi satu, panaskan hingga tekstur mengental dan warna kekuningan. selagi panas simpan di dalam botol kaca, tutup rapat, kini anda mempunyai selai duku yang lezat dan siap digunakan kapan saja.

Nah itu tadi sekelumit tentang manfaat buah duku dan apa yang bisa dimanfaatkan dari buah duku dan kulit pohonnya. Semoga bermanfaat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: