Manfaat Banyak Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah anda betapa banyak manfaat minum air putih untuk tubuh anda. Tapi banyak yang malas untuk minum air putih, atau minum hanya saat haus atau sesudah makan saja. Banyak minum air putih merupakan upaya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka sebaiknya anda mengetahui apa saja manfaat air putuh untuk kesehatan tubuh anda.

akibat malas dan manfaat minum air putihSekarang mari kita lihat kandungan air pda tubuh manusia. Air sebenarnya merupakan komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Kandungannya bervariasi sesuai usia. Kandungan air pada bayi 80 persen, orang dewasa sebesar 60 persen dan pada usia lanjut atau di atas 65 tahun sebesar 50 persen.

Air juga merupakan zat gizi penting bagi kesehatan tubuh karena berperan sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit. Maka dari itu, manfaat air putih untuk menjaga kecantikan juga dapat anda rasakan jika anda cukup atau bahkan banyak minum air putih.

Melakukan terapi air putih dapat memberikan berbagai manfaat, khususnya untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Sekarang mari kita lihat,

Khasiat / Manfaat banyak minum air putih untuk kesehatan.

1. Menjaga keseimbangan tubuh
Fakta medis menunjukkan bahwa 60% tubuh manusia terdiri dari cairan. Fungsi-fungsi cairan ini antara lain untuk proses pencernaan, penyerapan sari makanan sirkulasi darah dalam tubuh, transportasi nutrisi dan mempertahankan suhu tubuh. Jadi bisa dibayangkan bila tubuh sampai kekurangan asupan cairan.

2. Membantu mengendalikan kalori
Bagi mereka yang pernah mencoba beragam cara diet sehat pasti pernah mendengar kebiasaan minum air putih / terapi air putih sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Air putih dapat dijadikan pengganti minuman berkalori tinggi sehingga membantu program diet.

3. Membantu membangkitkan otot
Sel-sel yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan akan cairan dan elektrolit, akan mengakibatkan kelelahan pada otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya berkurang

4. Membuat kulit bercahaya
Salah satu cara menjaga kelembaban kulit adalah dengan mengkonsumsi air putih. Minum cukup air tidak hanya menjaga kelembaban kulit sehingga tidak tampak kering dan kusam, namun juga dapat membantu membuang racun di dalam tubuh sehingga kulit senantiasa terjaga kesehatannya.

5. Memelihara fungsi ginjal
Cairan tubuh merupakan media yang berguna untuk mentransportasi sisa atau limbah untuk keluar dan masuk kedalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan diekresikan dalam bentuk urin.

Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urin akan mengalir bebas, jernih dan bebas bau dan sebaliknya jika kekurangan air maka konsentrasi urin, warna dan bau akan kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Tak heran bila minum sedikit air maka orang akan beresiko mengalami batu ginjal

6. Mempertahankan fungsi usus
Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar dan mencegah terjadinya konstipasi. Ketika anda tidak punya cukup cairan maka usus akan menyerap cairan dari feses untuk tetap menjaga hidrasi sehingga hal ini dapat menyebabkan gangguan buang air besar. Manfaat terapi air putih akan sangat terasa jika anda menjalankannya terutama bagi anda yang sedang bermasalah dengan masalah pencernaan.

7. Tetap Langsing Dengan Air
Mencoba untuk menurunkan berat badan? Air meningkatkan metabolisme dan membantu Anda merasa kenyang. Ganti minuman sarat-kalori dengan air, dan minum segelas sebelum makan untuk membantu Anda merasa lebih kenyang. Minum lebih banyak air juga membantu meningkatkan amper metabolisme – terutama jika gelas Anda dingin. Tubuh Anda harus bekerja untuk menghangatkan air, dalam proses membakar beberapa tambahan kalori.

8. Air Mendorong Tenaga Anda
Jika Anda merasa lelah dan kehabisan tenaga, minumlah air. Dehidrasi membuat Anda merasa lelah. Air membantu darah mentransportasi oksigen dan nutrisi penting lainnya ke sel. Jika Anda mendapatkan cukup air, jantung Anda juga tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda.

9. Menurunkan Stres Dengan Air
85% dari jaringan otak Anda adalah air. Jika Anda mengalami dehidrasi, baik tubuh dan pikiran Anda akan menjadi stres. Jika Anda merasa haus, Anda sudah mengalami sedikit dehidrasi. Untuk menjaga tingkat stres turun, cadangkanlah segelas air di meja Anda atau membawa botol minuman dan minum sedikit demi sedikit secara teratur.

10. Membentuk Nada Otot Dengan Air
Air minum membantu mencegah kram dan melumasi otot sendi di dalam tubuh. Bila Anda terhidrasi dengan baik, Anda dapat berolahraga lebih lama dan lebih kuat tanpa “menghantam tembok.”

11. Memelihara Kulit
Garis-garis halus dan kerutan lebih dalam ketika Anda mengalami dehidrasi. Air adalah krim kecantikan alami Anda. Minum air menghidrasi sel-sel kulit dan mengankat mereka kembali, membuat wajah Anda tampak lebih muda. Ia juga mengeluarkan kotoran dan meningkatkan sirkulasi dan aliran darah, membuat wajah Anda bersih, jernih, dan bercahaya.

12. Tetap Teratur Dengan Air
Seiring dengan serat, air sangat penting bagi pencernaan yang baik. Air membantu melarutkan partikel limba dan meluluskan mereka dengan lancar melalui saluran pencernaan Anda. Jika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda menyerap semua air, meninggalkan usus besar Anda kering dan membuatnya lebih sulit untuk meluluskan kotoran.

13. Air Mengurangi Batu Ginjal
Tingkat penyakit batu ginjal yang menyakitkan meningkat karena orang – termasuk anak-anak – tidak minum cukup air. Air mencairkan garam dan mineral dalam urin yang membentuk kristal padat yang dikenal sebagai batu ginjal. Batu ginjal tidak dapat terbentuk dalam cairan urin, maka itu kurangi risiko Anda dengan banyak air!

Melihat manfaat air putih tersebut, maka anda dapat bayangkan, jika tubuh anda kekurangan pasokan air. Akibat kurang minum air putih, banyak fungsi di tubuh anda yang akan terhambat.

Efek buruk yang terjadi akibat jika anda adalah salah satu orang yang malas minum air putih seperti dilansir American College of Sports Medicine:

  •     Ketika pasokan air minim tubuh akan mengalami kekurangan air atau dehidrasi. Dehidrasi ini menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut.
  •     Komposisi otak terdiri atas cairan, dan ketika otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup akan terjadi gangguan fungsi kognitif (kepandaian) di otak. Otak tidak bisa menjalankan fungsi normalnya lagi, terutama fungsi kognitif yaang akhirnya membuat seseorang menjadi lemot, gampang lupa, dan tidak konsentrasi.
  •     Dehidrasi yang dialami tubuh bisa menyebabkan gejala mulai dari yang ringan dan sedang seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat, hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian.
  •     Rentan terkena infeksi kandung kemih karena bakteri tidak bisa keluar akibat kurang minum. Gejala infeksi kandung kemih ini bisa berupa suhu badan yang sedikit meningkat, rasa nyeri terutama saat akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan, nyeri tekan di atas tulang kemaluan. Kadang kala terdapat darah dalam urine.
  •     Perempuan harus lebih banyak mengonsumsi air karena panjang saluran kemihnya lebih pendek dibanding laki-laki. Banyak minum air akan membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.
  •     Kulit jadi kusam karena kurang minum membuat aliran darah kapiler di kulit juga tidak maksimal.
  •     Kurang minum air putih bisa mengganggu fungsi ginjal karenanya air penting untuk mencegah batu ginjal. Dengan cukup air maka komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil.

Itulah sekelumit tentang manfaat air putih dan akibat jika anda kurang minum air putih. Ubah kebiasaan anda yang malas minum air putih mulai dari sekarang. Tidak sulit untuk mendapatkan air putih kok, anda tidak perlu mengolah sendiri air putih. Tinggal kemauan anda untuk merubah kebiasaan malas minum air putih saja. Dan rasakan khasiat dan manfaat minum air putih jika anda tidak lagi malas minum air putih lagi. Semoga bermanfaat.

(Sumber : http://www.beritaunik.net/tips-trik/akibat-bila-malas-minum-air-putih.html
http://www.metris-community.com/manfaat-terapi-air-putih-khasiat-minum-bagi-kesehatan/
http://www.kucoba.com/2012/03/7-manfaat-minum-air-putih-bagi.html)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: