Macam Macam Tingkat Kematangan Steak

Tingkat kematangan steak sering ditanyakan waiter atau waitress ketika kamu memesan steak di resto atau cafe. Gengsi juga kan kalo kamu ternyata belum tau jawabannya ketika ditanya “Steak nya mau well done atau bagaimana kematangannya?”. Mau tau tingkat kematangan steak apa saja berdasarkan perbedaannya? Simak artikel ini ya…

 

Tingkat Kematangan Steak Daging
Image courtesy byKEKO64 | freedigitalphotos.net

Ada juga sebagian orang yang tau istilah atau sebutannya saja tanpa mengetahui ciri perbedaan yang lebih detail pada masing-masing tingkat kematangan daging steak yang ada. Pesanan steak yang diinginkan bisa disesuaikan tingkat kematangannya sesuai selera. Sekarang kita kupas mengenai bagaimana perbedaan tekstur dan ciri khas daging dari masing-masing tingkat kematangannya.

Mengenal Perbedaan Ciri Tingkat Kematangan Steak DagingĀ 

1. Rare Steak

Rare steak biasa dikenal dengan setengah matang. Siapkan ibu jari dan telunjuk, tekan bagian bawah tengah telapak tangan dengan ibu jari. Kurang lebih tekstur daging setengah matang akan seperti itu. Bagian luar steak dengan kematangan Rare akan hangat dan berwarna kecoklatan. Sedangkan bagian tengah daging masih tampak merah dan masih juicy (ada semacam sedikit cairan daging berwarna merah).

 

2. Medium RareĀ 

Medium Rare ini merupakan tingkat kematangan sedang. Tekan telapak tangan bagian bawah ibu jari. Teksturnya akan seperti itu. Bagian luarnya hangat dan kecoklatan, namun sedikit lebih coklat dari kematangan Rare. Tapi bagian dalamnya masih terlihat merah dan masih juicy.

 

3. Medium

Sekarang siapkan jari manis dan ibu jari, tekan kembali bagian bawah ibu jari. Kekenyalan daging kurang lebih akan seperti itu. Bagian luar daging berwarna kecoklatan dan bagian tengah daging akan berwarna merah muda tapi sudah tidak juicy lagi.

 

4. Well Done

Well Done artinya matang pada tingkat kematangan steak. Siapkan jari kelingking dan ibu jari, kemudian tekan bagian bawah telapak tangan di tengah-tengah. Kekenyalan daging akan seperti itu. Pada doneness well done, warna coklatnya akan merata di seluruh bagian daging. Tekstur dagingnya akan lebih keras dibandingkan dengan tingkat kematangan lainnya, karena daging sudah benar-benar tidak juicy lagi (boleh dibilang sudah cukup kering karena kandungan juice nya sudah lebih banyak menguap pada saat pembakaran).

 

Sebenarnya tingkat kematangan steak daging mana sih yang lebih enak? Jawabannya tergantung selera. Tapi perlu diketahui, tingkat kematangan doneness well done itu akan membuat daging lebih keras. Jika kamu membeli daging Wagyu, saran saya sih lebih enak yang Medium Rare atau Medium.

 

Sedangkan jika kamu membeli steak import, coba pilih True Aussie Beef (daging sapi Australia) karena konon katanya lebih aman dan halal. Ada beberapa macam True Aussie Beef, diantaranya Grass fed, Grain fed, sampai jenis Wagyu.

 

Nah, demikianlah sekelumit tentang perbedaan ciri khas tingkat kematangan Steak yang umumnya diberlakukan. Siap berkuliner Beef Steak lagi, pilih tingkat kematangan yang kamu suka. Menu makan siang atau makan malammu pasti terasa lebih oke.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Human Captcha Verification : * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

%d bloggers like this: